• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cuci Wajah dengan Air Dingin Bisa Mengecilkan Pori-Pori?

Cuci Wajah dengan Air Dingin Bisa Mengecilkan Pori-Pori?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Wajah yang cerah dan bersih adalah dambaan bagi banyak orang. Perawatan pada wajah pun dilakukan dengan rajin mencuci wajah dan melakukan perawatan. Selain itu, menggunakan masker wajah saat berkendara motor juga penting untuk melindungi kulit dari kotoran yang menempel.

Memang, mencuci wajah sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan setiap hari. Namun, masih banyak orang yang bingung apakah lebih baik menggunakan air hangat atau air dingin saat membersihkan wajah. Banyak orang yang percaya jika air dingin dapat mengecilkan pori-pori wajah dan baik untuk perawatan. Apakah hal tersebut benar adanya? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Kompres Air Hangat Bisa Kecilkan Pori-Pori Wajah, Benarkah?

Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Mencuci Menggunakan Air Dingin

Tidak sedikit orang yang membasuh wajah setelah beraktivitas menggunakan air hangat. Meskipun hal tersebut dapat mengangkat kotoran pada wajah, manfaat yang didapatkan akan lebih banyak jika menggunakan air dingin. Penggunaan air panas pada wajah dapat membuat bagian tersebut menjadi lebih sensitif.

Namun, jika kamu menggunakan air dingin, pori-pori di wajah akan menjadi lebih kecil. Pori-pori adalah bintik-bintik kecil yang ditemukan pada permukaan kulit dan umumnya terdapat folikel rambut. Bagian tersebut mempunyai kelenjar minyak yang berguna mencegah kulit kering dan dapat terlihat jelas pada dahi serta hidung, karena ukurannya lebih besar.

Seseorang yang mempunyai pori-pori besar umumnya akan mudah tumbuh jerawat, karena kotoran akan lebih mudah untuk terjebak. Maka dari itu, penting untuk mencuci wajah dengan air dingin agar pori-pori menjadi lebih kecil dan mengencangkan pori-pori pada wajah. Sehingga, risiko untuk jerawat tumbuh dapat ditekan karena kulit terlindungi dari infeksi bakteri.

Cara efektif lainnya yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah adalah dengan melakukan eksfoliasi atau tindakan pengelupasan dengan rutin. Metode ini mampu membuang sel kulit mati yang dapat menyebabkan bintik kecil pada kulit tersebut menjadi lebih besar dibandingkan normal. Maka dari itu, disarankan untuk mencuci wajah menggunakan air dingin.

Baca juga: Manfaat Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat Lain Mencuci Wajah dengan Air Dingin

Selain mengecilkan pori-pori pada wajah, mencuci wajah dengan air dingin juga dapat memberikan manfaat lainnya pada kulit. Seseorang yang kerap mencuci wajah dengan air hangat mampu menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga membuatnya menjadi lebih kering. Berikut beberapa manfaat dari cuci wajah dengan air dingin selain membuat pori-pori lebih kecil:

  1. Mengurangi Pembengkakan Wajah

Salah satu manfaat dari mencuci wajah dengan air dingin adalah dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi di wajah. Dengan melakukan kebiasaan baik tersebut secara rutin, wajah akan terlihat lebih segar dan pembengkakan akan menghilang. Selain itu, kantung mata yang besar dan hitam juga dapat menjadi lebih baik pasca membasuh wajah dengan air dingin.

  1. Kulit Lebih Kencang

Kulit menjadi lebih kencang juga merupakan manfaat yang dapat kamu rasakan jika rutin mencuci wajah dengan air dingin. Hal tersebut terjadi karena air dingin tidak akan menghilangkan minyak alami yang berada di dalam kulit. Penggunaan air hangat mampu membuang minyak yang ada, sehingga kulit menjadi lebih kering dan berisiko menimbulkan peradangan.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Hal lainnya yang merupakan manfaat dari mencuci wajah dengan air dingin adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Sehingga, wajah terlihat lebih cerah dibandingkan sebelumnya. Kulit wajah kamu akan terlihat lebih bersinar dan terawat meskipun tanpa menggunakan make-up. Kamu akan terlihat cantik dengan alami.

Itulah pembahasan mengenai manfaat dari mencuci wajah dengan air dingin yang dapat mengecilkan pori-pori kulit. Dengan rutin melakukan hal tersebut, wajah kamu akan terlihat lebih terawat meski tanpa melakukan perawatan lainnya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk rutin melakukan kebiasaan baik tersebut.

Baca juga: 4 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Tubuh

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat yang didapatkan ketika rutin mencuci wajah dengan air dingin. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2020. 3 benefits of washing face with cold water.
Real Simple. Diakses pada 2020. Can You Shrink Your Pores?