Daftar Psikiater di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Kejiwaan

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 Maret 2024

“Gangguan kejiwaan merupakan masalah serius yang tidak bisa disepelekan. Gejala-gejala yang muncul juga harus segera diantisipasi dengan berkonsultasi bersama psikiater di Halodoc.”

Daftar Psikiater di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan KejiwaanDaftar Psikiater di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Kejiwaan

DAFTAR ISI

  1. Gejala Gangguan Kejiwaan
  2. Rekomendasi Psikiater di Halodoc
    1. dr. Mariati Sp.KJ
    2. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ
    3. dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ
    4. dr. Debrayat Osiana Sp.KJ
    5. dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ

Halodoc, Jakarta – Gangguan kesehatan jiwa adalah kondisi kesehatan mental yang mengganggu pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang sehingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Ini meliputi depresi, kecemasan, skizofrenia, gangguan makan, dan perilaku adiktif. 

Kondisi kejiwaan yang terganggu biasanya menimbulkan beberapa gejala sehingga kamu perlu berhati-hati dan mulai berani memeriksakan diri apabila mulai mengalami gejala tersebut.

Apa saja gejalanya? Yuk, simak informasi berikut!

Gejala Gangguan Kejiwaan

Tanda dan gejala gangguan jiwa berbeda-beda tergantung jenis, kondisi, dan faktor lainnya. Gejala biasanya meliputi perasaan, pikiran, dan perilaku. 

Namun secara umum, masalah kesehatan mental ini dapat menimbulkan gejala sebagai berikut: 

  • Perasaan sedih berkepanjangan. Perasaan sedih yang berkepanjangan bisa disebabkan oleh kekhawatiran terhadap sesuatu yang berlebihan.
  • Sulit berkonsentrasi. Saat mengalami gangguan jiwa, seseorang akan sulit berkonsentrasi karena terlalu banyak hal yang dipikirkan.
  • Perasaan cemas yang berlebihan. Rasa cemas yang berlebihan akan suatu hal juga bisa menjadi gejala dari gangguan jiwa. Oleh karena itu, Sering Merasa Cemas Bisa Menjadi Tanda Terjadinya Gangguan Jiwa.
  • Suasana hati yang mudah berubah secara ekstrem. Suasana hati yang mengalami fluktuasi secara ekstrem dapat menimbulkan berbagai perasaan negatif, seperti munculnya perasaan hampa.
  • Mengalami halusinasi. Emosi negatif seperti stres atau sedih berkepanjangan akan membuat seseorang rentan mengalami halusinasi.
  • Mengalami masalah tidur. Berbagai perasaan emosional yang dirasakan membuat pengidap mengalami kesulitan tidur atau insomnia.
  • Muncul perasaan putus ada atau pikiran bunuh diri. Saat mengalami gejala ini, pengidap akan merasa tidak berarti sehingga muncul pemikiran untuk melakukan bunuh diri.
  • Perubahan pola makan. Makan secara berlebihan atau kehilangan nafsu makan yang menyebabkan peningkatan atau penurunan berat badan juga bisa menjadi gejala gangguan jiwa.
  • Mengalami perubahan perilaku. Perubahan perilaku secara tidak wajar, seperti menarik diri dari lingkungan sosial, tidak bisa mengendalikan emosional, atau perilaku impulsif.

Gejala gangguan jiwa juga bisa muncul sebagai masalah fisik seperti sakit perut, sakit punggung, sakit kepala, dan nyeri lain yang tidak diketahui penyebabnya.

Gangguan jiwa tentu merupakan sebuah masalah berat, apabila kamu mengalami beberapa gejala di atas, jangan ragu untuk segera hubungi psikiater di Halodoc.

Untuk mempermudah pemeriksaan, kamu bisa mencoba Tips Mencari Psikiater Terdekat untuk Penanganan Gangguan Mental agar penanganan bisa dilakukan sesegera mungkin.

Rekomendasi Psikiater di Halodoc

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gangguan kejiwaan, segera hubungi psikiater di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Psikiater pilihan di Halodoc telah berpengalaman lebih dari 8 tahun dalam menangani masalah kejiwaan sehingga kamu dapat berkonsultasi dengan nyaman.

Berikut psikiater pilihan di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Mariati Sp.KJ

Psikiater pertama yang bisa kamu menghubungi adalah dr. Mariati Sp.KJ. Ia merupakan dokter spesialis kejiwaan.

dr. Mariati Sp.KJ merupakan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh pada 2013 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Saat ini, dr. Mariati Sp.KJ melakukan praktik di Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. 

Ia juga terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Dokter Mariati Sp.KJ telah berpengalaman sebagai dokter jiwa selama 8 tahun sehingga kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi di Halodoc terkait perawatan kejiwaan.

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar depresi, gangguan kepribadian, gangguan mood, trauma, pengembangan diri maupun masalah kesehatan mental lainnya.

Chat dr. Mariati Sp.KJ dari Rp 75.000,- di Halodoc.

2. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ

Pilihan psikiater selanjutnya yang dapat kamu hubungi adalah dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia pada 2013 dan Universitas Udayana pada 2022.

Dokter Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ saat ini berpraktik di Brebes, Jawa Tengah dan tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Berbekal pengalaman menjadi dokter kejiwaan selama 10 tahun, kamu bisa berkonsultasi dengannya di Halodoc terkait masalah kejiwaan, termasuk perawatan kejiwaan.

Chat dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ

Kamu juga bisa menghubungi dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2012 dan 2023.

Saat ini, ia dokter Anastasia Kharisma Sp.KJ melakukan praktik di Denpasar, Bali dan tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Dokter Anastasia Kharisma Sp.KJ telah berpengalaman sebagai dokter jiwa selama 11 tahun sehingga kamu bisa berkonsultasi di Halodoc terkait berbagai masalah kejiwaan.

Chat dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Debrayat Osiana Sp.KJ

Pilihan psikiater lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Debrayat Osiana Sp.KJ. Ia merupakan lulusan Universitas Udayana pada 2005 dan 2023.

Saat ini, dokter Debrayat Osiana berpraktik di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Dengan pengalamannya selama 18 tahun, dr. Debrayat Osiana Sp.KJ bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait masalah kejiwaan.

Chat dr. Debrayat Osiana Sp.KJ dari Rp 55.000,- di Halodoc

5. dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ

Nah, kamu juga bisa menghubungi dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ. 

Ia merupakan lulusan Universitas Sumatera Utara pada 2016 dan Universitas Islam Sumatera Utara pada 2023. Saat ini, dokter Hanny Soraya berpraktik di Medan, Sumatera Utara .

Dokter Hanny Soraya memiliki pengalaman selama 18 tahun sehingga kamu bisa berkonsultasi di Halodoc terkait berbagai masalah kejiwaan.

Chat dr. Hanny Soraya M.Ked, Sp.KJ dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah beberapa psikiater pilihan di Halodoc yang bisa bantu kamu menangani masalah atau gejala kejiwaan dengan cepat dan tepat.

Penanganan yang cepat dan tepat akan meminimalisir, bahkan menghindari ancaman yang berbahaya bagi kesehatan.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
American Psychiatric Association. Diakses pada 2024. Warning Signs of Mental Illness.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Mental Illness.
National Alliance on Mental Illness. Diakses pada 2024. Warning Signs and Symptoms of Mental Illness.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan