Daftar Psikiater yang Bisa Bantu Perawatan Skizofrenia

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 Januari 2024

“Seseorang yang mengidap skizofrenia perlu mendapatkan perawatan dari dokter spesialis jiwa atau psikiater. Ia mungkin akan diresepkan obat dan menjalani berbagai macam terapi.”

Daftar Psikiater yang Bisa Bantu Perawatan SkizofreniaDaftar Psikiater yang Bisa Bantu Perawatan Skizofrenia

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Setiap pengidap skizofrenia memerlukan perawatan dari seorang psikiater. Psikiater adalah dokter yang khusus dalam bidang kejiwaan dan memberikan diagnosis serta perawatan medis untuk gangguan mental, termasuk skizofrenia.

Nantinya, perawatan skizofrenia akan melibatkan kombinasi antara obat-obatan, terapi psikososial, dan dukungan keluarga. Psikiater dapat meresepkan obat-obatan antipsikotik yang dapat mengurangi gejala skizofrenia.

Selain itu, pengidapnya juga menjalami terapi psikososial, seperti konseling atau terapi kelompok, dapat membantu individu dengan skizofrenia dalam mengelola stres, memahami gejala mereka, dan meningkatkan keterampilan sosial.

Skizofrenia adalah kondisi yang serius, dan perawatan yang tepat dapat membantu seseorang mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Daftar Psikiater Halodoc untuk Bantu Perawatan Pengidap Skizofrenia

Ingat, sangatlah penting untuk berbicara dengan seorang profesional kesehatan mental, seperti psikiater, untuk mendapatkan evaluasi yang tepat dan merencanakan perawatan yang sesuai untuk pengidap skizofrenia.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, berikut ini adalah beberapa dokter spesialis jiwa atau psikiater yang punya penilaian baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya untuk kamu hubungi di Halodoc:

1. dr. Manahap Cerarius Fransiskus Pardosi M.Ked, Sp.KJ

Manahap Cerarius Fransiskus Pardosi M.Ked, Sp.KJ adalah lulusan dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2006. Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara dan akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis jiwa pada 2019.

Ia kini berpraktik di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman selama 18 tahun, dr. Manahap Cerarius Fransiskus Pardosi M.Ked, Sp.KJ dapat memberikan layanan konsultasi masalah kesehatan jiwa di Halodoc terkait skizofrenia, adiksi, trauma, gangguan kepribadian, gangguan mood, gangguan kecemasan, dan depresi. 

Chat dr. Manahap Cerarius Fransiskus Pardosi M.Ked, Sp.KJ mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Andy Dharmawangsa Sp.KJ

Andy Dharmawangsa Sp.KJ berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2011 di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis jiwa pada 2023.

Selain berpraktik di Singkawang, Kalimantan Barat, ia masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Andy Dharmawangsa Sp.KJ dapat memberikan layanan konsultasi masalah kesehatan jiwa di Halodoc terkait skizofrenia, gangguan kecemasan, dan depresi. 

Chat dr. Andy Dharmawangsa Sp.KJ mulai dari Rp 150.000,- di Halodoc. 

Nah, Ini Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental.

3. dr. Mariati Sp.KJ

Mariati Sp.KJ berhasil mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh pada 2013 . Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dan kemudian meriah gelar dokter spesialis jiwa pada 2022.

Selain sibuk berpraktik di Kecamatan Idi Rayek, Kabupaten Aceh Timur, ia juga merupakan anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Mariati Sp.KJ dapat memberikan layanan konsultasi masalah kesehatan jiwa di Halodoc terkait skizofrenia, pengembangan diri, trauma, gangguan kepribadian, gangguan mood, gangguan kecemasan, dan depresi. 

Chat dr. Mariati Sp.KJ mulai dari Rp 75.000,- di Halodoc. 

4. dr. Renata Listian Wiyoga Sp.KJ

Renata Listian Wiyoga Sp.KJ adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan Universitas Sebelas Maret. Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2012 dan dokter spesialis kejiwaan pada 2023.

Tak hanya sibuk berpraktik di Kediri, Jawa Timur, ia masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Renata Listian Wiyoga Sp.KJ dapat memberikan layanan konsultasi masalah kesehatan jiwa di Halodoc terkait skizofrenia dan masalah kesehatan mental lainnya.

Chat dr. Renata Listian Wiyoga Sp.KJ mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Reinaldo Batara Sp.KJ

Reinaldo Batara Sp.KJ berhasil mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana pada 2012. Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan berhasil mendapatkan gelar dokter spesialis kejiwaan pada 2022.

Ia kini berpraktik di Bekasi Timur, Jawa Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Reinaldo Batara Sp.KJ dapat memberikan layanan konsultasi masalah kesehatan jiwa di Halodoc terkait skizofrenia, stres, adiksi, trauma, gangguan mood, gangguan kecemasan, dan depresi. 

Chat dr. Reinaldo Batara Sp.KJ mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa pilihan dokter spesialis jiwa atau psikiater yang bisa kamu hubungi jika kamu ingin berkonsultasi terkait kondisi skizofrenia.

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan lainnya.

Nah, untuk mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

Ayo pakai Halodoc sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Schizophrenia. 
WebMD. Diakses pada 2024. Schizophrenia.
National Institutes of Health – MedlinePlus. Diakses pada 2024. Schizophrenia. 
National Health Service – UK. Diakses pada 2024. Schizophrenia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan