• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dekat dengan Alam Bisa Jadi Cara Sehat yang Alami

Dekat dengan Alam Bisa Jadi Cara Sehat yang Alami

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pikiran kacau karena masalah yang tidak kunjung selesai dapat membuat kepala terasa akan pecah. Jika kamu merasakan hal tersebut, ada baiknya mencari udara segar dengan mengunjungi alam terbuka walaupun sebentar. Dengan melakukan itu, kamu dapat menenangkan pikiran sementara sambil mencari solusi yang paling jitu untuk menyelesaikannya.

Selain untuk menyegarkan pikiran dari semua masalah, ternyata berada di alam terbuka juga dapat menjadi cara menjaga tubuh tetap sehat. Dengan hanya melihat tumbuh-tumbuhan hijau hingga aliran air di danau dapat memberi dampak positif pada tubuh. 

Baca juga: Ajarkan Anak untuk Cinta Alam, Ini Caranya

Cara Menjaga Kesehatan dengan Menghabiskan Waktu di Alam

Seseorang yang hidup berdekatan dengan alam atau hanya sekedar menghabiskan waktu di tempat tersebut ternyata mengalami manfaat kesehatan yang signifikan. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia, disebutkan jika beberapa risiko dari penyakit parah dapat dikurangi. Beberapa penyakit tersebut antara lain diabetes tipe II, penyakit kardiovaskular, perasaan stres, hingga tekanan darah tinggi.

Diperkirakan jika seseorang menghabiskan waktu 120 menit dalam seminggu berada di alam terbuka, tubuhnya akan lebih sehat. Meski begitu, tidak harus langsung menghabiskan 2 jam, tetapi kamu dapat melakukannya secara akumulasi dalam minggu tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk membiasakan diri untuk menghabiskan waktu di alam terbuka.

Kamu juga harus tahu beberapa manfaat lainnya yang dapat langsung dirasakan jika rutin melakukannya. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Menurunkan Kadar Stres

Manfaat yang pertama dari rutin melihat alam terbuka adalah kadar stres yang terjaga di ambang normal. Saat tubuh berinteraksi dengan alam, otak akan menjadi lebih tenang secara alami sehingga stres akan berkurang drastis. Kamu bisa melakukannya dengan berkunjung ke taman terdekat untuk sekadar berolahraga atau jalan-jalan sore santai. 

Baca juga: 4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

  1. Sistem Imun yang Lebih Baik

Tanaman memiliki phytoncides, yaitu bahan kimia yang berguna untuk melindungi bakteri dan jamur yang merugikan. Berada dekat dengan tanaman dapat terhirup bahan kimia tersebut, sehingga sistem kekebalan tubuh langsung merespons dengan meningkatkan sel darah putihnya. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan sistem imun. Pastikan untuk sering menikmati waktu luang di luar rumah agar tubuh tetap sehat.

  1. Meningkatkan Kebahagiaan

Kamu juga dapat merasa lebih bahagia hanya dengan menghabiskan waktu di alam terbuka. Beberapa kegiatan seperti berenang di laut, berjalan-jalan di taman, hingga mendaki gunung dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Saat suasana hati sudah bahagia, kesehatan mental juga lebih terjaga yang membuat kamu lebih tangguh untuk mengatasi perasaan stres yang muncul.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat sering menghabiskan waktu di alam terbuka. Karenanya tidak ada salahnya untuk menjadikan aktivitas ini sebagai rutinitas mingguan. Dengan melakukannya secara rutin, kamu akan lebih relaks dan tubuh pun akan lebih sehat.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Apabila kamu ingin untuk mengetahui lebih jauh terkait manfaat yang diterima tubuh saat rutin berjalan-jalan di alam terbuka, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasinya di App Store atau Google Play!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. How Much Time in Nature Is Needed to See Benefits?
Goodnet. Diakses pada 2020. 10 Unexpected Benefits of Spending Time in Nature.