25 October 2018

5 Pilihan Olahraga Alam yang Seru dan Bermanfaat

5 pilihan olahraga alam yang seru dan bermanfaat

Halodoc, Jakarta – Apa yang biasanya kamu lakukan kalau lagi suntuk? Rutinitas kegiatan sehari-hari, banyaknya pekerjaan, atau bahkan kemacetan bisa membuat seseorang lama-kelamaan menjadi jenuh dan stres. Daripada hanya mengurung diri saja di kamar, menonton film, atau jalan-jalan ke mall, coba deh berolahraga di alam terbuka. Enggak hanya bisa menyehatkan tubuh, berolahraga di alam terbuka sambil menikmati pemandangan yang indah juga bisa membuat pikiranmu kembali jernih dan segar. Berikut beberapa pilihan olahraga alam yang seru dan bermanfaat untuk kamu.

Olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik dilakukan di dalam ruangan maupun di alam terbuka. Namun, berolahraga di alam terbuka menawarkan keuntungan lebih, yaitu memberi pengaruh baik untuk kesehatan mental. Hal ini karena berolahraga di alam terbuka memungkinkan kamu untuk menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam yang hijau, sehingga dapat memberi ketenangan dan kejernihan pikiran. Selain itu, beberapa jenis olahraga alam yang ekstrem juga dapat melatih keberanian dan memicu adrenalin. Dijamin, kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat setelah berolahraga.

1. Hiking

Hiking termasuk salah satu olahraga alam yang cukup berat dan menguras tenaga. Bayangkan saja saat hiking, kamu akan melakukan beberapa olahraga sekaligus, yaitu berjalan kaki, mendaki, dan menuruni daratan yang bisa dilakukan sambil berlari. Karena itu, sudah tidak diragukan bahwa hiking dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan fisik, antara lain membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak dan menjaga kesehatan jantung. Menurut pakar kesehatan, Ruth Ann Atchley dan David Strayer, melakukan hiking tanpa menggunakan gadget sama sekali dapat meningkatkan kinerja otak lho.

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, hiking juga bagus untuk kesehatan mental. Hal ini karena hiking biasanya diadakan di area perbukitan atau pegunungan hijau, sehingga kamu bisa menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam saat melakukan olahraga ini. Itulah mengapa hiking efektif membantu kamu membuang pikiran negatif, rasa stres, depresi, dan memperbaiki suasana hati yang buruk.

2. Rafting

Kalau kamu mencari olahraga alam yang seru dan menantang, maka rafting adalah jawabannya. Menaklukan sungai yang berarus deras dan berbatu-batu ditambah lagi dengan rute sungai yang berkelok-kelok dan menurun terjal ke bawah, dijamin akan membuat detak jantungmu meningkat dan sirkulasi darah mengalir deras, sehingga kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat.

Selain itu, rafting juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, lho. Walaupun saat rafting, kelihatannya kamu hanya duduk di atas perahu karet, tetapi gerakan mendayung dan gerakan badan untuk menahan perahu agar tetap stabil di arus yang kencang bisa membakar banyak kalori dalam tubuhmu. Dada, punggung, bahu, sampai leher kamu juga akan banyak bergerak saat mendayung, sehingga dapat membuat otot-otot di bagian tubuh tersebut menjadi lebih kencang dan ideal.

3. Kayak

Bila rafting bisa dilakukan oleh 5—6 orang, olahraga alam kayak hanya bisa dilakukan oleh satu orang. Sama seperti rafting, kayak juga bisa membakar banyak kalori dalam tubuh, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan dan membuat badan menjadi ideal. Apalagi kayak hanya dilakukan seorang diri, sehingga efek dari olahraga ini akan lebih terasa. Selain itu, kayak juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya, antara lain meningkatkan kekuatan tubuh, melenturkan persendian tulang, serta menghilangkan stres. Apalagi bila kayak dilakukan di laut atau perairan yang jernih dengan pemandangan yang mengagumkan.

4. Memancing

Walaupun terlihat seperti kegiatan yang membosankan, karena kamu harus menunggu lama sampai umpan disambar oleh ikan. Namun nyatanya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa memancing bisa memberikan banyak sekali dampak positif untuk kesehatan tubuh. Memancing juga termasuk olahraga, karena kamu perlu melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, menyusuri sungai, membawa peralatan memancing yang cukup berat, hingga mengayunkan kail agar bisa sampai di daerah yang banyak ikannya.

Bagi mereka yang berusia lanjut, memancing juga menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain tidak terlalu menguras tenaga dan low impact, beberapa gerakan ketika memancing ternyata juga baik untuk melatih kemampuan motorik halus tubuh, sehingga tetap berfungsi dengan baik di masa tua.

5. Panjat Tebing

Satu lagi olahraga alam yang seru dan menantang yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebosanan, yaitu panjat tebing. Enggak hanya memacu adrenalin, panjat tebing juga melatih kekuatan dan kelincahan tubuh. Hal ini karena saat melakukan panjat tebing, hampir semua otot dalam tubuhmu bekerja, baik otot tubuh bagian atas maupun bawah. Mulai dari punggung, perut, bahu, lengan, tungkai, sampai jari-jari kamu pun ikut terlatih saat memanjat tebing. Bila dilakukan secara teratur, panjat tebing dapat meningkatkan stamina, fleksibilitas, dan memperkuat otot-otot tubuh. Sementara manfaat panjat tebing untuk kesehatan mental adalah sebagai terapi depresi.

Jadi, olahraga alam mana yang menarik buat kamu? Kalau kamu sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: