Efektifkah Latihan Wajah untuk Mengecilkan Pipi?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Agustus 2021
Efektifkah Latihan Wajah untuk Mengecilkan Pipi?Efektifkah Latihan Wajah untuk Mengecilkan Pipi?

“Latihan senam wajah menjadi salah satu cara alami untuk mengecilkan pipi. Tujuannya untuk meningkatkan kekuatan otot pipi, sekaligus mencegah tanda-tanda penuaan dini. Bagaimana cara melakukannya?”

Halodoc, Jakarta – Gerakan-gerakan khusus biasanya dilakukan untuk mengecilkan bagian tubuh tertentu. Fokus gerakan-gerakan tersebut tertuju pada perut, lengan, atau kaki. Namun, tahukah kamu jika ada latihan senam wajah yang ampuh untuk mengecilkan pipi? Kondisi pipi yang terlalu gemuk biasanya dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Berikut sejumlah latihan senam wajah untuk mengecilkan pipi:

Baca juga: Ini 3 Faktor Penyebab Flek Hitam di Wajah

1. Jaw Dropper

Latihan senam wajah yang pertama adalah jaw dropper. Caranya dilakukan dengan mendorong lidah ke arah gigi depan bagian bawah, kemudian turunkan rahang sejauh yang kamu bisa. Ulangi sebanyak 15 kali.

2. Side Kisses

Side kisses dilakukan dengan gerakan bibir seperti mencium. Kemudian gerakkan bibir ke kiri dan ke kanan. Dorong bibir sejauh mungkin hingga pipi terasa tertarik. Ulangi sebanyak 15 kali.

Baca juga: Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

3. Chin Ups

Namanya saja chin ups, berarti gerakan dilakukan di area dagu. Caranya dengan mendorong bibir bagian bawah hingga lebih maju dibanding bibir atas. Kemudian angkat dagu setinggi mungkin. Ulangi gerakan beberapa kali.

4. Closed Eyes

Latihan senam wajah selanjutnya diberi nama closed eyes. Cara dengan memejamkan mata dalam-dalam hingga otot terasa tertarik. Tahan selama 3 detik, dan ulangi gerakan sebanyak 15 kali.

5. Fish Face

Latihan senam wajah yang terakhir adalah fish face. Sama dengan namanya, latihan ini dilakukan dengan meniru wajah ikan. Caranya dengan menyedot pipi dan kerutkan bibir. Kemudian, dongakkan kepala ke atas. Agar lebih efektif, kamu bisa menarik dagu semakin ke atas.

Baca juga: 6 Kandungan Serum yang Mampu Mencerahkan Wajah

Sejumlah latihan tersebut bisa membantu kamu untuk mengecilkan pipi yang dianggap terlalu gemuk. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk melakukannya secara rutin setiap hari. Jika ada kendala dalam pelaksanaannya, diskusikan gangguan yang kamu alami dengan dokter di aplikasi Halodoc.

Referensi:

Times of India. Diakses pada 2021. Weight loss: These 8 facial exercises will help you get rid of face fat.

Healthline. Diakses pada 2021. 5 Exercises for a Defined and Muscular Jawline.

Men’s Journal. Diakses pada 2021. Facial Exercises for a Defined, Muscular Jawline.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan