• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Gerakan Yoga untuk Hilangkan Double Chin

Ini 5 Gerakan Yoga untuk Hilangkan Double Chin

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Semenjak diberlakukannya work from home, apakah berat badan kamu bertambah? Berat badan bertambah mungkin menjadi momok mengerikan bagi sebagian wanita. Ditambah lemak pada bagian bawah dagu yang terus meningkat, akan membuat kamu jadi tidak percaya diri.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selain diet sehat, ternyata kamu bisa melakukan yoga untuk membantu menghilangkan double chin. Latihan yoga wajah hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit setiap harinya. Untuk hasil yang maksimal, yoga wajah perlu dilakukan secara rutin. Berikut gerakan yoga untuk mengatasi double chin!

  • Fish Face

Fish face banyak dilakukan saat wanita sedang selfie. Ternyata,  gaya ini bagus untuk membantu menghilangkan double chin, lho. Gerakan yoga untuk mengatasi double chin yang satu ini dilakukan dengan menarik pipi ke arah dalam dan tahan selama 30 detik. Setelah itu, kembali ke posisi normal untuk merilekskan otot-otot wajah. Ulangi sebanyak 4-5 kali.

  • Teknik Dumbbell

Gerakan yoga wajah yang efektif untuk menghilangkan double chin selanjutnya adalah dengan teknik dumbbell. Gerakan yoga untuk mengatasi double chin ini dilakukan dengan mengangkat dagu dan arahkan kepala ke atas. Setelah itu, buka dan tutup mulut selama kurang lebih 10-15 detik. Setelah itu, istirahat sejenak dengan menurunkan dagu. Ulangi gerakan ini sebanyak 3-4 kali.

Baca juga: Gerakan Yoga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

  • Simha Mudra

Gerakan yoga untuk mengatasi double chin selanjutnya adalah dengan duduk di atas kedua kaki dengan telapak tangan di paha. Posisinya seperti gerakan salat saat duduk di antara dua sujud. Pastikan punggung tetap lurus dan julurkan lidah ke depan. Regangkan lidah sesering mungkin, tapi pastikan agar tidak menekan otot-otot dalam mulut. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan buang napas dengan suara menderu seperti singa. Untuk hasil yang maksimal, ulangi sebanyak 6-7 kali.

  • Teknik Kumur

Gerakan yoga untuk mengatasi double chin selanjutnya adalah dengan teknik berkumur. Bukan menggunakan air, melainkan menggunakan udara, lalu gerakkan dengan gerakan berkumur. Kemudian, buang udara seperti berkumur dengan air. Lanjutkan gerakan tersebut selama 20-30 detik, lalu buang napas. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 3-4 kali.

  • Kencangkan Rahang

Gerakan yoga untuk mengatasi double chin selanjutnya adalah dengan mengencangkan rahang. Posisikan badan duduk dengan nyaman, lalu kencangkan rahang. Setelah mengencangkan rahang, kamu bisa memaksakan senyum untuk meregangkan otot-otot leher. Tahan gerakan tersebut selama 15-20 detik. Ulangi gerakan tersebut sebanyak empat kali. Gerakan tersebut tidak hanya membantu menghilangkan double chin, tapi juga garis-garis halus pada leher.

Baca juga: Bukan Cuma Awet Muda, Ini 6 Manfaat Yoga bagi Wanita

Sama seperti olahraga lainnya, yoga juga juga butuh persiapan, termasuk sesi pemanasan, karena yoga melibatkan peregangan, maka pemanasan otot harus dilakukan guna menghindari cedera. Jika kamu mengalami cedera saat melakukannya, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Ketika akan melakukan yoga, hindari peregangan secara berlebihan, terutama gerakan peregangan pada leher, bahu, kaki, lutut, serta tulang belakang, Karena jika dilakukan secara berlebihan, justru akan menyakitkan bagi area tersebut. Jangan lupa untuk merilekskan pikiran agar dapat fokus dalam melakukan gerakan, serta mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Referensi:

NDTV Food. Diakses pada 2020. Get Rid Of Double Chin: Facial Yoga To Lose That Extra Facial Chub.
Make Up and Beauty. Diakses pada 2020. 7 Best Facial Yoga Exercises for Double Chin.