Fakta Unik Sejarah Ditemukannya Kucing Munchkin

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   07 Juni 2021
Fakta Unik Sejarah Ditemukannya Kucing MunchkinFakta Unik Sejarah Ditemukannya Kucing Munchkin

Halodoc, Jakarta - Dari beragamnya jenis kucing yang menarik untuk dipelihara, kucing Munchkin menjadi salah satu bisa kamu pilih. Kucing rumahan ini memiliki kaki yang pendek karena mutasi genetik. Meski kucing Munchkin telah ada selama beberapa dekade, kucing ini baru diterima sebagai ras kucing oleh The International Cat Association (TICA) pada tahun 1994.

Seperti kucing Sphynx tanpa bulu, yang juga memiliki penampilan tidak biasa, orang-orang menyukai Munchkin atau “membencinya” pada pandangan pertama. Namun, daya tarik kucing ini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Mau tahu lebih jauh mengenai kucing Munchkin dan sejarah singkatnya? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

Sejarah Kucing Munchkin

Kucing yang satu ini sedikit berbeda dari kebanyakan kucing lainnya. Kucing Munchkin memiliki kaki yang pendek karena mutasi genetik. 

Pada anjing berkaki pendek seperti Dachsund dan Welsh corgi, mereka rawan terkena penyakit tulang belakang, karena tubuh panjang dan kaki pendek. Sementara itu, Munchkin tidak mengalami masalah tulang belakang yang kadang-kadang dikaitkan dengan kedua ras anjing tersebut. 

Di Inggris Raya (UK) pada 1940-an seorang dokter hewan mendeskripsikan beberapa generasi kucing berkaki pendek. Meskipun garis ini menghilang selama Perang Dunia II, seekor kucing berkaki pendek dideskripsikan di Stalingrad pada tahun 1953. 

Tiga puluh tahun kemudian di Amerika Serikat, Sandra Hochenedel (seorang guru musik dari Louisiana, Amerika Serikat) menemukan kucing berkaki pendek di Louisiana yang dia beri nama Blackberry.

Anak pertama dan berikutnya dari Blackberry terdiri dari anak kucing berkaki pendek setengah (half short-legged) dan anak kucing berkaki panjang setengah (half long-legged).

Selanjutnya, keturunan laki-laki dari Blackberry yang bernama Toulouse, diberikan kepada Kay LaFrance, seorang teman dari Hochenedel. Nah, dari Blackberry dan Toulouse-lah keturunan Munchkin hari ini diturunkan. 

Baca juga: Ketahui Porsi Makan yang Tepat untuk Diberikan pada Kucing

Hanya Dikawinkan dengan Kucing Rumahan

Gen yang menghasilkan kaki pendek pada kucing Munchkin ini bersifat dominan autosom. Artinya gen yang menyebabkan kelainan tidak terkait jenis kelamin

Hal yang perlu diketahui dari kucing ini terkait mutasi genetiknya, kucing Munchkin hanya dikembang biakan dengan kucing lain tanpa gen munchkin, bukan dengan Munchkin lainnya. 

Pasalnya, bila Munchkin dikembangbiakkan dengan sesama Munchkin, keturunannya dikhawatirkan membawa salinan genetik “cacat” yang dimiliki oleh kucing Munchkin. Hal ini nantinya dapat membuat embrio yang sekarat di dalam rahim. 

Keturunan kucing Munchkin yang dikawinkan dengan kucing tanpa gen munchkin memiliki peluang yang sama untuk menjadi Munchkin atau tidak. Namun, hanya keturunan Munchkin yang membawa gen tersebut. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Tentang Cat Flu pada Kucing Peliharaan

Cerita Kucing Munchkin Menjadi Populer

Bagaimana kucing Munchkin menjadi populer? Ternyata pekerjaan yang dilakukan oleh Dr Solveig Pflueger dan David Biller, kepala radiologi Veterinary Medicine di Kansas State University, berperan penting dalam penerimaan trah ini. 

Dengan mode pewarisan autosomal, mereka juga menyimpulkan bahwa ras ini tidak memiliki masalah tulang belakang atau masalah kesehatan yang disarankan untuk 'dibiakkan'. 

Selanjutnya, TICA secara resmi mengklasifikasikan Kucing Munchkin sebagai breed pada tahun 1994, merujuknya pada program pengembangan breed mereka.

Lalu, TICA memberikan status official championship Munchkin Cat pada Mei 2003. Diterimanya trah ini oleh TICA, membuat kucing Munchkin sebagai trah yang diakui secara resmi. Kucing Munchkin semakin populer ketika peternak dan pendukung jenis kucing ini kemudian membantu Munchkin mendapatkan penerimaan yang lebih luas.

Nah, itulah sejarah singkat mengenai kucing Munchkin. Bagaimana, tertarik memelihara kucing ini? Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai kucing Munchkin dan cara merawatnya, kamu bisa bertanya pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Munchkin Cat Guide. Diakses pada 2021. The History and Origin of Munchkin Cats
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Munchkin Cat: Cat Breed Profile. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan