Gejala Dismenore Makin Mengganggu? Segera Hubungi 3 Dokter Ini

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Februari 2024

“Dismenore adalah kondisi nyeri haid yang bisa sangat mengganggu aktivitas. Jika kamu atau orang terdekat mengalaminya, segera hubungi dokter spesialis obgyn di Halodoc untuk mendapatkan penanganan tepat.”

Gejala Dismenore Makin Mengganggu? Segera Hubungi 3 Dokter IniGejala Dismenore Makin Mengganggu? Segera Hubungi 3 Dokter Ini

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Dismenore adalah nyeri haid yang muncul saat wanita mengalami menstruasi. Penyebab utama dari dismenore adalah kontraksi rahim yang kuat untuk meluruhkan lapisan rahim.

Kontraksi ini menyebabkan terganggunya aliran darah ke rahim, sehingga jaringan rahim kekurangan oksigen dan melepaskan senyawa yang dapat menyebabkan nyeri. 

Selain itu, kadar hormon prostaglandin yang tinggi juga dapat memperburuk kontraksi rahim dan meningkatkan sensitivitas terhadap nyeri. 

Dokter Obgyn yang Bisa Bantu Mengatasi Dismenore

Tanda-tanda dismenore meliputi nyeri di perut bagian bawah yang dapat menjalar ke punggung dan paha, mual, muntah, diare, sakit kepala, dan lemas. 

Kadang-kadang, dismenore dapat disertai dengan gejala lain seperti perubahan suasana hati, peningkatan nafsu makan, dan payudara terasa lebih sensitif. 

Selain itu, ternyata terdapat Penyakit Serius yang Ditandai dengan Dismenore.

Nah, jadi dismenore tak boleh kamu abaikan, apalagi jika mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bisa menghubungi dokter obgyn di Halodoc untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. 

Mereka juga dapat meresepkan obat untuk meringankan gejala serta membantu mencari pemicunya.

Berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis kandungan  yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien sebelumnya yang mereka tangani: 

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Kamu bisa bertanya ke dr. Marsell Phang Sp.OG apabila mengalami dismenore. 

Ia merupakan alumnus dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga tergabung dalam Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan saat ini menjalani praktik di Gresik, Jawa Timur.

Sebagai dokter spesialis kandungan, dr. Marsell Phang Sp.OG telah berpengalaman selama 12 tahun. Itu sebabnya, kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi di Halodoc apabila mengalami dismenore maupun gangguan menstruasi lainnya.

Bukan itu saja, dr. Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

Jika kamu sering mengalami dismenore, berikut 4 Hal yang Dilakukan untuk Meringankan kondisi ini. 

2. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Dokter lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia mendapatkan gelar dokternya dari Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Kini, dr. Lucia Leonie Sp.OG menjalani praktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan juga termasuk anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dokter Lucia Leonie Sp.OG telah memiliki pengalaman 13 tahun, sehingga kamu tak perlu ragu lagi untuk menghubunginya di Halodoc tentang berbagai gejala dan penanganan dismenore. 

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Terkadang gejala dismenore sering disamakan dengan PMS karena memiliki gejala yang mirip, yaitu nyeri haid parah.

Supaya kamu tidak tertukar, Ini Bedanya PMS dan Dismenore yang perlu diketahui.

3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Sekarang ini ia melakukan praktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Berbekal pengalaman 8 tahun sebagai dokter kandungan, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG bisa layanan konsultasi di Halodoc terkait dismenore.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon, keluarga berencana dan program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kandungan yang bisa kamu hubungi untuk mengetahui penanganan dismenore. 

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2024. Dysmenorrhea
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Dysmenorrhea

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan