Gejala Hepatitis A Bikin Khawatir, Konsultasi ke Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Februari 2024

“Hepatitis A dapat menimbulkan berbagai gejala, sampai paling parah merusak hati. Kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc untuk mengetahui penanganannya agar tidak semakin parah.”

Gejala Hepatitis A Bikin Khawatir, Konsultasi ke Dokter IniGejala Hepatitis A Bikin Khawatir, Konsultasi ke Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Dokter yang Bisa Bantu Tangani Hepatitis A

Halodoc, Jakarta – Hepatitis A adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus yang menyebar melalui feses orang yang terinfeksi.

Gejala biasanya ringan dan mayoritas orang sepenuhnya sembuh dalam beberapa bulan. Bahkan, tidak semua orang yang terinfeksi hepatitis A mengalami gejala.

Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini dapat menjadi fatal karena dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah. 

Tanda-tandanya mulai muncul sekitar 4 minggu setelah terinfeksi dan dapat berlangsung selama beberapa bulan.

Gejalanya meliputi kelelahan berlebihan, nyeri sendi dan otot, demam, hilangnya nafsu makan, nyeri di bagian kanan atas perut, kuning pada kulit atau mata (jaundice), dan gatal-gatal pada kulit.

Rekomendasi Dokter yang Bisa Bantu Tangani Hepatitis A

Kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc apabila mengalami gejala hepatitis A seperti di atas. 

Berikut beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini telah mendapatkan penilaian terbaik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani sehingga kamu tak perlu ragu untuk menghubunginya:

1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Dokter Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa kamu hubungi untuk mendapatkan saran terkait penanganan hepatitis A. Ia adalah lulusan Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2020.

Saat ini, dokter Puguh berpraktik di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penanganan hepatitis A.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar hipertensi, diabetes, gangguan kesehatan lansia, masalah kesehatan paru, alergi dan fungsi ginjal.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 49.000,-

Selain menghubungi dokter, Ketahui Fakta Mengenai Hepatitis A yang Mudah Menular berikut ini. 

2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Agnita Irawaty Sp.PD. Ia adalah lulusan  Universitas Tarumanagara pada 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Yogyakarta dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Agnita Irawaty Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit hati, seperti hepatitis A.

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Vera Bahar Sp.PD

Dokter Vera Bahar Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait hepatitis A termasuk penanganannya. 

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. DR. dr. Supriono Sp.PD-KGEH, FINASIM

Kamu bisa menghubungi DR. dr. Supriono Sp.PD-KGEH, FINASIM yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 1993 dan 2006.

Saat ini, ia melakukan praktik di Malang, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 31 tahun, DR. dr. Supriono Sp.PD-KGEH, FINASIM mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait pengobatan hepatitis A.

Chat DR. dr. Supriono Sp.PD-KGEH, FINASIM mulai dari Rp 200.000,- di Halodoc.

Supaya tidak kambuh kembali, Ini Langkah-Langkah Mencegah Hepatitis A yang wajib kamu tahu.

5. dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH

Pilihan selanjutnya, yaitu dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada 2009 dan Universitas Udayana pada 2016.

Ia berpraktik di Jakarta Pusat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar hepatitis A.

Chat dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH mulai dari Rp 215.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang penanganan hepatitis A.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2024. Hepatitis A.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. Hepatitis.
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Hepatitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan