• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Gejala Kanker Sarkoma Ewing yang Harus Diketahui

8 Gejala Kanker Sarkoma Ewing yang Harus Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ternyata, ada banyak kondisi yang bisa membahayakan kesehatan tulang. Salah satunya yang perlu kamu waspadai adalah kanker Sarkoma Ewing. Jenis kanker yang sangat langka ini menyerang tulang dan dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada tulang. Karena itu, yuk ketahui gejala kanker Sarkoma Ewing lebih lanjut di sini agar kamu bisa mewaspadainya.

Apa Itu Kanker Sarkoma Ewing?

Sarkoma Ewing adalah jenis tumor kanker yang tumbuh di tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang rawan atau saraf. Kanker ini paling sering dimulai pada tulang kaki dan panggul, tetapi juga bisa terjadi pada tulang di mana saja dalam tubuh. Namun, sarkoma ewing jarang dimulai di jaringan lunak dada, perut, anggota badan atau lokasi lainya.

Kanker sarkoma ewing lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja, lebih tepatnya orang-orang yang usianya berkisar 10–20 tahun. Meskipun sangat langka, sarkoma ewing sudah terjadi pada sekitar 200 anak-anak dan dewasa muda setiap tahunnya di Amerika Serikat. Jenis kanker tersebut memang lebih sering memengaruhi orang kulit putih dan jarang ditemukan di Afrika-Amerika atau Asia-Amerika. Dibanding wanita, sarkoma ewing lebih sering menyerang pria. 

Baca juga: 4 Jenis Kanker Tulang dan Cara Penyebarannya

Gejala Kanker Sarkoma Ewing

Kanker sarkoma ewing dapat dikenali dari gejala utamanya, yaitu:

1. Sakit atau Nyeri

Sebagian besar anak-anak dan remaja dengan sarkoma Ewing akan merasakan sakit, di area tumor, seperti di lengan, kaki (terutama di tengah tulang panjang), dada (seperti tulang rusuk atau tulang belikat), punggung, atau panggul (tulang pinggul) selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. 

Nyeri tulang bisa disebabkan oleh tumor yang menyebar di bawah lapisan luar tulang (periosteum), atau karena patah (fraktur) pada tulang yang sudah dilemahkan oleh tumor. 

2. Benjolan atau Bengkak

Seiring waktu, sebagian besar tumor tulang Ewing dan hampir semua tumor non-tulang (jaringan lunak) menyebabkan benjolan atau pembengkakan, yang lebih cenderung terjadi pada tumor di lengan atau kaki.  Benjolan tersebut biasanya terasa hangat dan lembut saat disentuh.

Kondisi ini bisa disalahartikan sebagai benjolan dan memar biasa. Pada anak-anak, kondisi ini sering dikira karena cedera olahraga. Itulah mengapa kanker sarkoma Ewing seringkali tidak langsung disadari sampai gejala tidak menghilang atau bahkan memburuk, kemudian tulang baru diperiksa dengan menggunakan sinar-X.

Baca juga: Kaki Mendadak Bengkak? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Selain sakit dan bengkak, gejala sarkoma ewing lainnya yang juga bisa terjadi yaitu:

  1. Demam ringan terus-menerus.

  2. Sulit berjalan karena kaki sakit.

  3. Nyeri tulang yang memburuk saat berolahraga atau di malam hari.

  4. Patah tulang tanpa sebab yang jelas.

  5. Penurunan berat badan.

  6. Selalu merasa lelah.

Tergantung pada lokasi tumor, sarkoma ewing mungkin juga dapat menimbulkan gejala khusus. Misalnya, tumor di dekat tulang belakang dapat menyebabkan sakit punggung, serta kelemahan, mati rasa, kehilangan kontrol kandung kemih atau kelumpuhan di lengan atau kaki. Sedangkan tumor yang telah menyebar ke paru-paru, dapat menyebabkan sesak napas.

Bila anak menunjukkan gejala sarkoma ewing, sebaiknya segera periksakan ia ke dokter agar dapat memastikan diagnosis. Seperti pada banyak jenis kanker, peluang kanker sarkoma ewing untuk disembuhkan pun semakin tinggi bila terdeteksi sedini mungkin.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengobati Tumor Tulang?

Untuk melakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan yang dialami Si Kecil, kamu bisa langsung buat janji di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Ewing's Sarcoma?
American Cancer Society. Diakses pada 2020. Signs and Symptoms of Ewing Tumors.