Gerakan Yoga yang Bisa Mengatasi Sakit Pinggang

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Juni 2021
Gerakan Yoga yang Bisa Mengatasi Sakit PinggangGerakan Yoga yang Bisa Mengatasi Sakit Pinggang

Halodoc, Jakarta - Jika kamu mengalami sakit pinggang, olahraga seperti yoga mungkin akan dianjurkan oleh dokter. Yoga adalah terapi untuk pikiran dan tubuh yang sering direkomendasikan untuk mengobati masalah tubuh, tidak hanya sakit punggung, tetapi juga stres yang menyertainya. Ini karena pose yang tepat bisa membuat kamu rileks dan menguatkan tubuh.

Dengan berlatih yoga, bahkan selama beberapa menit sehari, ini dapat membantu kamu lebih merasakan tubuhmu sendiri. Yoga akan membantumu memberikan petunjuk di mana kamu mengalami ketegangan dan di mana kamu mengalami ketidakseimbangan. Kamu kemudian bisa menggunakan kesadaran ini untuk memperbaiki diri untuk mencapai keseimbangan dan keselarasan.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

Gerakan Yoga untuk Sakit Pinggang

Berikut adalah beberapa gerakan yoga yang bisa membantu mengatasi sakit pinggang yang sering terjadi:

Child's Pose

Pose ini akan mengurangi tekanan pada punggung dan pinggang bagian bawah dengan memanjangkan dan menyelaraskan tulang belakang. Dengan gerakan ini, yang umumnya hanya dilakukan 1 hingga 3 menit, kamu akan mengurangi tekanan pada area tersebut dan memberikan peregangan yang dibutuhkan. Begini cara mempraktikan Child's Pose

  • Berlutut di atas matras dengan lutut terbuka selebar pinggul dan kedua kaki berada di belakang. Tarik napas dalam-dalam, dan saat kamu menghembuskan napas, letakkan tubuh di atas paha.
  • Cobalah untuk memanjangkan leher dan tulang punggung dengan menarik tulang rusuk menjauh dari tulang ekor dan mahkota kepala menjauh dari bahu.
  • Letakkan dahi di lantai, dengan lengan terentang di depan.
  • Tahan selama satu hingga tiga menit.

Baca juga: Begini Cara Meredakan Sakit Pinggang Tanpa Obat

Cat Cow Pose

Ini mungkin menjadi peregangan favorit bagi banyak orang karena efeknya akan langsung terasa. Gerakan ini memungkinkan fleksi dan ekstensi tulang belakang yang baik, meningkatkan mobilitas, dan juga membantu meredakan ketegangan di pinggang bawah. Gerakan ini juga diyakini mampu membantu memperbaiki postur tubuh. Begini cara mempraktikan Cat Cow Pose:

  • Mulailah merangkak dengan bahu di atas pergelangan tangan dan pinggul di atas lutut.
  • Ambil napas perlahan, dan saat menghembuskan napas, putar tulang belakang dan jatuhkan kepala ke lantai (ini adalah postur "kucing").
  • Tarik napas dan angkat kepala, dada, dan tulang ekor ke langit-langit saat kamu melengkungkan punggung untuk "sapi".
  • Lakukan ini selama satu hingga tiga menit.

Downward Facing Dog

Kadang-kadang, kamu merasakan sakit pinggang karena punggung kaki terasa sangat tegang, Downward Facing Dog adalah cara yang bagus untuk meregangkan paha belakang dan betis. Kamu juga bisa sedikit menekuk lutut untuk membuat peregangan lebih nyaman. Begini cara melakukan pose Downward Facing Dog:

  • Dari Child's Pose, pertahankan tangan di lantai, duduk di atas lutut, lalu angkat pantat dan tekan kembali ke posisi seperti anjing yang menghadap ke bawah.
  • Rentangkan jari lebar-lebar. Usahakan untuk meluruskan kaki dan menurunkan tumit ke lantai.
  • Rilekskan kepala di antara kedua lengan, dan arahkan pandangan melalui kaki atau ke atas ke arah pusar.
  • Tahan selama satu hingga tiga menit.

Baca juga: Apakah Perlu Minum Obat saat Mengalami Sakit Pinggang?

Itulah beberapa pose yoga yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi sakit pinggang yang sering kamu rasakan. Namun, jika rasa sakit tak kunjung hilang, bahkan muncul gejala lain, ada baiknya kamu juga memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat. Kamu bisa buat janji temu dengan dokter di rumah sakit dengan aplikasi Halodoc supaya lebih mudah. Dengan begini, kamu jadi tak perlu lagi buang waktu untuk antre. Praktis bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Best Yoga Poses to Soothe Your Lower Back Pain.
Healthline. Diakses pada 2021. Yoga for Back Pain.
SELF. Diakses pada 2021. Yoga Poses to Relieve Back Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan