• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hidung Sakit di Pagi Hari, Awas Sinusitis

Hidung Sakit di Pagi Hari, Awas Sinusitis

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan kondisi nyeri yang kamu alami pada area wajah dan disertai dengan kondisi hidung yang tersumbat. Kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit sinusitis. Penyakit sinusitis terjadi ketika dinding sinus mengalami peradangan.

Baca juga: Ketahui 3 Jenis Sinusitis dan Gejalanya

Sinus adalah rongga kecil yang terhubung melalui saluran udara dalam tulang tengkorak. Sinus berfungsi untuk mengendalikan suhu dan kelembapan suhu yang masuk ke dalam paru-paru dengan menghasilkan lendir. Lalu, apakah hidung yang sakit pada pagi hari menjadi tanda dari penyakit sinusitis?

Ketahui Alasan Pengidap Sinus Alami Hidung Sakit pada Pagi Hari

Mengalami kondisi hidung sakit pada pagi hari bisa menjadi tanda sinusitis. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan pengidap sinusitis mengalami hidung yang sakit pada pagi hari. Dilansir dari Healthline, hidung yang sakit pada pagi hari bukan hanya disebabkan oleh kondisi alergi.

Ada beberapa penyebab yang membuat pengidap sinusitis mengalami hidung sakit ketika pagi hari, salah satunya adalah menghirup zat kimia yang tertinggal dari asap rokok ketika tidur malam hari. Paparan asap rokok pada siang hari meninggalkan berbagai zat kimia pada tubuh maupun pakaian, yang kemudian meningkatkan risiko hidung sakit pada pagi hari.

Kandungan asap rokok yang terhirup pada malam hari dapat masuk melalui saluran pernapasan atas dan sebabkan pembengkakan pada dinding sinus. Kandungan yang terhirup memicu sinus menghasilkan lendir yang cukup banyak sehingga pada pagi hari kamu mengalami hidung tersumbat dan terasa nyeri.

Baca juga: Pilek Berkepanjangan, Mungkin Alami Sinusitis

Namun tidak hanya itu, ada beberapa penyebab sinusitis yang dialami oleh orang dewasa, seperti infeksi jamur, infeksi gigi, cedera pada hidung, aktivitas menyelam, dan adanya benda asing yang terjebak dalam hidung.

Selain itu, ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan orang dewasa mengalami sinusitis, seperti polip hidung, tulang hidung yang mengalami perubahan bentuk atau bengkok, dan juga melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Ketahui Gejala pada Sinusitis

Gejala yang muncul pada pengidap sinusitis juga berbeda disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi sinusitis yang dialami. Ada beberapa gejala sinusitis yang mungkin terjadi pada pengidap sinus, seperti nyeri pada wajah yang disertai munculnya lendir dari hidung yang berwarna hijau. Selain itu, pengidap mengalami kondisi hidung yang tersumbat dan disertai dengan demam dan juga sakit kepala. 

Pada kebanyakan kondisi, pengidap sinusitis mengalami kehilangan indra penciuman jika kondisi ini tidak segera diatasi. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat ketika gejala diatasi dialami dan ditandai dengan pembengkakan pada area mata yang semakin parah ketika pagi hari. Buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kini bisa melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Bingung Mengatasi Sinusitis di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Tidak ada salahnya untuk meredakan gejala penyakit sinusitis dengan penggunaan obat-obatan dan juga mengonsumsi makanan yang sehat. Menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol juga bisa kamu atasi untuk meredakan kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penyakit sinusitis.

Mengatasi dengan tepat penyakit sinusitis membantu untuk terhindar dari komplikasi yang mungkin terjadi akibat sinusitis, seperti meningitis, gangguan pada indra penciuman, gangguan penglihatan, dan infeksi pada sinus yang menyebar hingga ke tulang maupun kulit.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Why Am I Waking Up with a Stuffy Nose?
Healthline. Diakses pada 2020. Sinus Infection Symptoms
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Sinus Infection