Ini 4 Minuman Tinggi Protein untuk Membangun Massa Otot

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Februari 2024

“Protein merupakan nutrisi yang penting untuk membangun massa otot, karena mengandung asam amino yang memelihara jaringan tubuh tersebut. Ada beberapa pilihan minuman tinggi protein, seperti susu, smoothie, yogurt, dan kefir.”

Ini 4 Minuman Tinggi Protein untuk Membangun Massa OtotIni 4 Minuman Tinggi Protein untuk Membangun Massa Otot

DAFTAR ISI

  1. Pilihan Minuman Tinggi Protein untuk Memperbesar Otot
  2. Dokter Spesialis Gizi yang Bisa Bantu Menambah Massa Otot

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih berotot, kamu tidak hanya perlu berolahraga secara rutin, tapi juga memperbanyak mengonsumsi protein. Tak hanya dari makanan, kamu juga bisa mengonsumsi minuman tinggi protein. 

Nutrisi yang satu ini penting dalam membangun otot, karena mengandung asam amino yang membantu memperbaiki dan memelihara jaringan otot.  Itulah mengapa body builders dan atlet angkat beban mengonsumsi banyak makanan dan minuman sumber protein. 

Simak beberapa pilihan minuman alami yang juga kaya akan protein berikut ini! 

Pilihan Minuman Tinggi Protein untuk Memperbesar Otot

Seperti jaringan tubuh lainnya, protein otot terus dipecah dan dibentuk kembali. Karena itu, untuk membangun otot, kamu harus mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang dipecah.

Jumlah asupan protein yang direkomendasikan untuk mencegah defisiensi pada orang dewasa yang aktif adalah 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa orang yang mencoba membangun otot membutuhkan lebih dari itu.

Berikut adalah berbagai pilihan minuman tinggi protein yang bisa membantu kamu mendapatkan nutrisi untuk membangun otot:

1. Susu

Susu dan produk olahan susu kaya akan protein dan juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Minuman sehat ini juga dilengkapi dengan vitamin A dan D, sehingga merupakan pilihan minuman yang sangat baik.

Susu mengandung dua jenis protein utama yaitu kasein dan whey. Protein kasein membentuk dadih saat asam ditambahkan ke dalam susu, yang merupakan langkah penting dalam proses pembuatan keju. Sedangkan protein whey ditemukan dalam bagian cair susu yang tersisa setelah dikentalkan dan disaring.

Kedua jenis protein tersebut sama-sama berkualitas tinggi dan menyediakan asam amino esensial untuk sintesis protein.

2. Smoothie

Selain kaya akan protein, smoothie juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Terlebih lagi, minuman sehat ini sangat mudah dibuat dan bergizi. 

Kamu bisa membuat smoothie sehat dengan susu, krim, atau yoghurt Yunani. Semua bahan tersebut tinggi protein dan bisa menjadi camilan sehat. Kamu bisa memasukkan buah-buahan favorit ke dalam smoothie-mu atau bahkan kacang-kacangan dan biji-bijian yang sehat.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat yang sangat baik yang akan membuat kamu kenyang lebih lama. Karena itu, kamu tidak akan makan berlebihan di waktu makan berikutnya. 

Itulah mengapa smoothie adalah pilihan minuman tinggi protein yang tepat bila kamu juga ingin menjaga berat badan.

Sebelum memilih minuman tinggi protein, ketahui 5 Prinsip Membentuk Otot ini. 

3. Yoghurt

Yoghurt juga merupakan pilihan minuman tinggi protein lainnya yang baik, karena terdiri dari kombinasi kasein dan protein whey. Selain itu, sebagian besar kandungan laktosa di dalamnya juga dihilangkan, sehingga minuman ini cocok bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa. 

Yogurt sangat bergizi dan kaya akan protein, kalsium, dan kalium. Minuman dengan rasa asam yang menyegarkan ini juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya serta relatif rendah kalori, sehingga bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

4. Kefir

Minuman probiotik ini adalah pilihan yang lebih sehat daripada yogurt, karena menyediakan protein lengkap, mineral penting dan merupakan sumber vitamin B. Bakteri baik dalam kefir juga bisa mengatasi gangguan pencernaan dan menyehatkannya.

Itulah beberapa pilihan minuman tinggi protein yang bisa kamu konsumsi untuk membangun massa otot. 

Bukan cuma minuman, ini 6 Makanan Pembentuk Otot dan Cara Tepat Mengolahnya yang perlu kamu tahu. 

Dokter Spesialis Gizi yang Bisa Bantu Menambah Massa Otot

Jika kamu masih ingin bertanya lebih lanjut seputar diet yang tepat atau olahraga untuk pembentukan badan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi di Halodoc untuk mendapatkan tips yang tepat. 

Berikut ini adalah  rekomendasi dokter spesialis gizi di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun. 

Mereka juga memiliki penilaian yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya.

Ini daftarnya:

1. dr. Annisa Fauziah Sp.GK

Kamu dapat menghubungi dr. Annisa Fauziah Sp.GK. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada 2015.

Saat ini, dr. Annisa Fauziah Sp.GK menjalani praktik di Tegal, Jawa Tengah dan aktif tergabung sebagai anggota IDI dan (PDGKI).

Dengan pengalaman selama 9 tahun,dr. Annisa Fauziah Sp.GK bisa memberikan saran diet yang tepat untuk menambah massa otot.

Chat dr. Annisa Fauziah Sp.GK mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Diani Adrina Sp.GK

Dokter Diani Adrina Sp.GK adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada 2001 dan Universitas Indonesia pada 2007.

Saat ini, ia berpraktik di Jakarta Selatan dan tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Dengan pengalaman selama 23 tahun, dr. Diani Adrina Sp.GK bisa memberikan saran terkait cara menambah massa otot.

Ia juga bisa membantu meninjau status gizi, memberi terapi nutrisi dan pola makan, dan masih banyak lagi. 

Chat dr. Diani Adrina Sp.GK mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

3. dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK

Kamu juga bisa menghubungi dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) pada 2017 dan Universitas Indonesia pada 2023.

Saat ini, dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK menjalani praktik di Tangerang, Banten dan merupakan anggota aktif IDI dan (PDGKI).

Dengan pengalaman selama 6 tahun, dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK bisa memberikan tips untuk menambah massa otot.

Chat dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK mulai dari Rp 49,000,- di Halodoc.

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Doctor NDTV. Diakses pada 2024. Include These Healthy Protein-Rich Drinks In Your Diet If You Want To Lose Weight Quickly.
Medical News Today. Diakses pada 2024. How much protein do you need to build muscle?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan