Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Darah Rendah saat Puasa

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Maret 2024

“Saat berpuasa kurangnya asupan garam dan cairan dapat menyebabkan darah rendah yang ditandai dengan gejala keringat dingin hingga kelelahan. Kamu bisa dapatkan obat darah rendah di Halodoc, mulai dari Sangobion, Maltofer, Tablet Tambah Darah, Hemobion, dan Forneuro”.

Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Darah Rendah saat PuasaIni 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Darah Rendah saat Puasa

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Waktu makan dan minum yang terbatas selama Ramadan membuat tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, garam, dan nutrisi yang cukup. Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat memicu tekanan darah rendah pada sebagian orang.

Darah rendah atau hipotensi adalah kondisi yang ditandai dengan tekanan darah berada di bawah angka 90/60 mmHg. Pengidapnya juga akan menunjukkan gejala seperti mudah lelah, mual, keringat dingin, depresi, sering pusing, dan pandangan kabur. 

Nah, mau tahu apa saja obat darah rendah yang bisa dikonsumsi? Ini rekomendasinya.

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Darah Rendah

Ada beberapa obat yang bisa kamu konsumsi selama bulan puasa untuk mengatasi darah rendah atau hipotensi, antara lain:

1. Sangobion 10 Kapsul

Sangobion adalah obat yang mengandung vitamin C, Asam folat, copper sulfate, Ferrous gluconate, Manganese sulfate, dan vitamin B12. Obat ini digunakan untuk mengatasi kurangnya darah merah saat menstruasi, hamil, masa pertumbuhan, menyusui, dan setelah mengalami perdarahan. 

Kekurangan zat besi juga dapat diatasi dengan Sangobion, karena mengandung zat besi untuk membantu pembentukan darah di tubuh. Cukup konsumsi 1 kapsul saja per harinya. 

Jika kamu mengidap tukak lambung aktif, mendapatkan transfusi darah berulang, atau hemokromatosis primer, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini.

Kamu juga bisa mengatasi darah rendah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ini rekomendasinya: “Tak Hanya Daging, Ini 6 Rekomendasi Makanan untuk Darah Rendah”.

Rentang harga: Rp19.200 – Rp22.300 per strip.

Dapatkan Sangobion 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Maltofer Chewable 6 Tablet

Maltofer Chewable adalah tablet kunyah yang mengandung zat besi. Zat besi ini bisa menjadi solusi untuk pengobatan pada kekurangan zat besi, anemia, atau sebagai terapi pencegahan kekurangan zat besi selama kehamilan. 

Obat ini bisa dikonsumsi oleh anak usia di atas 12 tahun, dewasa, ibu hamil dan menyusui. Namun, pemberian dosis untuk setiap kondisi akan berbeda. Berikut aturan penggunaan untuk kasus anemia. 

  • Anak di atas 12 tahun, dewasa, ibu menyusui: 1-3 tablet sehari selama 3-5 bulan sampai hemoglobin normal. Lalu dilanjutkan 1 tablet sekali sehari. 
  • Wanita hamil: 2-3 tablet sehari sampai hemoglobin normal. Selanjutnya diteruskan 1 tablet sekali sehari sampai akhir masa kehamilan. 

Kisaran harga: Rp22.800 per strip.

Dapatkan Maltofer Chewable 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

3. Tablet Tambah Darah 10 Tablet

Pilihan obat untuk mengatasi darah rendah selanjutnya adalah Tablet Tambah Darah. Obat ini mengandung zat besi dan asam folat. Zat besi ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Dokter sering meresepkan obat ini untuk mengatasi berbagai masalah darah rendah pada kondisi anemia, menstruasi, masa pertumbuhan, kehamilan, menyusui, dan setelah perdarahan. 

Sedangkan, asam folat pada tablet ini digunakan untuk mengurangi risiko anemia megaloblastik selama kehamilan dan masa pertumbuhan. Kamu bisa mengonsumsi obat ini sebanyak 1 tablet sehari. 

Obat ini lebih baik diminum saat perut kosong. Jika merasa mual, kamu bisa mengonsumsinya bersamaan dengan makanan.

Kisaran harga: Rp8.400 per strip.

Dapatkan Tablet Tambah Darah 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Hemobion 10 Kapsul

Berbagai masalah darah rendah dapat diatasi dengan Hemobion 10 Kapsul. Di dalamnya, terkandung zat besi dan asam folat yang berperan penting dalam peningkatan sel darah merah.  

Konsumsilah obat ini 1 kali sehari sesudah makan. Jika saat buang air besar kamu mendapati adanya feses bewarna hitam, tidak perlu khawatir. Ini adalah hal yang wajar karena kamu sedang mengonsumsi zat besi. 

Obat ini akan bekerja dengan maksimal jika kamu menghindari makanan berikut ini: “3 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Tekanan Darah Rendah”.

Kisaran harga: Rp33.500 per strip.

Dapatkan Hemobion 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Forneuro 6 Kapsul

Selain rekomendasi di atas, kamu juga bisa mengonsumsi Forneuro untuk mengatasi darah rendah. Obat ini juga mengandung vitamin lengkap, mulai dari vitamin B1, B6, B12, E, hingga asam folat. 

Forneuro tidak hanya bisa mengatasi darah rendah, tapi juga membantu meringankan gejala kram, kebas, kesemutan, kaku, dan pegal pada otot. Kamu bisa meminum kapsul ini sekali sehari. 

Kisaran harga: Rp51.400 per strip.

Dapatkan Forneuro 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah obat darah rendah yang bisa kamu konsumsi. Obat-obatan tersebut bisa kamu dapatkan melalui Toko Kesehatan Halodoc dengan cepat dan praktis. Pengiriman dilakukan dari apotek tepercaya dalam waktu 60 menit!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Low blood pressure. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Low blood pressure (hypotension).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan