Ini 5 Salep Jerawat yang Ampuh dan Mudah Ditemukan di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Agustus 2023

“Jerawat ditandai dengan benjolan berisi nanah berwarna kemerahan dan terkadang nyeri saat tersentuh. Kabar baiknya, masalah kulit ini bisa diatasi dengan salep jerawat yang disesuaikan dengan penyebab dan kondisi kulit.”

Ini 5 Salep Jerawat yang Ampuh dan Mudah Ditemukan di ApotekIni 5 Salep Jerawat yang Ampuh dan Mudah Ditemukan di Apotek

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah kondisi kulit umum yang terjadi ketika folikel rambut di bawah kulit tersumbat. Masalah ini sering terjadi di wajah, tetapi juga bisa muncul di punggung, dada, dan bahu.

Masalah ini umumnya terjadi akibat fluktuasi hormon tubuh selama masa pubertas. Alasannya karena saat remaja kelenjar sebaceous membesar dan menghasilkan lebih banyak sebum atau minyak.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan rekomendasi salep jerawat di apotek (apotik) di bawah ini!

Rekomendasi Salep Jerawat di Apotik

Benjolan jerawat akan tampak kemerahan, nyeri, dan terkadang mengandung nanah. Untuk mengatasi masalah itu, kamu bisa mencoba salep jerawat yang cocok dari beberapa merek ini:

1. Vitacid 0.05% Cream 20 gram

Salep jerawat di apotik ini mengandung retinoic acid atau asam retinoat (tretinoin). Kandungan tersebut bekerja dengan mematikan sel penghasil minyak di wajah dan menurunkan produksinya.

Vitacid mengandung 0.05 persen retinoic acid yang dapat kamu gunakan pada malam hari sebelum tidur. Penggunaanya harus sesuai dengan petunjuk dokter untuk memaksimalkan hasil.

Dosis penggunaan:

  •  1 kali sehari, malam hari.

Rentang harga: Rp34.700 – Rp52.900 per tube

Dapatkan Vitacid 0.05% Cream 20 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cindala 10 mg/g Gel 10 gram

Cindala adalah obat antibiotik topikal untuk mengobati jerawat parah pada orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun. Di dalamnya mengandung clindamycin yang dapat mengatasi bakteri aerob gram positif yang rentan.

Dosis penggunaan:

  • 2-3 kali sehari, oleskan tipis pada jerawat.

Rentang harga: Rp45.000 – Rp74.100 per 2 tube

Dapatkan Cindala 10 mg/g Gel 10 g 2 Tube – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain dengan salep jerawat, Catat, Ini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami dan Tepat.

3. Medi-Klin Gel 15 gram

Medi-Klin adalah salep jerawat di apotik yang berisi antibiotik untuk mengatasi jerawat parah. Di dalamnya terdapat clindamycin yang bersifat bakteriostatik dan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Dalam satu tube mengandung 1 persen clindamycin phosphate. Penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan hanya dipergunakan untuk pemakaian luar.

Dosis penggunaan:

  • 1-2 kali sehari.

Rentang harga: Rp24.500 – Rp35.800 per tube

Dapatkan Medi-Klin Gel 15 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Lumiquin Cream 15 gram

Salep jerawat di apotik ini tak hanya membantu mengobati jerawat, tapi juga memutihkan secara bertahap masalah hiperpigmentasi kulit. Termasuk akibat melamin dari pemakaian kontrasepsi oral.

Di dalamnya mengandung 40 mg hydroquinone, 0.5 mg tretinoin, dan 0.1 mg fluocinolone acetonide. Cara menggunakannya dengan mengoleskan tipis-tipis pada area kulit yang bermasalah.

Dosis penggunaan: 

  • 3-4 kali sehari.

Rentang harga: Rp57.300 – Rp81.200 per tube

Dapatkan Lumiquin Cream 15 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

Jerawat memiliki beberapa jenis yang berbeda, salah satunya jerawat pasir. Sebelum menggunakan obat, simak di sini Cara Mengenali Munculnya Jerawat Pasir, Ini Penjelasannya.

5. Erymed 2% Cream 20 gram

Rekomendasi salep jerawat di apotik selanjutnya, yaitu Erymed. Produk ini mengandung antibiotika eritromisin yang mampu membunuh bakteri dengan menembus membran sel bakteri.

Obat mengandung 2 persen erythromycin, sehingga diperuntukkan bagi pengidap jerawat. Terutama pada mereka yang memiliki lesi meradang disertai dengan papula, papel, dan pustula. 

Dosis penggunaan:

  • 1 kali sehari.

Rentang harga: Rp33.100 – Rp44.900 per tube

Dapatkan Erymed 2% Cream 20 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

Setelah masalah jerawat selesai, terkadang bekas kehitamannya muncul dan susah menghilang. Ketahui cara penanganannya di artikel ini:  Catat, Ini Cara Menghilangkan Jerawat Hitam di Pipi dengan Cepat.

Kamu bisa menemui dokter spesialis kulit di Halodoc✔️ jika masalah jerawat tak kunjung membaik dengan menggunakan beberapa rekomendasi obat di atas. Temukan juga berbagai pilihan obat atau krim lainnya dengan pilihan lebih lengkap hanya di Toko Kesehatan Halodoc, klik gambar di bawah ini.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Acne.
National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Diakses pada 2023. Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan