Catat, Ini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami dan Tepat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Agustus 2023

“Cara menghilangkan jerawat tak harus selalu melalui obat-obatan. Terdapat beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengatasi bekas jerawat.”

Catat, Ini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami dan TepatCatat, Ini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami dan Tepat

Halodoc, Jakarta – Jerawat merupakan masalah kulit yang tidak jarang mengganggu penampilan seseorang dan menurunkan rasa percaya diri. Untungnya, ada berbagai cara menghilangkan jerawat alami dan ampuh yang bisa kamu coba. 

Sebelum menggunakan obat-obatan, tidak ada salahnya untuk coba menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu untuk mengatasi masalah kulit ini. Ada banyak bahan alami yang bisa menjadi obat alami jerawat yang tidak kalah efektif dari obat-obatan kimia.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami

Berikut beberapa bahan yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat alami:

1. Putih telur 

Berkat kandungan enzim lysozyme, putih telur bisa menjadi obat jerawat alami yang ampuh. Cara menggunakannya adalah pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu campur dengan air perasan lemon.

Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Lidah buaya 

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit. Jika kamu rutin menggunakannya, bahan alami yang satu ini mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh.

Caranya dengan memakai masker dari gel lidah buaya, kemudian diamkan selama setengah jam. Lalu, bilas dengan air bersih.

3. Bawang putih 

Mengandung zat sulfur membuat banyak orang percaya bahwa bawang putih dapat menjadi cara cepat menghilangkan jerawat.

Caranya dengan memotong bawang putih menjadi bagian-bagian kecil, kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4. Air perasan lemon 

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel.

Untuk menggunakan obat jerawat alami ini, kamu cukup oleskan air perasan lemon pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Bila kamu masih belum yakin Apakah Lemon Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Penjelasannya.

5. Mentimun 

Mentimun mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino di dalamnya. 

Kandungan-kandungan ini dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Aplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

6. Madu 

Siapa yang tak kenal khasiat baik yang terkandung dalam madu? Bahan alami yang satu ini ternyata bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami.

Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan madu pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

7. Cuka apel 

Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakan obat jerawat alami ini, yaitu oleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas, lalu diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

8. Tomat 

Bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat adalah tomat. Manfaat tomat tersebut berkat kandungan vitamin A dan vitamin C di dalamnya.

Kamu cukup mengoleskan tomat yang telah kamu potong pada wajah secara merata, lalu biarkan selama setengah jam. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Selain jerawat, kamu juga bisa ketahui Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung dengan Tomat.

9. Pepaya 

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat.

Gunakan pepaya sebagai masker alami wajah, kemudian biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

10. Alpukat 

Berkat kandungan vitamin E di dalamnya, alpukat juga bisa menjadi obat jerawat alami yang mampu mengurangi peradangan pada kulit yang terpengaruh.

Cara menggunakannya, haluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu dapat mencampurnya dengan madu. Biarkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Adanya jerawat akan membuat rasa risih dan gemas untuk memencetnya. Namun, jika hal ini kamu lakukan saat tangan sedang kotor, yang ada kotoran pada tangan malah menyumbat pori-pori dan membuat jerawat semakin parah. 

Jika kamu tidak sabar menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena proses yang lama, kamu bisa cari obat jerawat di Toko Kesehatan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Fifteen Home Remedies for Acne.
Healthline. Diakses pada 2023. 13 Powerful Home Remedies for Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan