Ini Berbagai Gejala Sembelit atau Konstipasi yang Bisa Terjadi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Oktober 2023

"Ketika seseorang mengalami sembelit, tinja terasa keras dan kering sehingga sulit keluar. Akibatnya, gejala ini menyebabkan perasaan tidak tuntas setelah buang air besar."

Ini Berbagai Gejala Sembelit atau Konstipasi yang Bisa TerjadiIni Berbagai Gejala Sembelit atau Konstipasi yang Bisa Terjadi

Halodoc, Jakarta – Sembelit atau konstipasi merupakan masalah pencernaan yang cukup umum terjadi. Kondisi ini terjadi saat pergerakan usus melambat sehingga tinja menjadi keras dan sulit keluar.

Akibatnya, pengidap kondisi ini akan kesulitan BAB karena tinja yang keras. Supaya kamu lebih waspada, ketahui gejala konstipasi lainnya. 

Gejala Sembelit atau Konstipasi

Setiap orang bisa mengalami gejala sembelit yang berbeda-beda. Ada yang jarang buang air besar atau perasaan tidak tuntas usai BAB.

Yuk, kenali gejalanya lebih dalam berikut ini:

1. Kesulitan BAB

Salah satu gejala utama sembelit adalah kesulitan dalam buang air besar. Kamu mungkin merasa ingin buang air besar, tetapi sulit untuk mengeluarkan tinja. 

Kondisi ini biasanya akibat tinja yang keras dan kering, sehingga kamu butuh mengenjan yang lebih kuat agar keluar. Kesulitan BAB ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan dan rasa frustasi.

2. Jarang BAB

Gejala lainnya yaitu jarang buang air besar, mungkin hanya beberapa kali seminggu atau lebih jarang lagi. Intinya, kamu perlu waspada apabila ada perubahan pola buang air besar.

Jarang buang air besar dapat menyebabkan penumpukan tinja dalam usus, sehingga memperparah masalah sembelit.

3. Tidak tuntas usai BAB

Kamu juga perlu waspada apabila merasa tidak tuntas setelah BAB. Hal ini bisa menjadi ciri-ciri sembelit karena masih ada tinja yang tidak keluar sepenuhnya. 

Tinja yang keras dan kering mungkin masih tertinggal dalam usus, bahkan setelah buang air besar. Perasaan ini bisa sangat mengganggu dan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

4. Kram perut

Sembelit dapat menyebabkan kram perut yang dapat sangat tidak nyaman. Kram ini terjadi saat kamu ingin buang air besan 

Kram akan semakin intens apabila mengenjan terlalu kuat untuk mengeluarkan tinja yang keras dan kering. Rasa sakit dan ketidaknyamanan ini dapat berlangsung beberapa saat setelah buang air besar selesai.

5. Kembung dan perut terasa penuh

Konstipasi umumnya juga disertai dengan perut yang terasa kembung dan penuh akibat penumpukan tinja dalam usus. Perasaan penuh ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan sulit untuk makan.

Pasalnya, perut yang kembung dan terasa penuh membuat kamu terasa kenyang. Alhasil, kondisi ini memengaruhi nafsu makan. Untuk mengatasinya, konsumsi  Makanan yang Bisa Mengatasi Sembelit.

6. Perdarahan rektal

Sembelit yang parah dapat menyebabkan perdarahan rektal atau keluarnya sedikit darah setelah buang air besar. Pemicunya bisa karena mengenjan terlalu keras saat mengeluarkan tinja. 

Perdarahan rektal biasanya tidak berbahaya, tetapi jika mengalami gejala ini, sebaiknya diskusikan dengan dokter di Halodoc untuk memastikan bahwa tidak ada masalah medis lain yang lebih serius.

7. Kelelahan

Beberapa orang yang mengalami konstipasi merasa lelah dan lemah. Pemicunya karena tubuh merasa tidak nyaman dan terganggu oleh gejala sembelit. 

Ketidaknyamanan dan frustasi yang akibat masalah pencernaan dapat mengganggu kualitas tidur dan menurunkan energi seseorang. Tidak Ingin Sembelit? Hindari 5 Makanan Ini.

8. Perasaan cemas dan stres

Sembelit dapat menyebabkan perasaan cemas atau stres, terutama jika gejalanya berkepanjangan dan mengganggu keseharian seseorang.

Perasaan cemas ini dapat berasal dari ketidaknyamanan fisik  dan juga ketidakpastian tentang kapan pengidapnya bisa merasa lega.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain tentang kondisi ini, jangan ragu menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 24 Oktober 2023. Constipation.
Cleveland Clinic. Diakses pada 24 Oktober 2023. Constipation.
Healthline. Diakses pada 2023. Constipation: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan