Ini Cara Mengempeskan Jerawat Bengkak yang Bisa Dicoba

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Oktober 2023

“Ada beberapa cara mengempeskan jerawat yang bengkak. Di antaranya dengan perawatan dengan obat tanpa resep, obat medis, dan cara alami.”

Ini Cara Mengempeskan Jerawat Bengkak yang Bisa DicobaIni Cara Mengempeskan Jerawat Bengkak yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Setiap jenis jerawat memiliki satu kesamaan, yaitu pori-pori tersumbat. Seringkali jerawat menyebabkan pembengkakan sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari tahu cara mengempeskan jerawat yang bengkak. 

Jerawat yang meradang biasanya terlihat bengkak, kemerahan, dan pori-pori tersumbat oleh bakteri, minyak, dan sel kulit bakteri. Terkadang, bakteri yang bernama Propionibacterium acnes (P. acnes) juga menyebabkan jerawat meradang.

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak

Jerawat yang meradang dan bengkak dapat menyebar dan akhirnya menimbulkan jaringan parut. Maka itu, sangat penting untuk segera mengobati jerawat. 

Berikut ini cara mengempeskan jerawat yang bengkak yang bisa kamu coba:

1. Perawatan dengan obat tanpa resep

Ada banyak sekali obat jerawat tanpa resep untuk jerawat yang meradang. Berikut ini tiga bahan utama yang mungkin kamu temukan dalam produk jerawat:

  • Benzoil peroksida. Bahan ini bekerja dengan membunuh bakteri P. acnes yang mungkin terperangan di pori-pori, dan mengurangi peradangan. 
  • Asam salisilat. Bahan ini memiliki efek pengelupasan dan mengangkat sel kulit mati dari dalam pori-pori. Selain itu, asam salisilat dapat membantu memecah lesi jerawat yang meradang sekaligus mencegahnya datang kembali. Setelah menggunakan bahan ini, pastikan untuk mengaplikasikan pelembab setelahnya agar kulit tidak kering.
  • Sulfur. Cara mengempeskan jerawat yang bengkak berikutnya yaitu dengan sulfur. 

Mulailah menambahkan pembersih yang mengandung asam salisilat dan perawatan benzoil peroksida ke dalam rutinitas perawatan kulit.

2. Perawatan medis

Dokter mungkin merekomendasikan satu atau kombinasi obat resep atau krim topikal, tergantung pada gejala yang muncul.

Perawatan medis untuk mengempeskan jerawat yang bengkak yaitu:

  • Retinoid topikal. Bahan ini merupakan turunan vitamin A yang ampuh mengangkat sel kulit mati. Meskipun ada beberapa produk retinoid tanpa resep yang dijual bebas, tapi retinoid resep dokter paling efektif untuk jerawat bengkak meradang. 
  • Isotretinoin. Berasal dari vitamin A, obat oral ini merupakan salah satu pengobatan yang paling ampuh untuk mengempeskan jerawat bengkak. Namun hindari penggunaan isotretinoin jika kamu sedang hamil, menyusui, atau berencana akan hamil. 
  • Antibiotik oral. Jika dokter spesialis kulit mencurigai bahwa P. acnes penyebab jerawatmu, ia mungkin meresepkan antibiotik. Obat ini dapat kamu gunakan sementara untuk mengendalikan bakteri penyebab jerawat.
  • Antibiotik topikal. Obat ini dapat kamu gunakan dua kali sehari hingga dua bulan. Namun antibiotik topikal tidak sekuat antibiotik oral, jadi obat ini paling cocok untuk jenis jerawat meradang yang bengkak dan tidak terlalu parah. 
  • Perawatan hormonal. Penyebab umum jerawat merupakan ketidakseimbangan hormon. Dokter mungkin akan meresepkan obat pengurang hormon atau pil kontrasepsi pada wanita yang memiliki banyak jerawat. 

3. Perawatan alami

Selain produk perawatan kulit dan perawatan medis, jerawat bengkak juga bisa kamu atasi dengan bahan alami.

Berikut ini cara mengempeskan jerawat yang bengkak dengan bahan alami:

  • Teh hijau. Tanaman herbal ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ketika mengonsumsi teh hijau atau mengoleskannya ke kulit, dapat mengurangi kelebihan sebum dan peradangan pada noda jerawat.
  • Tea tree oil. Bahan alami ini juga terbukti memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Oleskan tea tree oil secara topikal untuk mengempeskan jerawat bengkak yang meredangan pada kasus ringan hingga sedang.
  • Bersihkan area kulit berjerawat. Sangat penting untuk menjaga kebersihan area berjerawat. Gunakan pembersih wajah yang lembut secara teratur dan hindari menyentuh jerawat.
  • Kompres hangat pada jerawat. Letakkan kain lap basah hangat yang bersih pada area kulit berjerawat selama sekitar 10 menit. Cara ini bisa kamu lakukan beberapa kali sehari. 
  • Oleskan es batu. Bungkus es batu atau kompres dingin dengan kai, lalu tempelkan pada jerawat yang bengkak selama 5-10 menit. Istirahatkan 10 menit dan ulangi. 

Selain cara-cara di atas, masih ada 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat yang bisa kamu coba di rumah. 

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan pada Jerawat?

Penting untuk memperlakukan kulit berjerawat dengan lembut. Jangan pernah mencoba memencet jerawat, meskipun terasa menggoda. 

Memencet jerawat dapat membawa lebih banyak bakteri ke pori-pori, memperlambat penyembuhan, mendorong infeksi lebih dalam ke kulit, dan meningkatkan kemungkinan timbulnya jaringan parut. 

Selain tidak memencet jerawat, American Academy of Dermatology merekomendasikan agar setiap orang menghindari:

  • Menyentuh wajah jika tidak perlu.
  • Menggosok kulit.
  • Menggunakan produk perawatan kulit berbahan keras, terutama yang mengandung alkohol.
  • Mengoleskan pasta gigi dan pengobatan rumahan lainnya yang tidak dianjurkan oleh ahli. 

Itulah cara mengempeskan jerawat yang bengkak yang bisa kamu coba.

Jika jerawat terasa sangat sulit dihilangkan, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc agar mendapatkan saran perawatan yang sesuai.✔️

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. How to Treat Inflamed Acne.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to shrink a cystic pimple.
Healthline. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Inflamed Acne.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Infected Pimple.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan