Ini Dokter Gizi yang Bisa Beri Info Seputar Intermittent Fasting

4 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   19 Januari 2024

“Diet intermittent fasting memang terbukti mampu menurunkan berat badan. Namun, ada baiknya kamu tetap berdiskusi dengan dokter spesialis gizi di Halodoc untuk mendapatkan tips diet yang aman.”

Ini Dokter Gizi yang Bisa Beri Info Seputar Intermittent FastingIni Dokter Gizi yang Bisa Beri Info Seputar Intermittent Fasting

DAFTAR ISI

  1. Dokter Spesialis Gizi yang Bisa Bantu Program Diet 

Halodoc, Jakarta – Dalam upaya menurunkan berat badan, ada banyak sekali metode diet yang bisa kamu coba. Nah, salah satu yang cukup terkenal cukup ampuh adalah intermittent fasting.

Dalam dunia medis, intermittent fasting (IF) adalah suatu pola makan yang melibatkan siklus antara periode puasa dan periode makan.

Dalam diet ini, waktu makan dibatasi secara sengaja, dan orang yang mengikuti pola makan ini berfokus pada kapan mereka makan dan bukan jenis makanannya. 

Meskipun banyak orang mengaku berhasil mendapatkan berat badan ideal dengan pola diet ini, akan tetapi pola makan ini tak selamanya cocok untuk setiap orang.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi sebelum memulai program diet ini.

Dokter Spesialis Gizi yang Bisa Bantu Program Diet 

Mengutip laporan penelitian dari Cochrane Library, diet intermittent fasting sangat mungkin untuk menyebabkan efek samping seperti sakit kepala.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa diet ini bisa saja menyebabkan gangguan pencernaan, perubahan suasana hati, kelelahan, bau mulut, insomnia, dehidrasi, bahkan malnutrisi.

Nah, supaya diet yang kamu jalani tetap berjalan lancar, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi di Halodoc

Dokter nantinya bisa memberikan saran yang tepat mengenai pola diet yang paling cocok untukmu, jenis makanan, dan tips lainnya.

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis gizi di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun. 

Mereka juga memiliki penilaian yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya.

Ini daftarnya:

1. dr. Annisa Fauziah Sp.GK

Annisa Fauziah Sp.GK telah berhasil memperoleh gelar dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada 2015.

Kini, ia membuka praktik di Tegal, Jawa Tengah dan masih aktif tergabung sebagai anggota IDI dan (PDGKI).

Berbekal pengalaman selama 9 tahun,dr. Annisa Fauziah Sp.GK bisa memberikan saran diet yang tepat sesuai kondisi kesehatanmu.

Chat dr. Annisa Fauziah Sp.GK mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Diani Adrina Sp.GK

Diani Adrina Sp.GK adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada 2001.

Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia hingga akhirnya meraih gelar dokter spesialis gizi klinik pada 2007.

Ia kini membuka praktik di Jakarta Selatan dan masih aktif tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Dengan pengalaman selama 23 tahun, dr. Diani Adrina Sp.GK bisa memberikan saran diet yang tepat untukmu. 

Ia juga bisa membantu meninjau status gizi, memberi terapi nutrisi dan pola makan, dan masih banyak lagi. 

Chat dr. Diani Adrina Sp.GK mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

3. dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK

Kamu bisa mendapatkan saran mengenai diet yang tepat dari dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK.

Ia sebelumnya telah berhasil mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), pada 2017.

Kemudian ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia hingga mendapatkan gelar dokter spesialis gizi pada 2023.

Ia membuka praktik di Tangerang, Banten dan merupakan anggota aktif IDI dan (PDGKI).

Dengan pengalaman selama 6 tahun, dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK bisa memberikan saran diet yang tepat sesuai kondisi kesehatanmu.

Chat dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK mulai dari Rp 49,000,- di Halodoc.

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa baca tips mengenai diet ini di sini: Cara Menerapkan Diet Intermittent Fasting bagi Pemula.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Intermittent Fasting 101 — The Ultimate Beginner’s Guide.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2024. Intermittent Fasting: What is it, and how does it work?
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Intermittent Fasting: What Are The Benefits?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan