Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan PCOS

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 April 2024

“PCOS dapat terjadi pada wanita manapun. Apabila kamu telah mengidap PCOS sebaiknya segera hubungi dokter terpercaya di Halodoc. Dokter akan bantu kamu memberi saran perawatan PCOS.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan PCOSIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan PCOS

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah masalah hormon yang terjadi selama masa reproduksi. Jika kamu menderita PCOS, kamu mungkin tidak akan mengalami menstruasi terlalu sering.

Pengidap kondisi ini mungkin mengalami menstruasi yang berlangsung berhari-hari. Kamu juga mungkin memiliki terlalu banyak hormon yang disebut androgen di tubuhmu.

Akibat PCOS, banyak kantong kecil berisi cairan berkembang di sepanjang tepi luar ovarium dan ini disebut kista.  Kista kecil tersebut berisi cairan yang mengandung sel telur yang belum matang atau disebut juga folikel, folikel tersebut gagal melepaskan sel telur secara teratur.

Penyebab pasti PCOS belum diketahui. Namun, diagnosis dan pengobatan dini serta penurunan berat badan dapat menurunkan risiko komplikasi jangka panjang.

Dokter di Halodoc untuk Bantu Perawatan PCOS

Apabila kamu ingin mendapatkan saran dan informasi dalam perawatan PCOS, hubungi dokter tepercaya di Halodoc.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis yang sudah memiliki pengalaman dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Kamu bisa menghubungi dokter Marsell Phang Sp.OG, yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada tahun 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Saat ini, dia berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan merupakan anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman kerja selama 12 tahun, dokter Marsell Phang Sp.OG dapat memberikan layanan konsultasi mengenai gangguan menstruasi seperti PCOS melalui platform Halodoc. 

Selain itu, dia juga menyediakan saran terkait kehamilan, program hamil, dan penyakit kelamin.

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Selanjutnya, ada dokter Lucia Leonie Sp.OG yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran dari Universitas Maranatha pada tahun 2011 dan Universitas Hasanuddin pada tahun 2017. 

Saat ini, dokter Lucia Leonie Sp.OG berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan juga merupakan anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 13 tahun dalam bidangnya, dokter Lucia Leonie Sp.OG menyediakan layanan konsultasi melalui Halodoc terkait masalah menstruasi, termasuk juga informasi mengenai PCOS.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Rekomendasi berikutnya, kamu juga bisa menghubungi dr. Effendy Gunawan Sp.OG. yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Dokter Effendy Gunawan Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 16 tahun yang beliau miliki, dr. Effendy Gunawan Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan PCOS.

Ia juga bisa memberikan saran terkait program hamil, gangguan haid dan hormon, kesuburan, kesehatan kandungan, dan kehamilan berisiko tinggi.

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dokter Fitria Angela Umar Sp.OG. Beliau merupakan alumni Fakultas Kedokteran dari Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2015 dan 2022. 

Saat ini, dokter Fitria Angela Umar Sp.OG berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan turut menjadi anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman praktik selama 8 tahun, dokter Fitria Angela Umar Sp.OG menyediakan layanan konsultasi melalui platform Halodoc terkait masalah reproduksi wanita dan siklus menstruasi. 

Selain itu, beliau juga dapat memberikan konsultasi mengenai program hamil, kesuburan, serta keluarga berencana.

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Gracia Merryane Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Gracia Merryane Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait PCOS.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi seputar menstruasi.

Kamu dapat dengan mudah hubungi dokter melalui layanan kesehatan online Halodoc yang tersedia 24 jam.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo download di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024.Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan