Ini Dokter yang Paham Penanganan Awal Serangan Jantung

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Maret 2024

“Serangan jantung merupakan keadaan darurat yang bisa berakibat fatal. Kamu bisa menghubungi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk mengetahui cara mencegah dan pertolongan pertama menghadapi serangan jantung.”

Ini Dokter yang Paham Penanganan Awal Serangan JantungIni Dokter yang Paham Penanganan Awal Serangan Jantung

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Serangan jantung atau infark miokard terjadi ketika aliran darah ke jantung terhambat atau berkurang secara signifikan. Penyumbatan aliran darah ini bisa disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain dalam arteri jantung (koroner).

Penumpukan lemak ini mengandung plak kolesterol, yang proses pembentukannya disebut aterosklerosis. Kadang-kadang, plak ini bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghalangi aliran darah. Kurangnya aliran darah ini dapat merusak atau bahkan menghancurkan sebagian otot jantung.

Rekomendasi Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Halodoc

Jika kamu termasuk kelompok yang rentan mengalami serangan jantung, sebaiknya hubungi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk mengetahui pencegahan dan pertolongan pertama mengatasi kondisi ini. 

Berikut ini rekomendasi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang bisa memberikan informasi lebih dalam tentang serangan jantung.

Mereka sudah memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun dan memiliki rating bagus dari pasien-pasien yang mereka tangani:

1. dr. Fathy Fathini Sp.JP

Kamu bisa menghubungi dr. Fathy Fathini Sp.JP untuk mencari tahu seputar pertolongan pertama serangan jantung.

Ia adalah dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran  pada 2013 dan 2022. 

Dokter Fathy Fathini Sp.JP juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dan saat ini berpraktik di Bandung, Jawa Barat. 

Dengan pengalaman sebagai dokter jantung selama 9 tahun, dr. Fathy Fathini Sp.JP mampu memberikan konsultasi seputar pertolongan pertama mengatasi serangan jantung. 

Chat dr. Fathy Fathini Sp.JP mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Wajib kamu ketahui, Bukan Cuma Nyeri Dada, Ini 13 Gejala Serangan Jantung Lainnya yang perlu kamu waspadai. 

2. dr. Victor Giovannie Xaverison Rooroh Sp.JP

Dokter Victor Giovannie Xaverison Rooroh Sp.JP adalah pilihan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah lain yang bisa kamu hubungi. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2011 dan 2018.

Saat ini, dr. Victor Giovannie Xaverison Rooroh Sp.JP berpraktik di Manado, Sulawesi Utara, dan juga menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Ia memiliki pengalaman selama 13 tahun, sehingga kamu tak perlu ragu lagi untuk bertanya seputar penanganan serangan jantung di Halodoc. 

Chat dr. Victor Giovannie Xaverison Rooroh Sp.JP mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Putri Septiani Sp.JP

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah lainnya yang bisa kamu hubungi adalah dr. Putri Septiani Sp.JP.

Ia mendapatkan gelar dokternya di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2010 dan Universitas Sebelas Maret pada 2018. 

Dokter Putri Septiani Sp.JP juga salah satu anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dan saat ini menjalani praktik di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Hingga saat ini, dr. Putri Septiani Sp.JP sudah memiliki pengalaman selama 13 tahun sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.

Itu sebabnya, kamu bisa bertanya seputar cara menangani serangan jantung di Halodoc dengan dr. Putri Septiani Sp.JP. 

Chat dr. Putri Septiani Sp.JP mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jika kamu sangat rentan mengalami kondisi ini, berikut Cara Bertahan Hidup dari Serangan Jantung yang perlu kamu tahu. 

4. dr. Helmi Agung Prasetyo Sp.JP, FIHA

Kemudian, ada dr. Helmi Agung Prasetyo Sp.JP, FIHA yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran pada 2011 dan 2022.

Saat ini, ia melakukan praktik di Denpasar, Bali dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Berbekal pengalaman selama 13 sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Helmi Agung Prasetyo Sp.JP, FIHA bisa memberikan konsultasi tentang serangan jantung di Halodoc. 

Chat dr. Helmi Agung Prasetyo Sp.JP, FIHA mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP

Dokter Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2014 dan Universitas Sebelas Maret pada 2020.

Saat ini, ia melakukan praktik di Buleleng, Bali dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Dengan pengalaman selama 10 sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP bisa memberikan konsultasi tentang perawatan serangan jantung di Halodoc. 

Chat dr. Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jadi, itulah dokter-dokter yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi seputar penanganan serangan jantung.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Heart attack.
CDC. Diakses pada 2024. Heart Attack Symptoms, Risk, and Recovery.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Heart Attack (Myocardial Infarction).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan