Begini Urutan Pemakaian Retinol dan Niacinamide yang Tepat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 September 2023

“Jika kamu menggunakan retinol dan niacinamide dalam produk terpisah, sebaiknya gunakan produk dengan kandungan niacinamide terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan produk perawatan wajah yang mengandung retinol. ”

Begini Urutan Pemakaian Retinol dan Niacinamide yang TepatBegini Urutan Pemakaian Retinol dan Niacinamide yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Niacinamide dan retinol merupakan bahan perawatan kulit yang populer. Setiap bahan dapat membantu mengatasi flek hitam dan jerawat pada kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, bagaimana urutan pemakaian retinol dan niacinamide yang tepat?

Tak sedikit orang bertanya apakah penggunaan bahan niacinamide dan retinol secara bersamaan bisa memberikan hasil yang lebih efektif dan apakah aman untuk memakai keduanya. Bukan tanpa alasan, beberapa bahan dalam produk perawatan wajah dan kecantikan tidak dapat bercampur dengan baik dengan bahan lainnya.

Bagaimana Urutan Pemakaian Retinol dan Niacinamide?

Tidak semua bahan perawatan kulit cocok untuk kamu pakai bersamaan. Beberapa kombinasi justru dapat menimbulkan reaksi negatif atau mengurangi manfaat bahan tersebut. Untungnya, aman untuk mencampurkan niacinamide dan retinol. 

Tentunya dengan mengetahui urutan pemakaian retinol dan niacinamide yang benar. Niacinamide dan retinol dapat terkandung dalam satu produk, yang mungkin lebih mudah dan nyaman untuk pemakaiannya. Namun, kedua bahan aktif ini juga bukan tidak mungkin tersedia sebagai produk terpisah.

Lalu, bagaimana urutan pemakaian retinol dan niacinamide yang tepat? Jika kamu menggunakan bahan tersebut dalam produk terpisah, sebaiknya gunakan produk dengan kandungan niacinamide terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan produk perawatan wajah yang mengandung retinol. 

Mengoleskan niacinamide terlebih dahulu dapat membantu melindungi kulit dari efek retinol. Baik menggunakan gabungan bahan ini secara terpisah atau bercampur dalam satu produk, selalu ikuti instruksi yang tertulis. Hindari menggunakan lebih sering dari anjuran.

Niacinamide adalah bahan perawatan kulit lembut yang membantu mengurangi tanda penuaan, perubahan warna, dan noda. Manfaatnya lebih lanjut bisa kamu baca dari artikel ini → Ini 6 Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit.

Sementara itu, retinol memiliki manfaat yang sama, tetapi lebih kuat ketimbang niacinamide. Cek artikel berikut ini → Manfaat Retinol untuk Kecantikan Kulit, Ini Buktinya untuk mengetahui manfaat retinol.

Selain itu, kandungan retinol juga berisiko menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kulit kering sebagai efek samping yang sering terjadi.

Menggabungkan kedua bahan tersebut terbilang aman dan membuat retinol lebih mudah untuk penggunaannya. Pasalnya, niacinamide adalah bahan aktif yang dapat membantu menghidrasi kulit sehingga mengurangi risiko iritasi akibat retinol.

Apa Manfaat Pemakaian Retinol dan Niacinamide Bersamaan?

Menggunakan urutan pemakaian retinol dan niacinamide dengan tepat dalam satu produk atau menggabungkan keduanya sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit nyatanya memiliki beberapa manfaat. 

Studi dalam International Journal of Molecular Medicine menyebutkan, niacinamide mengurangi iritasi dan kekeringan yang muncul karena kandungan asam retonic, hasil perubahan retinol saat menyentuh kulit. 

Selain itu, studi lain dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa krim retinol dengan bahan pelembab, termasuk niacinamide, menyebabkan lebih sedikit iritasi ketimbang formula yang mengandung retinol saja.

Hal ini menunjukkan bahwa jika memakai produk yang turut mengandung niacinamide yang dapat memberikan ekstra perlindungan kulit, kamu bisa mendapatkan manfaat dari retinol dengan efek samping yang lebih ringan.

Penelitian juga menemukan bahwa formula yang mengandung niacinamide dan retinol dapat bermanfaat bagi kulit. Misalnya, studi dalam Journal of Drugs in Dermatology yang menemukan bahwa krim retinol dengan niacinamide, hexylresorcinol, dan resveratrol memperbaiki warna kulit dan tanda-tanda penuaan.

Lalu, penelitian lainnya dalam Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology turut menyebutkan bahwa memakai bahan retinol, nicotinamide, dan 7-dehydrocholesterol secara bersamaan aman dan efektif untuk jerawat.

Selain mengetahui urutan pemakaian retinol dan niacinamide yang tepat, kamu juga perlu mengetahui cara menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid. Baca lebih lengkap pada artikel ini → Ketahui Cara Tepat Penggunaan Vitamin C, Retinol dan Hyaluronic Acid.

Jika kamu atau anggota keluargamu mengalami efek samping setelah penggunaan skincare yang mengandung retinol maupun niacinamide, jangan ragu untuk chat dokter spesialis kulit langsung dari Halodoc. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What to Know About Combining Niacinamide and Retinol.
Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology. Diakses pada 2023. Anti-inflammatory effects of a topical preparation containing nicotinamide, retinol, and 7-dehydrocholesterol in patients with acne: a gene expression study.
Journal of Drugs in Dermatology. Diakses pada 2023. Efficacy and Tolerability of a Skin Brightening/Anti-Aging Cosmeceutical Containing Retinol 0.5%, Niacinamide, Hexylresorcinol, and Resveratrol.
International Journal of Molecular Medicine. Diakses pada 2023. Nicotinamide attenuates aquaporin 3 overexpression induced by retinoic acid through inhibition of EGFR/ERK in cultured human skin keratinocytes.
Journal of Cosmetic Dermatology. Diakses pada 2023. Efficacy and tolerability of a double-conjugated retinoid cream vs 1.0% retinol cream or 0.025% tretinoin cream in subjects with mild to severe photoaging.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan