Ini Pilihan Dokter yang Paham Perawatan Darah Tinggi

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 April 2024

“Faktanya, tekanan darah tinggi adalah silent killer karena bisa menyebabkan komplikasi kesehatan serius seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan masalah lainnya. Jika kamu atau orang terdekat mengalaminya, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc.”

Ini Pilihan Dokter yang Paham Perawatan Darah TinggiIni Pilihan Dokter yang Paham Perawatan Darah Tinggi

DAFTAR ISI

  1. Komplikasi yang Terjadi Jika Darah Tinggi Tidak Diatasi
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Mendapatkan Perawatan Darah Tinggi
    1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD
    2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD
    3. dr. Vera Bahar Sp.PD
    4. dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD
    5. dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO-K

Halodoc, Jakarta – Darah tinggi atau yang juga dikenal sebagai hipertensi, adalah kondisi saat tekanan darah dalam arteri tubuh meningkat secara signifikan. Tekanan darah adalah ukuran dari kekuatan yang diperlukan oleh jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan oleh pembuluh darah untuk mengalirkan darah melalui tubuh.

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan masalah lainnya.

Sayangnya, darah tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala yang jelas pada awalnya, tetapi bisa menjadi faktor risiko utama untuk berbagai kondisi kesehatan serius jika tidak diobati. 

Oleh karena itu, penting untuk memantau tekanan darah secara teratur dan berkonsultasi dengan profesional medis untuk pengelolaan dan pengobatan yang tepat jika tekanan darah tinggi terdeteksi.

Komplikasi yang Terjadi Jika Darah Tinggi Tidak Diatasi

Jika darah tinggi tidak diobati, ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius, termasuk:

1. Penyakit jantung

Darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, serangan jantung, gagal jantung, dan aritmia (gangguan irama jantung).

2. Stroke

Darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk stroke. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di otak, meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah (hemoragik) atau penyumbatan aliran darah (iskemik), yang dapat menyebabkan stroke.

3. Gagal ginjal

Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di ginjal, mengurangi kemampuannya untuk menyaring limbah dari darah. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

4. Gangguan penglihatan

Darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di mata, menyebabkan retinopati hipertensi. Hal ini dapat mengganggu penglihatan dan, dalam kasus yang parah, menyebabkan kebutaan.

5. Aneurisma

Tekanan darah tinggi dapat melemahkan dinding pembuluh darah, meningkatkan risiko terjadinya aneurisma.

Aneurisma adalah tonjolan yang terjadi di dinding pembuluh darah, yang dapat pecah dan menyebabkan pendarahan internal yang serius.

6. Gangguan kognitif

Darah tinggi yang tidak terkontrol telah dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif dan peningkatan risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

7. Masalah pembuluh darah

Darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di seluruh tubuh, meningkatkan risiko pembekuan darah, aterosklerosis (penumpukan plak dalam pembuluh darah), dan gangguan sirkulasi.

Selain menghubungi dokter, Ini Pilihan Obat Darah Tinggi di Apotik yang Aman.

Hubungi Dokter Ini untuk Mendapatkan Perawatan Darah Tinggi

Apabila kamu atau orang terdekat mengidap tekanan darah tinggi, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Dokter rekomendasi di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan rating baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Rekomendasi dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD.

Ia merupakan lulusan Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2020.

Dokter Puguh merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan saat ini berpraktik di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat.

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan darah tinggi atau hipertensi.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Pilihan selanjutnya adalah dr. Agnita Irawaty Sp.PD yang merupakan lulusan  Universitas Tarumanagara pada 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Dokter Agnita merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan saat ini berpraktik di Yogyakarta. 

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Agnita Irawaty Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penanganan darah tinggi. 

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Vera Bahar Sp.PD

Dokter Vera Bahar Sp.PD merupakan lulusan Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia berpraktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan darah tinggi.

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD

Kamu juga bisa menghubungi dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD yang merupakan lulusan Universitas Sumatra Utara pada 2015 dan 2023. 

Ia adalah seorang anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan kini berpraktik di Binjai, Sumatra Utara.

Dengan pengalaman selama 7 tahun, Dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara penanganan kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Chat Dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

5. dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO-K

Pilihan lainnya, yaitu dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2015 dan 2023.

Dokter Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO kini berpraktik di Lampung Tengah dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter selama 9 tahun, dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait nyeri pada pinggang.

Chat dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan terkait darah tinggi. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Harvard Health. Diakses pada 2024. High Blood pressure (Hypertension).
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. High blood pressure (hypertension)
NHS. Diakses pada 2024. High blood pressure (hypertension).
World Health Organization (WHO). Diakses pada 2024. Hypertension.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan