Ini Pilihan Obat Cacar Air yang Bisa Dibeli di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Januari 2024

“Obat cacar air yang tersedia sebatas untuk mengelola gejala dan merawat bekas luka cacar di kulit. Beberapa rekomendasinya seperti, CTM, Mederma Proaktif, Ozen, Clinovir, atau Herclov.

Ini Pilihan Obat Cacar Air yang Bisa Dibeli di ApotekIni Pilihan Obat Cacar Air yang Bisa Dibeli di Apotek

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Penyebab cacar air adalah infeksi virus Varicella zoster, yang dapat menyebar melalui kontak langsung dengan ruam. Hingga saat ini belum ada obat cacar air yang bisa menyembuhkan kondisi tersebut.

Adapun obat yang tersedia sebatas mengelola gejalanya saja. Penyakit ini hanya bisa dicegah dengan vaksinasi cacar air. Nah, mau tahu apa saja obat-obatan yang efektif untuk mengatasi kondisi ini?

Rekomendasi Obat Cacar Air di Apotek

Obat cacar air yang tersedia sebatas mengelola gejala atau mengatasi bekas cacar di kulit. Sebaiknya ketahui 6 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Cacar Air.

Berikut ini rekomendasi obat cacar yang bisa kamu beli di apotek:

1. CTM 4 mg 12 Tablet

Rekomendasi obat cacar air yang pertama adalah CTM 4 mg. Ini merupakan obat anti alergi yang mengandung zat aktif Chlorpheniramine maleat. 

CTM bekerja secara agresif terhadap efek histamin pada reseptor H1, yang dapat menyebabkan efek samping berupa mengantuk. 

Obat cacar ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi gejala alergi seperti rhinitis alergi, urtikaria, bersin-bersin, mata berair, gatal pada mata, hidung, tenggorokan atau kulit.

Rentang harga: Rp1.100 – Rp2.600

Dapatkan CTM 4 mg 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Mederma Proaktif Gel 10 g

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Mederma Proaktif Gel sebagai obat cacar air. Mederma merupakan gel proaktif yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan menjadikan bekas luka lebih halus, lembut, dan elastis. Mederma harus kamu gunakan secara teratur untuk memudarkan bekas luka.

Kisaran harga: Rp168.800.

Dapatkan Mederma Proaktif Gel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Ozen 10 mg 10 Tablet

Ozen 10 mg merupakan obat cacar yang mengandung Cetirizine 10 mg.

Cetirizine merupakan antihistamin yang secara kompetitif dan selektif menghambat reseptor H1 di saluran pencernaan, pembuluh darah, dan saluran pernapasan. 

Obat cacar air ini bisa dokter resepkan untuk mengobati rinitis menahun, rinitis alergi seasonal, konjungtivitis, pruritus, urtikaria idiopatik kronis.

Penting untuk kamu ingat, dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp31.800 – Rp67.300

Dapatkan Ozen 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Clinovir 5% Cream 5 g

Rekomendasi obat cacar selanjutnya adalah Clinovir 5% Cream. Obat cacar air ini mengandung Acyclovir yang juga dapat kamu gunakan untuk mengobati infeksi akibat virus seperti pengobatan infeksi herpes simpleks pada kulit dan membran mukosa, termasuk herpes genital awal dan rekuren.

Rentang harga: Rp44.100 – Rp46.200

Dapatkan Clinovir 5% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Herclov 500 mg 10 Kaplet

Kamu juga dapat memanfaatkan Herclov 500 mg sebagai obat cacar air.

Obat ini mengandung valacyclovir yang biasa dokter gunakan sebagai antivirus untuk mengobati infeksi yang penyebabnya oleh pertumbuhan virus, seperti cacar air dan herpes simplex.

Kisaran harga: Rp220.100

Dapatkan Herclov 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi obat cacar air yang bisa kamu beli di apotek. Dapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan mudah di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. How Smallpox Is Treated.
Healthline. Diakses pada 2023. Smallpox: Types, Symptoms, Vaccines, and Treatment.
Everyday Health. Diakses pada 2023. What Is Smallpox? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan