Ini Rekomendasi Obat Hidung Tersumbat untuk Dewasa di Apotik

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 April 2024

“Ada beberapa pilihan obat hidung tersumbat yang efektif dan mudah ditemukan. Contohnya seperti Vicks Inhaler, Actifed Sirup, sampai dengan Nodrof PE 10 Kaplet yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini Rekomendasi Obat Hidung Tersumbat untuk Dewasa di ApotikIni Rekomendasi Obat Hidung Tersumbat untuk Dewasa di Apotik

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Hidung Tersumbat untuk Dewasa


Halodoc, Jakarta – Ada beberapa gejala yang bisa kamu rasakan saat flu menyerang. Gejala yang paling tidak nyaman tersebut adalah kondisi hidung yang tersumbat. Oleh karena itu, kamu perlu segera mengobatinya dengan beberapa pilihan obat hidung tersumbat.

Namun, untuk mengatasi hidung tersumbat, kamu juga harus mengetahui dulu penyebabnya, apakah karena alergi atau infeksi saluran pernapasan. Alergi atau infeksi bisa membuat pembuluh darah di dalam rongga hidung membengkak akibat peradangan. Alhasil,  rongga hidung menjadi lebih sempit dan aliran udara pun terhambat.

Pilihan Obat Hidung Tersumbat untuk Dewasa

Dokter biasanya akan meresepkan obat untuk hidung tersumbat yang mengandung dekongestan atau antihistamin untuk mengatasi gejala hidung tersumbat. 

Dua senyawa ini akan bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah di dalam rongga hidung sehingga udara bisa mengalir dengan lebih leluasa.

Berikut beberapa pilihan obat hidung tersumbat yang bisa kamu dapatkan di apotik: 

1. Vicks Inhaler

Rekomendasi yang pertama adalah Vicks Inhaler. Produk ini mengandung menthol dan camphor yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat karena pilek. 

Kamu dapat menggunakan Vicks Inhaler sesuai kebutuhan dengan cara menghirup dalam-dalam melalui tiap lubang hidung. 

Tapi, kamu juga perlu berhati-berhati, sebab produk ini dapat menyebabkan efek samping seperti reaksi alergi. 

Rentang harga: Rp15.700 – Rp26.200 per piece.

Dapatkan Vicks Inhaler di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Actifed Sirup 60 ml (Kuning)

Rekomendasi obat hidung tersumbat selanjutnya adalah Actifed Sirup 60 ml (Kuning). Obat ini mengandung pseudoefedrin HCl dan triprolidine, dan kedua kandungan dapat membantu kamu meringankan gejala pilek serta alergi. 

Actifed Sirup 60 ml (Kuning) dapat kamu minum sesudah makan. Lalu, untuk orang dewasa sendiri, dosis pemakaiannya adalah sebanyak 1 sendok takar (5 ml) untuk 3 kali sehari. 

Perlu diperhatikan juga efek samping dari obat ini, seperti mengantuk, gangguan pencernaan, sakit kepala, insomnisa, dan lain-lain.

Rentang harga: Rp68.500 – Rp69.800 per botol. 

Dapatkan Actifed Sirup 60 ml (Kuning) di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Hufagrip BP Dewasa Sirup 60 ml

Obat yang satu ini juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat karena memiliki kandungan  chlorpheniramine maleate, pseudoephedrine, serta dextromethorphan HBr di dalamnya. 

Chlorpheniramine maleate termasuk antihistamin yang dapat mengobati gejala alergi seperti rhinitis dan biduran.  Pseudoephedrine berperan sebagai nasal dekongestan sehingga bisa mengatasi masalah hidung tersumbat. 

Sementara dextromethorphan HBr bisa menekan batuk karena iritasi tenggorokan dan bronkial ringan. 

Untuk pemakaiannya sendiri, kamu bisa mengkonsumsi Hufagripp BP Dewasa Sirup 60 ml sebanyak 1 sendok takar untuk 3 kali sehari setiap sesudah makan. 

Rentang harga: Rp15.100 – Rp24.400 per botol. 

Dapatkan Hufagripp BP Dewasa Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Simnos Sirup 60 ml

Simnos Sirup 60 ml adalah obat hidung tersumbat yang juga memiliki chlorpheniramine maleate dan pseudoephedrine HCI. Alhasil bisa meredakan gejala bersin dan hidung yang tersumbat karena pilek. 

Simnos Sirup 60 ml dianjurkan untuk diminum sesudah makan sebanyak 3 kali sehari (10 ml). Lalu, untuk anak usia 2-5 tahun, dosisnya cukup 2.5 ml sebanyak 3 kali sehari. 

Rentang harga: Rp42.700 – Rp48.600 per botol. 

Dapatkan Simnos Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Fluanza 10 Kaplet

Fluanza 10 Kaplet adalah obat hidung tersumbat dengan kandungan paracetamol dextromethorphan hydrobromide, phenylpropanolamine hydrochloride, dan chlorpheniramine maleat. 

Paracetamol berguna untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri, dextromethorphan hydrobromide untuk meredakan batuk, phenylpropanolamine hydrochloride dapat mengencerkan dahak, dan chlorpheniramine maleat yang dapat meredakan alergi. 

Untuk orang dewasa, Fluanza 10 Kaplet dapat diminum 3 sendok takar untuk 3 kali sehari. 

Rentang harga: Rp15.500 per strip. 

Dapatkan Fluanza 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 

6. Paramex Flu & Batuk PE 4 Tablet

Paramex Flu & Batuk PE 4 Tablet adalah obat yang dapat membantu meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang disertai batuk kering atau tidak berdahak. 

Obat hidung tersumbat ini dapat diminum 3 kali sehari sebanyak 1 tablet. Sementara untk anak 6-12 tahun bisa minum obat ini dengan dosis ½ tablet untuk 3 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp2.800 per strip. 

Dapatkan Paramex Flu & Batuk PE 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

7. Nodrof PE 10 Kaplet

Rekomendasi obat hidung tersumbat yang terakhir adalah Nodrof PE 10 Kaplet. Obat ini mengandung parasetamol, phenylephrin, dan diphenhydramine di dalamnya. 

Obat ini tak hanya dapat membantu kamu saat hidung tersumbat, jika kamu merasakan demam, sakit kepala, serta bersin-bersin, kamu juga dapat mengandalkan obat ini untuk meredakan gejala-gejala tersebut. 

Nodrof PE 10 Kaplet dapat dikonsumsi 3 kali sehari 1 kaplet. 

Rentang harga: Rp7.900 – Rp9.000 per strip. 

Dapatkan Nodrof PE 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah berbagai pilihan obat hidung tersumbat di apotik untuk dewasa yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat.

Selain dengan obat flu hidung tersumbat, kamu juga bisa menerapkan cara ini untuk meringankan gejala: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dilakukan di Rumah.

Akan tetapi, jika kondisi tak kunjung membaik, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. 

Kamu juga bisa cari obat lain yang sesuai dengan rekomendasi dokter di  Toko Kesehatan Halodoc

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. 5 Ways to Get Rid of a Stuffy Nose.
Healthline. Diakses pada 2023. How to Clear a Stuffy Nose.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan