• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kadar Kolesterol Tinggi, Turunkan dengan Cara Alami Ini

Kadar Kolesterol Tinggi, Turunkan dengan Cara Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Kolesterol bagi tubuh memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk menjaga dinding sel tubuh menjadi lebih fleksibel, dan diperlukan untuk fungsi kerja beberapa hormon. Namun, seperti apa pun di dalam tubuh, terlalu banyak kolesterol bisa menimbulkan masalah. Oleh karena itu, berbagai cara turunkan kolesterol bisa diterapkan  supaya tidak mengganggu kesehatan. 

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), pilihan gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebab utama kolesterol tinggi. Sayangnya, saat memiliki kolesterol tinggi, tidak akan ada gejala yang muncul. Padahal, mereka dengan mudah memicu risiko penyakit jantung dan stroke

Baca juga: Ini Perbedaan Jenis Kolesterol yang Harus Diketahui

Nah, berikut ini langkah alami yang bisa kamu lakukan sebagai cara turunkan kolesterol:

  • Makanlah Serat Larut Air. Serat larut adalah sekelompok senyawa yang berbeda dan terkandung dalam tanaman, tetapi ia tidak dapat dicerna manusia. Nah, bakteri baik yang hidup di usus dapat mencerna serat larut. Bakteri baik ini, juga disebut probiotik, dapat mengurangi kedua jenis lipoprotein berbahaya, LDL dan VLDL.  Melansir Healthline, penelitian terhadap 30 orang dewasa, dengan mengonsumsi 3 gram suplemen serat larut setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan LDL sebesar 18 persen. Nah, beberapa sumber serat larut air yang bisa dikonsumsi termasuk kacang, kacang polong dan lentil, buah, gandum dan biji-bijian utuh. 

  • Olahraga. Olahraga adalah solusi terbaik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas, tetapi juga mengurangi LDL berbahaya dan meningkatkan HDL bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang sederhana. Dua belas minggu latihan kombinasi aerobik dapat mengurangi LDL teroksidasi yang berbahaya pada wanita yang alami kelebihan berat badan. Sementara olahraga intensitas rendah seperti berjalan dapat meningkatkan HDL, sehingga dengan melakukan olahraga lebih lama dan lebih intens akan meningkatkan manfaatnya. 

Baca juga: 6 Makanan untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

  • Menurunkan Berat Badan. Cara turunkan kolesterol selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menurunkan berat badan. Pola makan memengaruhi cara tubuh menyerap dan memproduksi kolesterol. Penurunan berat badan pada salah satu diet akan meningkatkan penyerapan kolesterol dari makanan dan menurunkan pembentukan kolesterol baru dalam tubuh. Secara keseluruhan, penurunan berat badan memiliki manfaat ganda pada kolesterol dengan meningkatkan HDL bermanfaat dan mengurangi LDL berbahaya.

  • Jangan Merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dalam beberapa cara. Salah satunya dengan mengubah cara tubuh menangani kolesterol. Sel-sel kekebalan pada perokok tidak dapat mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh ke darah untuk diangkut ke hati. Kerusakan ini terkait dengan tar tembakau, dan bukan nikotin. Sel-sel kekebalan yang disfungsional ini bisa berkontribusi pada pengembangan arteri tersumbat yang lebih cepat pada perokok. Merokok juga dikaitkan dengan penurunan kadar HDL dan peningkatan kolesterol total. Untungnya, berhenti merokok dapat membalikkan efek berbahaya ini.

Baca juga: Tips Menurunkan Kolesterol untuk Pekerja Kantoran

Itulah cara menurunkan kolesterol sederhana yang bisa kamu lakukan. Jika kamu khawatir mengidap kolesterol tinggi, maka tidak perlu lagu untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Sebelumnya, kamu bisa buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah. Penanganan yang dilakukan sejak dini adalah hal tepat dilakukan untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Natural Ways to Lower Cholesterol.