Mudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu Diatasi

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   17 Februari 2020
Mudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu DiatasiMudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu Diatasi

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu merasa lemah dan lesu yang tak berkesudahan? Meski kamu berusaha untuk semangat, tubuh rasanya tidak memiliki tenaga untuk bergerak atau melakukan aktivitas lainnya. Nah, kamu perlu waspada. Bisa jadi itu adalah tanda anemia yang perlu diatasi. Menurut American Society of Hematology, anemia adalah kondisi kadar sel darah merah (hemoglobin) yang rendah dalam tubuh.

Hemoglobin yang kaya zat besi ini bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke otak dan organ-organ lainnya. Aliran oksigen yang lancar ini akan memperlancar reaksi-reaksi kimia pada tubuh untuk menghasilkan energi. Jadi, kalau tubuh kekurangan hemoglobin, tidak heran kamu jadi merasa mudah lelah.

Baca juga: 3 Fakta Tentang Anemia Defisiensi Zat Besi dan Folat

Selain mudah lelah, ada beberapa tanda anemia lainnya yang juga perlu kamu waspadai, yaitu:

1. Kelelahan yang Tiada Henti

Kalau kamu merasa lelah sepanjang waktu selama satu bulan atau lebih, bisa jadi tubuh kamu memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Sebab, energi tubuh amat tergantung pada oksidasi sel darah merah. Singkatnya, jika sel darah merah rendah, tingkat oksidasi di bagian tubuh akan berkurang.

2. Dada Terasa Sakit

Kondisi ini bisa terjadi kalau hanya sedikit sel darah merah yang beredar dalam tubuh kamu. Jantung jadi harus bekerja ekstra untuk memindahkan sel darah merah ke seluruh tubuh. Seperti dilansir Reader's Digest, inilah alasan kenapa yang membuat dada kamu akan terasa nyeri. Sebab jantung akan berdetak lebih cepat, sehingga menimbulkan ketegangan di bagian dada.

Baca juga: 5 Jenis Asupan Makanan untuk Pengidap Anemia

3. Sakit Kepala

Pengidap anemia enggak jarang akan merasakan sakit kepala secara terus-menerus. Kekurangan darah merah akan membuat otak kekurangan aliran oksigen, sehingga fungsinya tidak optimal.

4. Peradangan atau Nyeri pada Lidah

Kadar zat besi dalam tubuh yang rendah juga akan menyebabkan masalah pada mulut, khususnya lidah. Pengidap anemia lidahnya akan berubah warna menjadi pucat dan sedikit membengkak. Menurut National Library of Medicine, kekurangan oksigen juga akan menimbulkan masalah pada lidah seperti bagian tubuh lainnya. Biasanya, lidah pengidap anemia akan timbul peradangan atau terasa nyeri.

5. Ngidam

Salah satu gejala yang sering diabaikan dari anemia adalah timbulnya untuk mengonsumsi makanan tertentu. Apa kamu pernah mengalaminya? Umumnya gejala seperti ini sering dijumpai pada wanita yang sedang hamil.

Biasanya, orang dengan anemia cenderung menginginkan es batu, permen, baking soda, atau makanan lainnya. Menariknya, para ahli belum mengetanui mengapa hal ini terjadi. Namun, menurut ahli dari University of Chicago, AS, ngidam adalah tanda yang umum dari pengidap anemia.

Baca juga: Termasuk Jenis Anemia, Apa Itu Anemia Aplastik?

6. Kulit Pucat

Jangan berharap kamu akan memiliki kulit yang tanpak sehat bila kekurangan sel darah merah. Soalnya tanpa peran zat besi dan vitamin B12, pasokan darah ke bagian kulit akan semakin menurun. Ujung-ujungnya akan membuat warna kulitmu menjadi pucat, bahkan tampak menguning, lho.

7. Sistem Imun Menurun

Zat antibodi enggak akan diproduksi secara maksimal jika tubuh kekurangan nutrisi seperti zat besi. Oleh sebab itu, pengidap anemia cenderung memiliki sitem imun yang tidak optimal. Orang dengan anemia juga rentan terhadap beberapa pernyakit, seperti batuk, flu, atau infeksi kulit.

Itulah beberapa tanda anemia yang perlu diwaspadai. Agar anemia enggak menimbulkan masalah kesehatan lainnya, kamu sebaiknya perlu meminta saran dari ahli untuk mengatasinya. Kamu bisa membicarakan masalah anemia pada dokter di Halodoc lewat chat, kapan dan di mana saja. Halodoc juga memudahkan kamu untuk membeli obat, vitamin, dan produk kesehatan lainnya yang dibutuhkan untuk mengatasi anemia.

 

Referensi:
American Society of Hematology. Diakses pada 2020. Anemia.
WebMD. Diakses pada 2020. Understanding Anemia Symptoms.
Healthline. Diakses pada 2020. Anemia.
Pediatric Clerkship, University of Chicago. Diakses pada 2020. Anemia.
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. 10 Silent Symptoms of Anemia You Shouldn’t Ignore.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan