Kaya Nutrisi, Ini Berbagai Manfaat Salak bagi Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 November 2021
Kaya Nutrisi, Ini Berbagai Manfaat Salak bagi KesehatanKaya Nutrisi, Ini Berbagai Manfaat Salak bagi Kesehatan

“Buah salak adalah buah yang cukup melimpah di Indonesia. Tahukah kamu bahwa manfaat salak untuk kesehatan juga sangat banyak. Ia bisa dimakan langsung atau diolah menjadi makanan seperti manisan atau asinan yang menyegarkan. Dengan rutin konsumsi buah salak, maka akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.”

Halodoc, Jakarta – Buah salak adalah buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang juga disebut sebagai snake fruit ini memiliki kulit yang bersisik seperti ular.  Bahkan di Indonesia telah dikenal berbagai jenis salak, seperti salak condet, salak bali, salak pondoh, dan salak sidempuan. Manfaat salak juga ternyata cukup banyak dan ia memiliki rasa yang manis dan agak masam sehingga banyak yang menyukainya. 

Manfaat salak untuk kesehatan ini datang dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tetapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, misalnya vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi. Selain itu, ada juga beberapa kandungan senyawa kimia lain pada buah salak yang bermanfaat, seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Buah Salak Picu Konstipasi Bagi Ibu Hamil

Manfaat Salak untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat salak untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

  • Mencegah Risiko Kanker Prostat
Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Salak bagi Tubuh

Manfaat salak yang pertama adalah mencegah risiko kanker prostat.  Ini karena di dalam buah salak terdapat kandungan yang bernama pektin, yakni senyawa serupa dengan karbohidrat kompleks yang didapat dari dinding sel sebuah tumbuhan, termasuk buah salak. Penelitian dari Integrative Cancer Therapies menjelaskan bahwa saat kamu mengonsumsi buah yang mengandung pektin, maka ini dapat menghambat tumbuhnya sel kanker sebanyak 54 persen.

  • Mengatasi Sembelit
Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Salak bagi Tubuh

Nyatanya masih ada orang yang beranggapan bahwa kamu bisa sembelit jika konsumsi buah salak, padahal anggapan tersebut keliru. Sembelit memang bisa terjadi karena tekstur buah salak yang padat dan kamu mengonsumsinya tanpa diimbangi dengan makanan sehat lainnya. Namun, jika kamu menyisakan sedikit kulit ari tipisnya untuk dimakan, diduga ini akan melancarkan pencernaan. Sebab kulit tipis ini mengandung serat yang baik untuk pencernaan. 

  • Menyehatkan Tulang
Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Salak bagi Tubuh

Banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu atau daging saja, padahal buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Manfaat buah salak ini datang karena didalamnya terdapat kalsium yang dibutuhkan tulang.  Bahkan di dalam salak terdapat kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. 

Baca juga: Sudah Tahu Ini? 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

  • Mengatasi Kondisi Anemia
Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Salak bagi Tubuh

Wanita lebih sering mengalami gejala anemia karena mereka kerap kehilangan zat besi akibat mengalami menstruasi. Jika gejala anemia terjadi seperti lemas, maka kamu bisa coba makan buah salak. Sebab manfaat buah salak lainnya termasuk dapat mengatasi kondisi anemia yang mengkhawatirkan. Ini karena buah salak mengandung zat besi dan thiamin yang bisa membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

  • Baik untuk Kesehatan Mata
Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Salak bagi Tubuh

Manfaat buah salak selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini datang karena kandungan antioksidan beta karoten di dalam buah salak sehingga ia akan membantu menyembuhkan cacat mata seperti rabun dekat. Selain itu, betakaroten dalam buah salak diduga lima kali lebih banyak, daripada semangka dan mangga.

  • Menyehatkan Jantung
Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Salak bagi Tubuh

Manfaat buah salak juga bisa menyehatkan jantung. Ini karena buah salak kaya akan kandungan kalium yang menyehatkan jantung. Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi di dalam buah salak juga dapat membantu menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu pengaturan air dalam tubuh.

Baca juga: Ini Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Diabaikan 

Itulah beberapa manfaat salak untuk kesehatan. Namun, jika kamu masih ingin tahu khasiat lain buah salak atau batas aman mengonsumsi salak, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc akan selalu siaga menjawab pertanyaan dan memberikan solusi kesehatan yang tepat. Tunggu apa lagi, yuk ambil smartphone-mu sekarang dan download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Medindia. Diakses pada 2021. Health Benefits of Salak Fruit.
Organic Facts. Diakses pada 2021. Nutrition Facts & Health Benefits of Salak (Snake Fruit).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan