Kenali 3 Jenis dan Gejala Sakit Mata Pada Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   20 September 2021
Kenali 3 Jenis dan Gejala Sakit Mata Pada Kucing PeliharaanKenali 3 Jenis dan Gejala Sakit Mata Pada Kucing Peliharaan

“Sakit mata dapat terjadi pada manusia dan hewan, termasuk juga kucing. Ada banyak jenis sakit mata pada kucing yang bisa terjadi dan beberapa dapat menyebabkan kebutaan. Untuk itu, kamu harus tahu tentang semua jenis gangguan pada mata ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.”

Halodoc, Jakarta – Kucing termasuk salah satu hewan yang rentan untuk terkena penyakit. Ada banyak jenis gangguan yang dapat terjadi, mulai dari kulit, telinga, dan mata. Terkadang mungkin kamu melihat mata kucing mengeluarkan cairan tanpa alasan yang jelas. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis sakit mata pada kucing disertai dengan gejalanya di sini!

Jenis dan Gejala Sakit Mata pada Kucing

Kamu mungkin menemukan kucing terus mengedipkan mata dan menjadi lebih sering untuk menggosok bagian penglihatannya. Bahkan, kamu mungkin melihat matanya memerah dan mengeluarkan air hingga sulit untuk dibuka. Sebagai pemilik kucing, penting untuk mengetahui segala jenis sakit mata pada kucing disertai dengan gejalanya agar tidak salah melakukan pengobatan.

Baca juga: Cara Mengatasi Infeksi Mata Kucing yang Merah

Meski tidak seberisiko anjing, gangguan mata yang terjadi pada kucing seringnya bersifat kronis. Ada beberapa jenis gangguan mata yang rentan terjadi pada kucing. Nah, berikut beberapa jenis sakit mata pada kucing:

1. Konjungtivitis

Gangguan yang disebut juga dengan mata merah muda ini terjadi saat selaput lendir yang melapisi bagian luar bola mata, dan bagian dalam kelopak mata mengalami peradangan. Layaknya gangguan konjungtivitis pada manusia, kondisi ini sangat menular yang penyebarannya hanya terjadi di antara kucing. 

Lalu, apa saja gejala yang perlu kamu ketahui?

Gejala yang paling jelas dari sakit mata pada kucing ini adalah mata berair. Masalah ini dapat disertai dengan kotoran mata yang mungkin jernih atau berwarna abu-abu, kuning, dan bahkan hijau. Bagian dalam mata mungkin terlihat bengkak atau memerah. Gangguan ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata. Gejala lainnya yang dapat terjadi adalah penyakit saluran pernapasan atas, seperti bersin atau mengeluarkan cairan dari hidung.

2. Infeksi Mata

Infeksi juga dapat terjadi sebagai salah satu sakit mata pada kucing. Gangguan ini memang termasuk penyakit yang umum terjadi pada hewan peliharaan kamu ini. Masalah ini kerap terjadi akibat dari infeksi saluran pernapasan atas yang menyebar ke mata. Infeksi yang terjadi dapat menular atau tidak tergantung dari segala penyebabnya.

Baca juga: Cara Menangani Anak Kucing Belekan

Ada berbagai gejala yang dapat timbul saat kucing mengalami infeksi mata. Contohnya, kucing kerap menggosok dan menyipitkan mata. Gejala ini dapat disertai dengan mata yang kemerahan dan bengkak, keluarnya cairan pada mata. Kucing yang mengalaminya juga dapat mengalami bersin-bersin dan keluarnya cairan dari hidung.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait segala penyakit mata yang bisa terjadi pada kucing. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan melalui smartphone di mana saja dan kapan saja. Untuk menikmati kemudahan ini, unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Glaukoma

Glaukoma juga termasuk salah satu sakit mata pada kucing. Kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan pada mata yang disebabkan oleh penumpukan cairan yang berlebihan. Glaukoma adalah kondisi serius yang harus ditangani secepat mungkin untuk mencegah kebutaan atau cacat permanen. Untuk mencegah hal ini, kamu perlu tahu beberapa gejalanya agar masalah dapat dengan cepat teratasi.

Kucing yang mengalami glaukoma umumnya dapat menunjukkan tanda-tanda rasa sakit yang signifikan. Misalnya kerap menggosok mata, menjauh dari pemiliknya, hingga terus mengeong. Di samping itu, mata kucing juga bisa terlihat keruh, berair, atau memerah. Jika sudah parah, bola mata akan terlihat seperti membengkak.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Nah, itulah beberapa sakit mata pada kucing yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik kucing. Saat kamu melihat kucing mengalami beberapa gejala dari gangguan pada mata ini, segeralah temui dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begitu, segala dampak buruk yang mungkin terjadi dapat dihindari. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Hill’s Pet. Diakses pada 2021. Common Cat Eye Problems.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan