Kenali 4 Jenis Gangguan Psikologis pada Lansia

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Agustus 2021
Kenali 4 Jenis Gangguan Psikologis pada LansiaKenali 4 Jenis Gangguan Psikologis pada Lansia

“Gangguan psikologis dapat terjadi pada semua orang, baik tua maupun muda. Pada lansia, ada beberapa jenis gangguan psikologis yang perlu mendapatkan perhatian khusus karena tidak sedikit yang mengidapnya.”

Halodoc, Jakarta – Kesehatan mental sangat perlu dijaga layaknya kesehatan fisik bagi semua orang. Faktanya, semua orang dapat mengalami masalah terkait mental tanpa terpaut umur, baik muda maupun tua.

Pada lansia, gangguan psikologis yang terjadi dapat menjadi masalah yang serius. Namun, apa saja sih jenis gangguan psikologis yang rentan untuk terjadi pada lansia? Ketahui jawabannya di sini!

Baca juga: 4 Gangguan Psikologis yang Sering Dialami Anak Muda

Berbagai Gangguan Psikologis yang Rentan pada Lansia

Belakangan ini, kebanyakan orang hanya fokus pada kesehatan mental pada anak muda. Padahal, kesehatan mental pada orang yang berusia tua juga penting untuk dijaga dan mendapatkan perawatan yang benar. Disebutkan jika lansia yang mengidap gangguan psikologis dapat mengembangkan beberapa kondisi medis, seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, dan masih banyak lainnya.

Ada beberapa jenis gangguan psikologis yang rentan untuk terjadi pada lansia. Dengan mendapatkan diagnosis lebih dini, penanganan yang tepat bisa langsung dilakukan. Segala komplikasi yang disebabkan oleh gangguan psikologis juga dapat dicegah. Nah, berikut adalah beberapa gangguan psikologis yang rentan untuk terjadi pada lansia:

1. Depresi

depresi

Depresi adalah salah satu gangguan psikologis pada lansia yang kerap menyerang. Jika tidak diobati, masalah ini bisa menyebabkan gangguan fisik dan mental, serta menghambat fungsi sosial untuk orang-orang di sekitarnya. Bukan hanya itu, depresi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis lainnya semakin sulit diobati.

Gejala umum depresi pada lansia, antara lain perasaan sedih yang berkelanjutan, mengalami masalah tidur, merasakan ketidaknyamanan pada fisik, hingga menjauhkan diri dari segala aktivitas yang disenangi sebelumnya. Jika orangtua kamu mengalami masalah ini, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter agar gangguan psikologisnya dapat lebih baik.

Baca juga: 10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu

2. Gangguan Kecemasan

gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan gangguan psikologis pada lansia yang juga rentan menyerang. Terkadang, gangguan kecemasan dapat terjadi bersamaan dengan depresi. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, hampir setengah orang tua yang mengidap gangguan kecemasan juga mengalami depresi.

Masalah pada lansia ini kurang terdiagnosis karena lebih mengedepankan masalah fisik dan meremehkan gangguan psikologis. Wanita lebih rentan terserang gangguan ini dibandingkan pria.

Apabila orang tua kamu sekiranya mengalami gangguan psikologis, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan untuk memastikannya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa memesan pemeriksaan ini di beberapa rumah sakit ternama yang sudah bekerja sama. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan ini!

3. Gangguan Bipolar

bipolar

Lansia juga rentan mengidap gangguan bipolar sebagai gangguan psikologis. Masalah ini sering ditandai dengan perubahan suasana hati yang tidak biasa dan sering salah diagnosis dengan proses penuaan, terutama dengan gangguan seperti demensia dan penyakit Alzheimer. Gejala lansia yang mengidap gangguan bipolar cenderung menjadi lebih gelisah dan mudah tersinggung.

Baca juga: 4 Gangguan Mental yang Terjadi Tanpa Disadari

4. Gangguan Makan

gangguan makan

Gangguan psikologis lainnya yang rentan terjadi pada lansia adalah gangguan makan. Contoh beberapa masalah yang dapat terjadi adalah bulimia dan anoreksia nervosa. Gangguan mental ini mungkin sulit untuk terdeteksi di awal dan akhirnya terlambat diobati serta mampu menimbulkan masalah yang sangat berbahaya.

Itulah beberapa gangguan psikologis pada lansia yang rentan untuk terjadi. Apabila orang tua kamu ada yang mengalami masalah seperti yang telah disebutkan, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini sangat penting dilakukan agar dampak buruk yang lebih besar dapat dihindari dan kesehatannya tetap terjaga.

Referensi:
Caring People. Diakses pada 2021. Four Common Mental Illnesses in the Elderly: Learn the Risk Factors and Symptoms to Watch for.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan