Kenali 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 April 2024

“Kolesterol tinggi memicu komplikasi serius, sebut saja penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh umumnya disebabkan oleh pola makan tidak sehat, jarang berolahraga, hingga stres.”

Kenali 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol TinggiKenali 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Kolesterol Ampuh


Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi terjadi ketika ada terlalu banyak zat lemak di dalam darah. Tingginya kadar lemak di dalam darah ini bisa menyebabkan penyumbatan arteri dan terkadang endapan lemaknya bisa pecah secara tiba-tiba lalu membentuk gumpalan yang membuat pengidapnya berisiko terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. 

Ada dua jenis kolesterol: lipoprotein densitas rendah (kolesterol LDL) atau bisa juga disebut kolesterol jahat dan lipoprotein densitas tinggi (kolesterol HDL) atau kolesterol baik. 

Kolesterol jahat (kolesterol LDL) adalah tipe yang dapat menempel pada dinding arteri, dan menyebabkan penyumbatan dan lipoprotein densitas  tinggi. Sementara (kolesterol HDL) atau kolesterol baik membantu membersihkan arteri. Agar kondisi tubuh tetap sehat, jangan biarkan kolesterol LDL tinggi dan kolesterol HDL tidak boleh turun. 

Nah, agar terhindar dari kolesterol tinggi ada beberapa kebiasan harus kamu hindari untuk mencegah, yuk pahami lebih jauh! 

Kebiasaan-Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi

Sudah tahu apa saja kebiasaan keliru yang bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat? Berikut contohnya:

1. Pola makan tidak sehat

Pola makan yang keliru adalah faktor utama penyebab kadar kolesterol tinggi. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula bisa membuat kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) meningkat, dan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) menurun. Beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan antara lain: 

  • Daging merah.
  • Susu atau produk susu penuh lemak lainnya.
  • Mentega.
  • Kerang.
  • Telur.

Nah, satu jenis lagi yang harus dihindari adalah makanan dengan lemak trans. Lemak jenis ini juga bisa meningkatkan kolesterol jahat  dan menurunkan kadar kolesterol baik. Kamu bisa cari alternatif makanan dengan rendah lemak trans seperti kue kering, kerupuk, dan margarin. 

Mau tahu pilihan obat yang ampuh mengatasi kolesterol tinggi? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Kolesterol Paten yang Ampuh di Apotek”.

2. Riwayat masalah kesehatan yang tidak ditangani

Beberapa penyakit lain juga dapat berdampak buruk terhadap tingginya kolesterol, apalagi jika penyakit itu tidak kamu obati dan tidak mendapatkan perawatan. Contoh seperti diabetes, obesitas, hipotiroidisme, dan penyakit ginjal. 

3. Jarang berolahraga

Olahraga dapat menjaga bobot tubuh agar tetap ideal. Sebaliknya, jarang berolahraga bisa membuat berat badan meningkat, sehingga kadar kolesterol pun ikut naik.

Selain itu, hindari juga kebiasaan duduk terlalu lama. Sebab kebiasaan ini berhubungan dengan obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Terlalu lama duduk juga bisa membuat kolesterol HDL yang membantu menyingkirkan kolesterol LDL menurun. 

Kolesterol bisa dikendalikan dengan olahraga teratur. Kamu tidak harus melakukan olahraga berat, 40 menit berjalan kaki, berenang, dan bersepeda juga cukup. Jika pekerjaanmu menyita waktu, coba bangun dan bergerak setiap 30 menit.

4. Gaya hidup yang tidak sehat

Kurang tidur dan merokok adalah contoh dari kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa membuat kadar kolesterol menjadi tinggi. Tingkat kolesterol LDL bisa meningkat jika kamu jam tidurmu tidak cukup.

Sementara itu, rokok mengandung bahan kimia yang bisa merusak dinding pembuluh darah, dan membuat kolesterol jahat mudah untuk menempel. Bahkan, rokok juga menurunkan kadar kolesterol baik yang berakibat pada menyempitnya pembuluh darah dan mengentalnya darah.

5. Stress

Ketika kamu stres, tubuhmu akan memproduksi kortisol, hormon yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Nah, tapi, selain mempengaruhi hormon, orang yang sedang dilanda stres juga bisa melampiaskannya dengan kebiasaan yang keliru.

Contohnya, makan makanan yang kurang sehat, jadi malas berolahraga, atau merokok. Kebiasaan tersebut justru membuat kolesterol dalam tubuh semakin meningkat. 

Rekomendasi Obat Kolesterol Ampuh

Untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, kamu dapat menggunakan sejumlah obat kolesterol ampuh berikut ini:

1. Flimty Fiber Rasa Raspberry 1 Sachet

Rekomendasi obat kolesterol pertama yang bisa kamu gunakan adalah Flimty Fiber Rasa Raspberry 1 Sachet. Obat ini merupakan minuman segar kaya serat bernutrisi tinggi yang bermanfaat mengurangi kadar kolesterol.

Dengan cara mengikat minyak, tepung, dan lemak pada makanan, obat ini dapat membantu membuang zat toxin pada makanan melalui BAB dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Dosis penggunaan obat ini untuk kegunaan sehari-hari adalah 1 sachet per hari (1-2 jam sebelum makan malam). Sementara itu, untuk detox, kamu bisa mengkonsumsi minuman ini 2 sachet per hari (1-2 jam sebelum makan) selama 7 hari.

Wanita hamil, wanita menyusui, dan balita tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini.

Rentang harga: Rp18.500 per sachet.

Dapatkan Flimty Fiber Rasa Raspberry 1 Sachet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Omepros 30 Kapsul

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan obat Omepros 30 Kapsul untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Omepros Kapsul merupakan suplemen makanan dengan kandungan omega 3, omega 6, omega 9, DHA, EPA, dan vitamin E yang membantu mengurangi lemak darah.

Kandungan suplemen pada obat ini membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, dan mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan  sebanyak 1 kapsul 3 kali per hari. Obat ini cocok untuk orang dewasa dengan usia lebih dari 18 tahun hingga usia lanjut, tetapi tidak dianjurkan untuk anak-anak serta ibu hamil dan menyusui.

Rentang harga: Rp161.500 per box.

Dapatkan Omepros 30 Kapsul dari Toko Kesehatan Halodoc.

3. Sea-Quill Z3 Omega-3 50 Kapsul

Kamu juga bisa menggunakan obat Sea-Quill Z3 Omega-3 50 Kapsul untuk membantu mengurangi tingginya kadar kolesterol.

Obat kolesterol ini berperan sebagai vitamin dan suplemen Omega 3 dalam tubuh untuk mengurangi kadar lemak dalam darah.

Selain membantu mengurangi kadar kolesterol, obat ini juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung, mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi reaksi radang, gangguan autoimun dan nyeri, serta memperbaiki metabolisme tubuh.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan dengan takaran 1 softgel 1 kali sehari.

Rentang harga: Rp664.300 – Rp1.161.000 per botol.

Dapatkan Sea-Quill Z3 Omega-3 50 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Gold-G Bio Sea Cucumber 320 ml

Obat kolesterol berikutnya adalah Gold-G Bio Sea Cucumber 320 ml. 

Gold-G Bio Sea Cucumber mengandung cucumber jelly dari teripang spesies Golden Sea Cucumber (Stichopus Variegatus), spesies dengan kandungan gizi dan khasiat penyembuhan tertinggi di antara teripang lain.

Dengan kandungan gamapeptide, produk ini bermanfaat untuk mencegah inflamasi, menurunkan kadar kolesterol. mengurangi rasa sakit, mempercepat penyembuhan luka, serta memelihara sirkulasi darah.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini dengan takaran 2 sendok makan per hari.

Rentang harga: Rp176.800 per botol.

Dapatkan Gold-G Bio Sea Cucumber 320 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Nature’s Health Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil 1080 mg 50 Kapsul

Terakhir, kamu juga bisa mengkonsumsi obat kolesterol Nature’s Health Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil 1080 mg 50 Kapsul.

Obat kolesterol ini merupakan minyak ikan dalam bentuk tablet hisap dengan rasa lemon yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Kaya dengan kandungan astaxanthin, produk ini membantu memelihara kesehatan, meredakan inflamasi, dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa: 2-3 softgel sehari.
  • Anak: 1 softgel sehari dapat dicampur susu atau jus.

Rentang harga: Rp237.100 – Rp379.200 per botol.

Dapatkan Nature’s Health Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil 1080 mg 50 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah,  itu dia sejumlah rekomendasi obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika membutuhkan obat kolesterol dan produk kesehatan lainnya, dapatkan dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc, ya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. High Cholesterol – Symptoms and Causes. 
The Grand Healthcare. Diakses pada 2023. Cholesterol Mistakes Can Ruin Your Health, Avoid These Bad Habits.
Very Well Heath. Diakses pada 2023. 5 Things That Could Adversely Affect Your Cholesterol Levels. 
Web MD. Diakses pada 2023. Things That Can Impact Your Cholesterol Levels.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan