Kenali 5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Overthinking

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Juni 2023

“Untuk mengenali dan mengatasi overthinking perlu adanya kesadaran diri dan kemampuan untuk melawan pikiran negatif. Dengan melakukan beberapa langkah pencegahan bisa membantu mengurangi overthinking dan menjaga kesehatan mental yang lebih baik.”

Kenali 5 Langkah Efektif untuk Mengatasi OverthinkingKenali 5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Overthinking

Halodoc, Jakarta – Overthinking atau terlalu banyak berpikir merupakan kebiasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan mental. Ketika terjebak dalam siklus berpikir, kita sering merasa cemas, stres, dan khawatir akan hal-hal yang belum terjadi atau yang tidak dapat kita kendalikan.

Terlalu banyak berpikir dapat melemahkan kesehatan mental dan kualitas hidup kita. Itulah mengapa penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengatasi overthinking dan menjaga kesehatan mental yang baik. Jaga agar pikiran kita seimbang dan fokus pada hal-hal positif dalam hidup.

Langkah Efektif Atasi Overthinking

Overthinking dapat memengaruhi kualitas hidup kita dan membuat kita sulit merasakan ketenangan. Kamu juga bisa membaca artikel mengenai 5 Dampak Overthinking pada Kesehatan Mental, untuk mengetahui pengaruh dan dampak lainnya yang timbul akibat overthinking.

Berikut adalah langkah-langkah efektif yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental dengan baik:

1. Sadari pola pikir overthinking

Langkah pertama untuk mengatasi overthinking adalah memahami dan mengenali pola pikir tersebut. Perhatikan saat pikiran berlebihan muncul dan apa yang memicunya.

Sadari bahwa terlalu banyak berpikir hanya memperburuk kecemasan dan stres tapi tidak menyelesaikan masalah. Dengan menyadari cara berpikir ini, kita dapat menghentikan siklus berpikir berlebihan setelah dimulai.

2. Tantang pikiran negatif

Overthinking sering muncul karena pikiran negatif yang tidak realistis. Ketika pikiran-pikiran ini muncul, pertanyakan kebenarannya dan cobalah untuk melihat situasi dari perspektif yang lebih objektif.

Tanyakan pada diri sendiri apakah ada bukti nyata untuk mendukung pemikiran ini, atau apakah ada alternatif yang lebih positif. Mengubah pola pikir negatif menjadi positif dapat membantu berhenti berpikir berlebihan.

3. Fokus pada solusi

Hindari kebiasaan overthinking dengan berfokus pada solusi dan tindakan yang bisa kamu ambil. Identifikasi hal-hal yang memicu timbulnya pemikiran yang berlebih dan temukan cara konkret untuk menghadapinya.

Buat rencana tindakan dan langkah-langkah kecil untuk menyelesaikan masalah. Dengan berfokus pada solusi, pikiran lebih fokus dan tidak terjebak dalam lingkaran pemikiran yang berlebihan.

4. Latih kehadiran saat ini

Terlalu banyak berpikir sering terjadi ketika kita terlalu fokus pada masa lalu yang terjadi atau masa depan yang belum terjadi. Berlatihlah untuk hadir pada saat ini dengan melatih kesadaran atau meditasi.

Berfokuslah sejenak pada pengalaman langsung dan sadari pikiran yang muncul tanpa terjebak di dalamnya. Ini membantu mengurangi pikiran berlebih dan memperkuat kemampuan kita untuk tenang di saat ini.

5. Cari dukungan

Terlalu banyak berpikir sering terjadi ketika kita terlalu fokus pada masa lalu yang terjadi atau masa depan yang belum terjadi. Berlatihlah untuk hadir pada saat ini dengan melatih kesadaran atau meditasi.

Berfokuslah sejenak pada pengalaman langsung dan sadari pikiran yang muncul tanpa terjebak di dalamnya. Ini membantu mengurangi pemikiran berlebihan dan memperkuat kemampuan kita untuk tenang di saat ini.

Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kebiasaan overthinking. Jika kamu merasa kebingungan untuk mengendalikan overthinking, kamu bisa berbicara dengan psikolog melalui Halodoc.

Selain itu, nikmati layanan kesehatan mental dengan mudah. Jadi tunggu apalagi, yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. How To Stop Overthinking: Tips and Coping Strategies.
Healthline. Diakses pada 2023. 14 Ways to Stop Overthinking.
Very Well Mind. Diakses pada 2023. How to Stop Overthinking.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan