Ketahui Ciri-Ciri Awal Munculnya Kanker Serviks

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juni 2023

“Sebaiknya jangan abaikan perdarahan yang terjadi di luar siklus menstruasi. Hal ini bisa menjadi ciri-ciri awal kanker serviks yang perlu diwaspadai.”

Ketahui Ciri-Ciri Awal Munculnya Kanker ServiksKetahui Ciri-Ciri Awal Munculnya Kanker Serviks

Halodoc, Jakarta – Kanker serviks adalah kanker yang berkembang di leher rahim atau serviks. Ini adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, sehingga wanita perlu mengetahui ciri-ciri kanker serviks. 

Tidak ada salahnya kamu mengetahui cara sebagai tindakan pencegahan untuk menurunkan risiko kanker serviks. Selain itu, kenali ciri awal kanker serviks yang mungkin terjadi agar kamu dapat segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan baik.

Apa Gejala atau Ciri-Ciri Kanker Serviks pada Wanita?

Kanker serviks merupakan penyakit yang berkembang cukup lambat. Umumnya, gejala baru akan dialami oleh pengidap ketika memasuki stadium lanjut.

Namun, tidak ada salahnya untuk mewaspadai beberapa perubahan yang bisa menjadi ciri awal kanker serviks. Berikut ini ciri-ciri kanker serviks:

1. Perdarahan Vagina Abnormal

Pengidap kanker serviks akan kerap mengalami perdarahan di luar siklus menstruasi atau setelah berhubungan intim. Selain itu, kamu juga bisa mengalami perdarahan saat memasuki masa menopause.

Perdarahan juga dapat terjadi ketika kamu sedang mengalami menstruasi. Kondisi ini membuat aliran darah saat menstruasi menjadi lebih banyak dari biasanya. 

2. Keputihan yang Tidak Normal

Keputihan normal dialami oleh para wanita. Cairan yang keluar biasanya berwarna bening atau putih, tekstur sedikit encer atau kental, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal atau nyeri pada vagina. 

Namun, keputihan yang tidak normal bisa jadi ciri-ciri kanker serviks. Jadi, waspadalah jika keputihan yang kamu alami berbau, menyebabkan gatal, berwarna kekuningan, kehijauan, atau abu-abu, dan bercampur darah. Keputihan yang tidak normal bisa menjadi salah satu ciri awal kanker serviks. 

3. Nyeri Panggul

Kanker serviks dapat menyebabkan pengidapnya mengalami nyeri panggul. Biasanya, nyeri panggul akan semakin memburuk pada malam hari atau setelah melakukan hubungan intim.

4. Ada Darah pada Urine

Urine bisa menjadi indikasi kesehatan tubuh. Saat kamu mengalami munculnya darah pada urine sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. Munculnya darah pada urine bisa menjadi salah satu ciri-ciri kanker serviks. Biasanya, gejala ini akan timbul bersamaan dengan rasa nyeri saat buang air kecil.

5. Nyeri Punggung

Nyeri punggung yang tidak kunjung membaik menjadi salah satu ciri-ciri awal kanker serviks yang perlu kamu waspadai. Ini bisa terjadi akibat sel kanker atau tumor berkembang lebih cepat dan besar.

6. Pembengkakan Kaki

Pembengkakan pada kaki bisa terjadi ketika tumor ganas menekan kelenjar getah bening. Ini adalah ciri-ciri kanker serviks yang perlu kamu waspadai, sebelum benar-benar menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Lebih lanjut mengenai gejala kanker serviks stadium awal, bisa kamu baca di sini → Kenali 5 Gejala Kanker Serviks pada Stadium Awal

Berapa Lama Gejala Kanker Serviks Muncul?

ciri ciri kanker serviks

Human papilloma virus (HPV) adalah penyebab umum dari kasus kanker serviks. Lama gejala muncul dari infeksi HPV terjadi hingga menjadi kanker serviks membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. 

Lama gejala muncul pada setiap pengidap kanker serviks tentunya berbeda. Namun, proses berkembangnya kanker sering tidak disadari oleh pengidapnya. Sebab, tahap infeksi HPV hingga pra-kanker ini sebagian besar berlangsung tanpa gejala.

Seperti Apa Warna Darah Kanker Serviks?

ciri ciri kanker serviks

Ciri-ciri kanker serviks mungkin kurang terlihat pada awalnya. Namun, ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan, termasuk warna darah yang keluar dari vagina.

Warna darah yang menunjukkan seorang wanita kemungkinan mengalami kanker serviks adalah coklat kehitaman. Darah berwarna seperti ini biasanya keluar setelah melakukan hubungan intim, tetapi tidak sedang menstruasi.

Itulah beberapa ciri kanker serviks. Ada banyak mitos tentang hal ini yang sebenarnya keliru. Kamu bisa baca selengkapnya di sini → Mitos Tentang Ciri Kanker Serviks yang Terbukti Salah

Jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan terkait kanker serviks, segera lakukan pemeriksaan pap smear di rumah sakit terdekat. 

Melakukan vaksinasi HPV menjadi salah satu hal untuk mencegah kanker serviks. Selain itu, hindari kebiasaan merokok. Melakukan hubungan intim yang sehat juga menjadi salah satu langkah pencegahan kanker serviks. 

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar gangguan kesehatan yang kamu alami bisa terdeteksi lebih dini. Hubungi dokter di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Referensi:
Health Expectations. Diakses pada 2023. Awareness of Cervical Cancer Risk Factors and Symptoms: Cross‐Sectional Community Survey in Post‐Conflict Northern Uganda.
Cancer Council. Diakses pada 2023. Cervical Cancer.
Gyn Wellness Center. Diakses pada 2023. Spotting The Warning Signs of Cervical Cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cervical Cancer.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Symptoms of Cervical Cancer.
Halodoc. Diakses pada 2023. Warna Darah Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai.
Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Diakses pada 2023. Waspadai Kanker Leher Rahim.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan