Ketahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Gabriella Florencia   26 Juli 2023
Ketahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi KesehatanKetahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Probiotik adalah mikroorganisme (bakteri dan jamur) hidup yang apabila diberikan dalam jumlah yang cukup pada tubuh bisa memberikan manfaat kesehatan. Perlu diketahui, jika bakteri ada yang baik dan jahat. Nah, probiotik ini menjadi bakteri baik untuk kesehatan kamu. Di dalam tubuh manusia ada probiotik alami yang bisa ditemukan di dalam tubuh seperti pada saluran pencernaan.

Baca juga: Agar Tidak Keliru, Ketahui Perbedaan Prebiotik dan Probiotik

Apa itu Minuman Probiotik?

Minuman probiotik adalah minuman yang mengandung sejumlah bakteri probiotik. Minuman probiotik biasanya memiliki rasa yang enak, segar, dan aman dikonsumsi siapa pun. Minuman probiotik bisa diolah dengan mencampurnya bersama buah untuk jus atau ice blended. Minuman probiotik bisa diminum kapan saja dan siapa saja, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Saat ini, banyak minuman probiotik berbagai merek beredar di pasaran. Minuman probiotik harus disimpan pada kondisi penyimpanan dengan suhu dan tingkat keasaman tertentu untuk mencegah mikroorganisme di dalamnya tidak mati. Sebaiknya, simpan minuman probiotik pada suhu lemari es, sekitar 4 derajat Celcius untuk menjaga bakteri probiotik tetap optimal.

Dilansir dari WebMD, berikut ini jenis bakteri probiotik yang perlu diketahui:


1. Lactobacillus

Ini merupakan jenis probiotik yang paling banyak digunakan. Probiotik ini biasanya ditemukan dalam yogurt atau makanan hasil fermentasi lain. Manfaat probiotik ini untuk meringankan diare dan membantu alergi laktosa.


2. Bifidobacteria

Bakteri ini paling banyak ditemukan dalam usus besar. Manfaatnya adalah untuk meringankan gejala sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome).


3. Streptococcus thermophilus

Bakteri ini bisa memproduksi enzim laktase yang bisa mencegah intoleransi laktosa. Probiotik ini banyak dimanfaatkan dalam memproses makanan.


4. Saccharomyces

Ini adalah probiotik dari jamur yang banyak digunakan untuk mencegah dan mengobati diare. Manfaat lainnya untuk meredakan jerawat dan mengurangi efek samping pengobatan radang lambung yang disebabkan oleh bakteri jenis H. pylori.

Baca juga: 4 Masalah Pencernaan Akibat Kekurangan Probiotik


Apa Saja Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan?

Probiotik ini memiliki fungsi membantu menjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, melawan bakteri jahat yang ada di dalam usus dan mencegah terjadinya peradangan pada bagian usus. Di dalam minuman probiotik, bakteri Lactobacillus casei sering ditemukan dalam yogurt.

Dilansir dari Healthline, probiotik baik untuk mencegah dan mengatasi masalah diare. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi minuman probiotik ketika kamu mengalami gejala diare agar kondisi ini dapat diatasi dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat minuman probiotik lainnya adalah membuat tubuh melawan bakteri, jamur, dan virus yang hinggap ke tubuh. Selain itu, manfaat minuman probiotik antara lain berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara memelihara keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus.

Tidak hanya untuk sistem pencernaan, mengonsumsi minuman probiotik juga meningkatkan kesehatan mental. Dilansir dari Healthline, rutin mengonsumsi minuman probiotik dapat menurunkan tingkat depresi dalam tubuh.

Meskipun manfaat minuman probiotik baik untuk kesehatan, ada baiknya bila ingin mengonsumsi minuman probiotik selalu memperhatikan dengan cermat label dalam kemasan produk atau suplemen yang mengandung probiotik. Perlu juga dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bernutrisi, melakukan olahraga, dan istirahat dengan teratur. Dengan begitu, usus bisa terjaga kesehatannya.

Baca juga: Alasan Pentingnya Konsumsi Makanan Kaya Prebiotik

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat probiotik, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Untuk mempermudah berkomunikasi dengan dokter, kamu bisa bertanya pada dokter yang ada di aplikasi Halodoc kapan saja dan di mana saja. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store maupun Google Play.

 

 Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Health Benefits of Probiotics
Web MD. Diakses pada 2020. What Are Probiotics
Medicine Net. Diakses pada 2020. Probiotics

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan