Ketahui Penyebab Sakit Lutut Parah yang Tak Tertahankan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Desember 2018
Ketahui Penyebab Sakit Lutut Parah yang Tak TertahankanKetahui Penyebab Sakit Lutut Parah yang Tak Tertahankan

Halodoc, Jakarta – Sakit lutut adalah kondisi yang bisa menyerang kapan saja dan terjadi ke siapa saja. Selain serangan nyeri yang datang secara tiba-tiba, sakit lutut yang terjadi pun sering tidak tertahankan bisa sangat mengganggu aktivitas harian. Sebenarnya, apa saja penyebab nyeri lutut yang menimbulkan gejala parah?

Mengetahui penyebab sakit lutut yang menyerang bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah hal itu terjadi lagi. Kamu juga bisa mengendalikannya dengan baik dan mengetahui cara yang paling dibutuhkan untuk mengatasi nyeri lutut yang tiba-tiba menyerang. Berikut sejumlah penyebab sakit lutut parah yang perlu diketahui!

  • Cedera Lutut

Nyeri lutut yang tiba-tiba menyerang bisa menjadi gejala adanya cedera di area tersebut. Cedera pada lutut bisa menyebabkan terjadinya gangguan yang memengaruhi ligamen dan tendon di sekitar sendi lutut dan tulang. Ada beberapa jenis cedera lutut yang bisa terjadi, mulai dari anterior cruciate ligament (ACL), patah tulang, bursitis lutut, hingga cedera di tulang rawan.

  • Asam Urat

Nyeri lutut juga bisa terjadi sebagai gejala penyakit tertentu, salah satunya penyakit asam urat. Ada beberapa gejala yang sering muncul saat penyakit ini mulai menyerang, terutama di area lutut. Mulai dari rasa panas, nyeri tak tertahankan, hingga lutut menjadi kemerahan.

Hal ini bisa terjadi karena lutut memproduksi asam urat secara berlebihan dan membentuk kristal di sendi. Secara perlahan, kondisi tersebut menyebabkan lutut bisa meradang dan memicu munculnya nyeri tak tertahankan. Dalam kondisi yang lebih parah, asam urat bisa menyebabkan pengidapnya kesulitan untuk berjalan dengan normal, hingga tidak bisa menggerakkan lutut.

  • Arthritis

Infeksi juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa nyeri di lutut, misalnya arthritis. Nyatanya, kondisi ini merupakan penyebab umum munculnya rasa nyeri di bagian lutut. Pada dasarnya, ada beberapa jenis arthritis yang perlu diketahui dan bisa terjadi, mulai dari osteoarthritis yang sering menyerang karena pertambahan usia, rheumatoid arthritis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri, hingga arthritis akibat infeksi.

  • Infeksi pada Tulang

Nyeri di lutut bisa dipicu oleh infeksi di area lain, misalnya tulang. Infeksi yang sering terjadi di tulang alias osteomyelitis, biasanya disebabkan oleh serangan bakteri atau jamur. Kondisi ini bisa memicu rasa nyeri pada tulang lutut dan jaringan lain. Terkadang, kondisi ini bisa memicu gejala lain, seperti demam dan mudah merasa dingin, serta rasa panas hingga pembengkakan di lutut.

  • Perdarahan pada Sendi

Sendi bisa mengalami perdarahan, di mana kondisi tersebut bisa memicu munculnya rasa nyeri yang sangat parah dan tidak tertahankan. Tak dapat dimungkiri, gejala dan penyebab sakit lutut bisa berbeda-beda. Maka dari itu, sangat penting untuk segera melakukan pemeriksaan agar sakit lutut bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Dengan demikian, risiko penyakit ini terjadi secara berulang dan semakin parah pun bisa dihindari.

Jika kamu ragu dan butuh saran dokter, coba sampaikan seputar keluhan nyeri lutut melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan dan tips mengatasi nyeri lutut dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga:

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan