Ketahui tentang Makanan Pedoman Gizi Seimbang

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 September 2021
Ketahui tentang Makanan Pedoman Gizi SeimbangKetahui tentang Makanan Pedoman Gizi Seimbang

“Jika dahulu menyiapkan makanan sehari-hari mengacu pada slogan 4 sehat 5 sempurna, kini diganti dengan makanan sehat Pedoman Gizi Seimbang atau PDG. Pedoman ini punya empat prinsip yang perlu diperhatikan dan dilakukan saat menyiapkan menu makan sehari-hari.”

Halodoc, Jakarta – Makanan 4 sehat 5 sempurna menjadi istilah yang tentu sudah tidak lagi asing di telinga. Menu makanan yang berupa makanan pokok, sayuran, lauk, buah-buahan, ditambah dengan susu ini diperkenalkan oleh pemerintah kepada masyarakat pertama kali pada tahun 1952.

Meski begitu, slogan tersebut kini telah dianggap tak lagi mampu memenuhi kebutuhan dan perkembangan gizi manusia pada era sekarang. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk mengganti slogan menu 4 sehat 5 sempurna dengan makanan sehat yang mengacu pada Pedoman Gizi Seimbang atau PDG. 

Baca juga: Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Empat Pilar Prinsip Pedoman Gizi Seimbang

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang menggantikan slogan makanan 4 sehat 5 sempurna, dituliskan ada sebanyak empat pilar prinsip yang wajib dilakukan sehingga kebutuhan gizi harian tubuh bisa terpenuhi. Berikut ini keempat pilar tersebut:

  1. Mengonsumsi Beragam Jenis Makanan

Tidak ada jenis makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan dan mempertahankan kondisi kesehatan. Misalnya, di dalam ikan, terkandung banyak protein dan lemak sehat, tetapi serat yang dimilikinya terbilang sedikit. Sementara itu, sayuran dan buah memiliki kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi, tetapi kandungan lemak dan proteinnya terbilang sedikit. 

Inilah mengapa, kamu perlu mengonsumsi beragam makanan sehingga kebutuhan gizi harian pun bisa terpenuhi. Tentunya, makanan tersebut harus memiliki kandungan makro dan mikronutrien yang lengkap. Tak hanya itu, porsi dan jadwal makan yang teratur juga harus menjadi perhatian. Khusus bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan, direkomendasikan hanya mengonsumsi ASI dari ibu. 

Baca juga: Konsumsi Makanan Bergizi dan Bernutrisi untuk Hidup Sehat

  1. Membiasakan Hidup Bersih

Pilar kedua adalah membiasakan hidup bersih untuk melindungi diri dari paparan infeksi kuman yang menjadi penyebab munculnya penyakit. Ini sangat penting untuk dilakukan, karena semakin sering tubuh terkena paparan penyakit, tentunya kebutuhan gizi pun semakin sulit terpenuhi. 

Contoh mudah membiasakan perilaku hidup sehat dan bersih adalah tak lupa memakai alas kaki saat keluar rumah, selalu menutup makanan sehingga tidak dihinggapi serangga, juga mencuci tangan selepas bermain, sebelum makan, dan setelah buang air kecil atau besar. 

  1. Tak Lupa Aktivitas Fisik Secara Rutin

Lalu, jangan lupa untuk berolahraga atau rutin beraktivitas fisik untuk membantu mengontrol berat badan. Sebenarnya, banyak sekali manfaat berolahraga yang bisa kamu dapatkan, lho, misalnya bisa membuat tidur malam kamu jadi lebih nyenyak, membantu mengurangi stres, hingga menjaga kesehatan otak. 

Aktivitas fisik bisa dibilang cukup jika kamu melakukannya setidaknya selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 hingga 5 hari dalam satu minggu. Jenis latihan fisik yang bisa kamu lakukan juga sangat beragam, misalnya berenang, bersepeda, senam, lari, atau jogging. 

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

  1. Mempertahankan Berat Badan Tetap Ideal

Terakhir, tetap pertahankan berat badan berada pada angka dan indeks massa tubuh yang ideal. Pasalnya, berat badan berlebihan maupun kurang sama-sama tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bukan tidak mungkin kamu akan mudah terserang penyakit. Jangan lupa, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuhmu secara menyeluruh. 

Sekarang, kamu bisa dengan mudah membuat janji untuk berobat ke rumah sakit atau laboratorium terdekat melalui aplikasi Halodoc. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Pedoman Gizi Seimbang.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Diakses pada 2021. Pesan Umum, Slogan, dan Visual Gizi Seimbang.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan