Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2021
Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan KeluargaMakanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

“Rutin mengonsumsi makanan sehat menjadi hal penting yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi. Jangan lupa menyiapkan asupan makanan sehat setiap harinya untuk menjaga kesehatan keluarga. Sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, daging, dan makanan laut menjadi makanan sehat yang tidak boleh dilewatkan.”

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat setiap harinya menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Selain membantu kamu memenuhi kebutuhan energi setiap harinya, mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu kamu menghindari berbagai gangguan kesehatan yang mungkin dialami.

Hal ini disebabkan oleh terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh. Dengan begitu, imun tubuh pun dapat meningkat dengan optimal. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu menjaga kesehatan keluarga, di sini!

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Keluarga

Tentunya tidaklah sulit untuk memenuhi makanan sehat untuk keluarga. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan keluarga:

  1. Sayuran Hijau

Sebaiknya jangan lewatkan menu sayuran hijau di setiap menu makanan kamu sehari-hari. Sayuran hijau menjadi salah satu makanan sehat yang memiliki beragam kandungan vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu sangat penting selalu mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya.

Ada beberapa sayuran hijau yang kaya akan manfaat. Misalnya, kale. Selain mengandung mineral dan antioskidan, kale juga memiliki beragam vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, C, dan juga K. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi bayam yang kaya akan kandungan folat. 

  1. Buah-buahan

Selain sehat dan menyegarkan, buah menjadi salah satu jenis makanan sehat untuk keluarga yang perlu dikonsumsi setiap hari. Hampir sama dengan sayuran hijau, buah-buahan juga dinilai memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat tinggi.

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya sering dikonsumsi, seperti apel, bluberi, pisang, jeruk, buah naga, mangga, hingga alpukat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sesuai dengan kebutuhan kondisi tubuh. 

Umumnya, buah-buahan memiliki kandungan serat, folat, vitamin C, dan juga vitamin A yang cukup tinggi. Jadi, jangan sampai menunda mengonsumsi buah hari ini, ya!

Baca juga: 3 Resep Olahan Ikan Tenggiri yang Lezat

  1. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan sehat yang mudah ditemui di mana saja. Selain itu, telur menjadi salah satu jenis makanan yang terbilang murah sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja. 

Telur memililiki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi. Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi telur. Protein dalam telur nyatanya bisa meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, vitamin A, vitamin B12, dan selenium dalam telur nyatanya dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. 

  1. Daging

Daging juga makanan sehat yang tidak boleh dilewatkan. Daging memiliki kandungan protein dan zat besi paling tinggi jika dibandingkan dengan makanan lain.

  1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang bisa digunakan sebagai sumber lemak, serat, dan juga protein yang baik. Kacang juga memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin E dan magnesium. Ada beberapa jenis kacang yang bisa kamu jadikan camilan sehat untuk keluarga, seperti almond, pistachio, dan juga walnuts.

  1. Makanan Laut

Jangan lupakan makanan laut sebagai makanan sehat untuk keluarga. Ikan laut menjadi salah satu jenis makanan yang bisa kamu konsumsi. Hal ini disebabkan kandungan omega 3 yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan otak dan juga jantung.

Ada beberapa jenis ikan laut yang direkomendasikan untuk menjadi makanan sehat untuk keluarga, seperti ikan salmon, ikan cod, ikan hering, ikan mahi-mahi, ikan sarden, dan juga ikan tuna.

Baca juga: Kenali 6 Makanan Sehat Kekinian yang Lezat dan Bergizi

Itulah beberapa makanan sehat untuk keluarga yang perlu kamu konsumsi secara rutin. Jangan ragu untuk menghubungi ahli gizi atau dokter terkait kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan setiap anggota keluarga. 

Tidak perlu repot, kini kamu bisa gunakan Halodoc untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 12 Best Types of Fish to Eat.

Healthline. Diakses pada 2021. The Top 9 Nuts to Eat for Better Health.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Egg.

Healthline. Diakses pada 2021. 20 Healthy Fruits That Are Super Nutrition.

Healthline. Diakses pada 2021. The 13 Healthtiest Leafy Green Vegetables.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan