• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kutil Mengganggu Penampilan, Ini Pilihan Pengobatannya

Kutil Mengganggu Penampilan, Ini Pilihan Pengobatannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Pernah mengalami kulit yang ditumbuhi kutil? Kutil dikategorikan sebagai pertumbuhan kecil non-kanker yang muncul ketika kulit terinfeksi salah satu dari sekian banyak virus HPV. Virus ini memicu pertumbuhan sel ekstra yang membuat lapisan luar kulit tebal dan keras.

Kutil bisa tumbuh di mana saja, tetapi lebih sering muncul pada tangan atau kaki. Jenisnya beragam, bergantung pada tempat tumbuh dan bentuknya. Sudah pasti, kemunculan kutil ini sudah pasti mengganggu penampilan dan membuat kamu menjadi tidak nyaman dan tidak percaya diri. 

Pengobatan Kutil

Sistem kekebalan tubuh merespon virus secara berbeda, sehingga tidak semua orang mengalami infeksi ini. Orang-orang dengan kondisi kulit kronis, seperti eksim atau sering menggigiti kuku cenderung lebih berisiko mengalami kutil.

Hati-hati, kutil sangat menular dan penularannya terjadi melalui kontak langsung. Misalnya, kamu memegang kutil dan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu lalu menyentuh area tubuh lainnya, virus pun akan mudah menginfeksi. Penyebaran juga bisa dilakukan dengan berbagi atau menyentuh benda yang sebelumnya digunakan oleh pengidap. 

Baca juga: Jangan Didiamkan, Ini Tanda Kutil Harus Dioperasi

Meskipun mengganggu dan membuat tidak nyaman, kamu tetap bisa menghilangkan kutil di tubuh. Dilansir dari Healthline, ada beberapa metode pengobatan yang bisa dipilih, yaitu:

  • Bedah Beku

Dokter akan membekukan kutil dengan menggunakan nitrogen cair. Memang, prosedur ini akan terasa sedikit sakit, tetapi disinyalir efektif untuk menghilangkan kutil. Kamu membutuhkan lebih dari satu kali perawatan hingga kutil menghilang. Pembekuan menyebabkan terbentuknya lepuhan di bawah dan area sekitar kutil, tetapi biasanya kutil menghilang dalam waktu 1 minggu. 

Baca juga: Benarkah Kutil Bisa Hilang dengan Sendirinya?

  • Operasi

Pembedahan biasanya hanya dilakukan jika kutil tidak bisa hilang dengan metode penanganan sebelumnya. Dokter akan memotong kutil dan melakukan pengambilan dengan elektrokauter. Pembedahan bisa memicu terbentuknya jaringan parut di area bekas kutil, dan agar kamu tidak merasakan sakitnya, kamu diberikan suntikan anestesi terlebih dahulu sebelum prosedur dilakukan. 

Namun, selalu tanyakan terlebih dahulu pada dokter bagaimana metode pengobatan yang tepat untuk mengatasi kutil yang mengganggu. Sebelum berobat ke rumah sakit, kamu bisa chat dengan dokter dulu melalui aplikasi Halodoc, setelahnya kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat, jangan lupa pakai juga aplikasi Halodoc

Baca juga: Menyerang Kulit, Ini Perbedaan Heloma dan Kutil

Laman WebMD menyatakan bahwa belum ada cara untuk mencegah kutil, tetapi kamu bisa mengurangi penyebarannya dengan tidak menyentuh, mencoba mengambil atau menggaruk kutil, selalu mencuci tangan setelah kamu memegang kutil, menjaga kutil agar tetap kering, dan selalu mengenakan alas kaki setiap kali kamu ke kamar mandi atau ke tempat yang lembap. 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. Visual Guide to Warts.
Healthline. Diakses pada 2020. Warts.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Treat a Wart.