Menyerang Kulit, Ini Perbedaan Heloma dan Kutil

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Menyerang Kulit, Ini Perbedaan Heloma dan Kutil

Halodoc, Jakarta - Gangguan pada kulit kaki menyebabkan rasa tidak nyaman. Gangguan ini bisa meliputi adanya benjolan kecil, atau bahkan penebalan kulit. Benjolan kecil menjadi pertanda kalau kamu memiliki kutil, sementara penebalan kulit adalah kondisi akibat heloma atau mata ikan. Terdapat perbedaan mendasar keduanya yang perlu diketahui. Berikut ini penjelasannya!

Baca juga: Cara Hilangkan Kapalan di Kaki yang Perlu Diketahui

Pengertian, Gejala, dan Cara Mengatasi Kutil

Kutil adalah infeksi yang menyerang permukaan kulit, ditandai dengan benjolan kecil, bertekstur kasar, berwarna pucat atau kecokelatan, serta terkadang terasa gatal dan sakit apabila disentuh. Kondisi ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV), yaitu virus yang menyebabkan lapisan kulit memproduksi keratin (protein penyusun rambut dan kuku) lebih banyak dari yang dibutuhkan. Akibatnya, keratin ini menumpuk di permukaan kulit dan terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Kutil bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini lebih umum menyerang mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rendah. Area yang bisa mengalami kutil yaitu siku, sekitar kuku-kuku, telapak, dan jari-jari tangan atau kaki.

Umumnya kondisi ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena dapat membaik dengan sendirinya. Jika kondisinya semakin parah dan menyebar ke bagian tubuh yang lain, bahkan menyebabkan rasa sakit dan perdarahan, maka pengobatan wajib dilakukan. Caranya dengan mengoleskan salep atau plester yang mengandung asam salisilat. Sedangkan metode penghilangan kutil bisa dilakukan dengan krioterapi atau pembekuan area kulit dengan nitrogen, hingga menggunakan terapi laser.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

Sementara, Apa Bedanya dengan Heloma?

Heloma atau mata ikan adalah lapisan kulit yang menebal dan terbentuk saat kulit sering berada di bawah tekanan atau mengalami gesekan. Kondisi ini bukan sebuah penyakit, melainkan cara tubuh untuk melindungi diri dari kerusakan yang lebih lanjut. Heloma atau mata ikan sering muncul di kaki atau tangan dan menyebabkan rasa sakit, walaupun ukurannya kecil.

Heloma terjadi karena adanya gesekan secara berulang-ulang pada area tertentu di tubuh, atau terjadi karena faktor eksternal seperti penggunaan sepatu atau alas kaki yang terlalu sempit. Heloma menyebabkan kulit kaki alami penebalan, pengerasan, serta penonjolan pada kulit. Kulit juga bisa muncul sisik, kering, atau berminyak.

Heloma bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti dengan menipiskan lapisan kulit yang tebal dengan pisau. Obat-obatan juga bisa diberikan, seperti obat yang mengandung asam salisilat sehingga kulit bisa melunak dan kulit mati bisa terangkat. Pengidapnya dapat menggunakan bantalan sepatu yang disesuaikan dengan bentuk kaki pengidap.

Jadi secara sederhana, kutil terjadi akibat virus yang menyebabkan kulit alami penebalan pada lapisan kulit, sementara pada heloma penebalan terjadi sebagai respon alami tubuh akibat gesekan yang terus menerus.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kutil Muncul di Kulit Kepala

Bagaimana Cara Mencegah Kutil dan Heloma?

Sebetulnya dua penyakit ini memiliki fokus tindakan yang berbeda untuk mencegahnya. Pada kasus kutil, pencegahan diutamakan dengan menjaga kebersihan. Misalnya, tidak menyentuh kutil secara langsung, selalu mencuci tangan hingga benar-benar bersih jika tanpa sengaja menyentuh kutil, dan selalu menjaga tangan dan kaki dalam kondisi bersih. 

Sementara pada heloma, penggunaan sepatu atau alas kaki yang nyaman adalah hal yang diutamakan. Sehingga gesekan kaki bisa diminimalisir. Kamu bisa membeli sepatu di saat siang hari ketika kaki sedang berada dalam ukuran terlebar. Selain itu, jangan lupa gunakan pelembap pada daerah kulit yang kering. Kamu juga dianjurkan untuk mengenakan sarung tangan atau kaus kaki agar bagian tubuh tersebut bisa terhindar dari gesekan.

Untuk tips mencegah penyakit kulit lainnya, kamu bisa chat dengan dokter di Halodoc. Dokter ahli di Halodoc akan memberikan informasi kesehatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases & Conditions: Common Warts.
My Toe Hurts. Diakses pada 2019. Heloma Molle, Heloma Durum - Soft and Hard Corns.