• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kutu Rambut Bikin Anak Rewel, Lakukan 3 Cara Ini

Kutu Rambut Bikin Anak Rewel, Lakukan 3 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Anak-anak rentan terserang kutu rambut, entah Karena salah menggunakan produk perawatan rambut atau karena lingkungan bermain. Tidak hanya mengganggu, kutu rambut nyatanya bisa memicu rasa gatal serta tidak nyaman yang membuat Si Kecil menjadi lebih rewel. Kabar buruknya, kutu rambut yang tidak ditangani dengan tepat bisa bertambah banyak dan memburuk. 

Rasa gatal yang muncul akibat kutu yang bersarang di rambut bisa membuat anak sering menggaruk kulit kepala. Jika dilakukan terus-menerus dan secara kasar, hal itu malah bisa menyebabkan kulit kepala menjadi terluka dan bisa berdampak buruk. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa orang tua coba untuk mengatasi kutu rambut yang menyerang anak. 

Baca juga: Begini Cara Mencegah Kutu Rambut pada Orang Dewasa

Tips Mengatasi Kutu di Rambut Anak 

Kutu rambut ditandai dengan rasa gatal yang mengganggu. Hal ini bisa membuat anak merasa tidak nyaman, lebih rewel, dan mengganggu aktivitas sehari-harinya. Kutu rambut membuat anak menjadi sering menggaruk kepala karena rasa gatal yang muncul.

Jika terus dibiarkan, anak mungkin akan merasa sangat tersiksa dan menggaruk dengan tidak terkontrol. Kalau sudah begitu, kulit kepala mungkin akan terluka dan bisa membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Seiring berjalannya waktu, kutu rambut yang tidak ditangani dengan benar akan terus berkembang biak dan bertambah banyak. Kepala anak bisa dipenuhi dengan kutu dan hal itu tentu akan lebih sulit untuk diatasi. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk menghilangkan kutu rambut pada anak. Agar serangga tersebut tidak bertambah banyak dan mengganggu penampilan serta kesehatan rambut dan kulit kepala, coba beberapa tips berikut ini! 

  • Sisir Basah

Salah satu cara untuk menghilangkan kutu di kulit kepala anak adalah dengan menggunakan sisir serit. Jenis sisir ini sudah lama dikenal dan digunakan untuk mengatasi masalah kutu pada kulit kepala atau rambut. Sisir serit berukuran kecil dan memiliki jarak antara jari-jarinya yang sangat tipis. Sisir ini akan membantu membawa kutu turun dari pangkal rambut dan menghilangkannya.

Baca juga: Ini 6 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Sebelum menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu, disarankan untuk melakukannya saat rambut masih basah atau tidak dalam keadaan kering. Ibu bisa menggunakan air ditambah dengan kondisioner untuk membasahi rambut Si Kecil. Setelah itu, diamkan beberapa saat lalu sisir rambut secara perlahan. Caranya adalah mulai sisir rambut dari kulit kepala, sampai ke pangkal dan berakhir di ujung rambut. 

  • Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun atau minyak esensial lain juga bisa dicoba untuk mengatasi masalah kutu pada rambut. Cobalah untuk mengoleskan minyak zaitun ke rambut Si Kecil dan diamkan selama beberapa saat. Selain itu, ibu juga bisa meminta anak untuk menggunakan penutup kepala alias shower cap dan diamkan selama semalaman. 

Setelah itu, sisir rambut secara perlahan sebelum mencucinya dengan air. Usahakanlah untuk menggunakan air bersih dan produk sampo yang sesuai untuk menjaga kesehatan rambut dan menghindari kutu rambut kembali muncul. 

  •  Losion Khusus 

Jika metode sisir serit dan minyak essential tidak bereaksi, mungkin kutu yang menyerang sudah parah. Kalau itu yang terjadi, Si Kecil mungkin membutuhkan losion khusus atau obat-obatan tertentu untuk mengatasinya. Segera bawa anak ke dokter kulit jika terjadi masalah pada kulit kepala dan kutu rambut semakin tidak wajar. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. Head lice and nits.
Web MD. Diakses pada 2020. What’s the Treatment for Lice?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Head Lice.