Lakukan Hal Ini Supaya Tetap Sehat saat Liburan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Juni 2022

“Saat liburan, bukan berarti kamu bebas mengonsumsi makanan dan minuman apapun serta melakukan kebiasaan tidak sehat lainnya. Supaya tubuh tetap fit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berlibur.”

Lakukan Hal Ini Supaya Tetap Sehat saat LiburanLakukan Hal Ini Supaya Tetap Sehat saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Kata siapa sulit untuk tetap sehat saat liburan? Bagi seseorang yang punya komitmen untuk tetap sehat, bukan tidak mungkin untuk bisa berolahraga dan makan bergizi saat liburan. Mengisi liburan akhir tahun dengan hal-hal yang menyenangkan adalah impian setiap orang yang melakukan perjalanan. Apalagi kalau destinasi wisata saat liburan baru pertama kali dikunjungi. Tentunya kamu ingin menjelajahi seluruh sudut kota.

Memang tak dapat dimungkiri bahwa bersenang-senang adalah inti dari sebuah perjalanan dan wajib ada pada setiap liburan. Namun bukan berarti kamu tidak memerhatikan masalah kesehatan. Alih-alih menikmati perjalanan, beberapa kesenangan malah berpotensi mengganggu stamina tubuh. Akhirnya, bukan tidak mungkin kamu akan tumbang dan membuat liburan berubah menjadi kenangan yang tidak enak.

Tips Tetap Sehat saat Liburan

Nah, agar kamu tidak menyesal kamu perlu melakukan beberapa hal ini agar tetap sehat dan panjang umur meskipun tengah menikmati liburan:

 1. Minum Air Putih

Terlalu asik menikmati perjalanan dan mencicipi berbagai makanan lokal bisa membuat seseorang lupa minum air putih. Padahal, saat melakukan aktivitas yang tinggi selama liburan, tubuh akan lebih banyak membutuhkan air.

Saat kamu kurang minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi. Hal ini pun dapat menyebabkan kamu kurang konsentrasi, lemas, mudah mengantuk hingga sakit kepala. Dalam jangka panjang, kurang minum air putih pun dapat memicu penyakit ginjal. Untuk itu, meski sedang liburan kamu harus memastikan tubuh menerima dua liter air setiap hari.

       2. Pola Makan

Pergi ke tempat baru memang tidak lengkap tanpa mencoba makanan lokal. Namun kamu tetap harus tahu batasan dan menghindari makanan yang dapat mengganggu kesehatan, terutama pencernaan. Selain itu, sebisa mungkin pilihlah makanan yang sehat. Kamu  bisa menyiasatinya dengan sesekali memasak sendiri atau pergi ke restoran yang menyediakan menu makanan sehat.

Hindari pula terlalu banyak memakan daging olahan, karena jenis makanan yang satu ini dapat meningkatkan risiko kanker. Daripada daging, pilihlah jenis makanan yang mengandung ikan. Ikan telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

       3. Olahraga Ringan

Agar tetap sehat, sempatkan untuk selalu berolahraga di tengah liburanmu. Olahraga ringan saja sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar. Kamu bisa melakukan peregangan saat bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas. Atau sekadar gerakan ringan sebelum tidur.

Berjalan kaki juga  merupakan pilihan olahraga yang paling tepat di tengah liburan. Daripada menggunakan kendaraan  bermotor, kamu bisa memilih mendatangi lokasi yang mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Usahakan untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari.

       4. Tidur Cukup

Pernahkah kamu merasa sangat bersemangat hingga sulit untuk tidur? Perasaan yang menggebu-gebu pasti akan menyelimuti perjalanan liburan kamu dan keluarga. Namun kamu tetap perlu untuk tidur cukup agar tubuh tetap bugar.

Meski godaan untuk terjaga sepanjang malam ditambah dengan ‘kapan lagi mumpung lagi liburan’ sangat sulit ditolak, tapi tidur tetaplah hal yang penting. Sebab saat tidur tubuh akan melakukan proses dan mengisi energi sehingga kamu siap menghadapi petualangan baru keesokan harinya. Selain itu berdasarkan penelitian, tidur setidaknya 6 jam perhari akan mengurangi risiko kematian hingga 14 tahun ke depan.

       5. Berjemur

Nah, berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab sinar matahari adalah sumber vitamin D alami bagi tubuh. Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang kurang mendapat vitamin D berisiko mengalami kematian dini.

Penelitian dilakukan di University of California-San Diego  dan melibatkan 32 peserta. Para peneliti kemudian menganalisis kadar vitamin D dalam darah peserta. Hasilnya, peserta tes dengan tingkat vitamin D atau 25-hydroxyvitamin yang lebih rendah memiliki dua kali kemungkinan untuk mengalami kematian ini dibandingkan dengan mereka yang kadar vitamin D di dalam darahnya lebih tinggi. Saat liburan di pantai, kamu bisa loh memanfaatkan kesempatan ini untuk berjemur.

Selain menjaga kesehatan fisik saat berlibur, kesehatan mental juga tak kalah pentingnya. Apabila kamu ingin berdiskusi seputar kesehatan mental dengan psikolog, segera hubungi melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Nutrition Stripped. Diakses pada 2022. 8 Ways to Stay Healthy While on Vacation.
WebMD. Diakses pada 2022. 10 Ways to Eat Healthy While on Vacation.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan