• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lidah Buaya Bisa Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Lidah Buaya Bisa Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Lidah Buaya Bisa Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Halodoc, Jakarta - Lidah buaya telah lama dikenal khasiatnya bagi perawatan rambut. Namun, beberapa tahun belakangan, manfaat lidah buaya untuk wajah mulai populer. Salah satu manfaatnya adalah bisa hilangkan bintik-bintik atau flek hitam pada wajah. 

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Baylor College of Medicine, lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta anti-inflamasi. Berbagai kandungan itu membuat lidah buaya bisa membantu mengobati luka bakar, jerawat, dan melembapkan kulit kering. Enzim di dalam lidah buaya membantu pengelupasan kulit secara alami, sehingga kulit tampak lebih halus. 

Baca juga: Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Segudang Manfaat Lain Lidah Buaya bagi Wajah

Punya masalah flek hitam pada wajah? Kamu bisa mengatasinya dengan lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya pada wajah secara teratur, setidaknya dua kali dalam sehari, flek-flek dan bintik-bintik hitam akan perlahan memudar. Lalu, apakah cuma itu manfaat lidah buaya bagi wajah? Tentu tidak. 

Lidah buaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit wajah, selain menghilangkan flek hitam. Berikut beberapa di antaranya:

1.Melembapkan Kulit

Rutin mengoleskan gel atau daging lidah buaya bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembap.

Hal ini penting untuk mencegah kulit wajah menjadi kering dan memicu berbagai masalah, seperti terkelupas, bersisik, hingga tumbuhnya jerawat. Selain melembapkan, mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

2.Mencerahkan Kulit

Bagi orang Indonesia, memiliki kulit cerah adalah hal yang diidam-idamkan. Alih-alih coba berbagai produk berbahan kimia, mengapa tidak coba yang alami seperti lidah buaya? Enzim yang terkandung dalam lidah buaya dapat mencerahkan kulit, mengatasi kekusaman, dan melembutkan kulit yang kasar.

Baca juga: 7 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

3.Meredakan Peradangan Jerawat

Mengoleskan lidah buaya bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah. Hal ini karena kandungan zat antimikroba dan antibakteri yang terdapat dalam tumbuhan ini, berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat pada wajah. Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent, yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di kulit wajah.

4.Mencegah Penuaan Dini

Menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Gunakanlah masker lidah buaya secara rutin, untuk mendapatkan manfaat ini. Tentunya dengan diimbangi gaya hidup sehat.

Itulah segudang manfaat lidah buaya bagi kulit wajah, yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu punya masalah kesehatan, tanyakan langsung saja pada dokter di aplikasi Halodoc. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, lewat Google Play Store atau App Store.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

Meski banyak sekali manfaat yang ditawarkan lidah buaya bagi kulit wajah, ada kalanya reaksi berbeda terjadi pada orang-orang dengan kondisi tertentu. Terlebih, lidah buaya adalah bahan alami, yang tentunya tidak bisa memberikan hasil secepat produk-produk perawatan wajah berbahan kimia.

Jika kamu mengalami gatal-gatal atau ruam pada kulit setelah penggunaan lidah buaya, sebaiknya segera hentikan penggunaan. Jangan gunakan lidah buaya pada kulit yang sedang terinfeksi. Sebab, dikhawatirkan lidah buaya memiliki sifat mikroba, sehingga lapisan pelindungnya dapat mengganggu proses penyembuhan dan membuat infeksi menjadi lebih buruk.

Referensi:
Baylor College of Medicine. Diakses pada 2020. Using Aloe Vera has multiple benefits.
Healthline. Diakes pada 2020. 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face.