• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Buka Puasa

7 Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Hampir semua bagian dari tanaman kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Mulai dari daun, batang kayu, akar, hingga buahnya. Bicara soal buah kelapa, yang paling populer adalah air yang segar dijadikan sebagai olahan minuman, dan dagingnya yang enak dimakan langsung ataupun diolah menjadi santan. Di bulan puasa, es kelapa kerap jadi takjil favorit untuk berbuka.

Nah, mari fokus ke daging buah kelapa. Meski airnya telah dikenal lama akan manfaatnya bagi kesehatan, daging buah kelapa juga nyatanya tak kalah bermanfaat, lho. Selain menyegarkan saat disajikan sebagai hidangan makanan atau minuman untuk berbuka puasa, daging buah kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Lebih lanjutnya, simak setelah ini.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Manfaat Daging Buah Kelapa

Jika dikonsumsi rutin sebagai hidangan berbuka puasa, daging buah kelapa dapat mendatangkan manfaat baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat dalam daging buah kelapa tidak hanya berguna untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama, tetapi juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan cara melancarkan buang air besar. Selain itu, minyak atau lemak yang terkandung dalam daging buah kelapa juga ikut andil dalam menjaga kesehatan usus, dengan cara membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, serta mencegah pertumbuhan jamur penyebab infeksi di pencernaan.

Tak berhenti sampai di situ, senyawa MCT (medium-chain triglyceride) dalam daging buah kelapa juga disebut-sebut bermanfaat untuk menguatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Perlu diketahui bahwa keberadaan bakteri baik ini sangat penting untuk melindungi pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik. Itulah sebabnya mengonsumsi daging buah kelapa untuk berbuka puasa sangatlah direkomendasikan. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senyawa mangan dan antioksidan yang terkandung dalam daging buah kelapa diyakini dapat mengurangi peradangan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, senyawa MCT yang juga terkandung dalam daging buah kelapa juga berperan sebagai antijamur, antivirus, dan penghalang timbulnya tumor.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian tentang manfaat daging buah kelapa dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Meski begitu, daging buah kelapa tetap memiliki banyak manfaat baik dan bagus dikonsumsi sebagai hidangan berbuka puasa. 

Baca juga: 6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

3. Cocok untuk Diet 

Salah satu manfaat daging kelapa adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena senyawa MCT dan serat dalam daging buah kelapa, dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu jadi tidak ingin makan banyak. Manfaat ini tentu baik untuk orang yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan selama bulan puasa ini. 

4. Menunjang Fungsi Otak

Lagi-lagi, senyawa MCT dalam daging buah kelapa memiliki manfaat lainnya. Kali ini, manfaat senyawa tersebut adalah membantu menunjang fungsi otak, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap gangguan memori dan fungsi otak, seperti penyakit Alzeimer. Hal ini karena senyawa MCT dapat menjadi “bahan bakar” alternatif glukosa dalam tubuh.

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Lemak yang terkandung dalam daging buah kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, sekaligus menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). Secara tidak langsung, manfaat daging buah kelapa ini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, daging buah kelapa juga memiliki rantai lemak yang pendek, sehingga tidak dapat menaikkan kadar kolesterol tubuh.

6. Kaya Akan Mineral

Daging buah kelapa mengandung berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, kandungan meineral dalam daging buah kelapa juga bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan mineral harian. Beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam daging buah kelapa adalah mangan, tembaga, dan potasium.

Baca juga: Tips Cerahkan Wajah dengan Air Kelapa

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, manfaat daging buah kelapa lainnya adalah mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun, manfaat ini baru bisa didapat jika kamu mengimbanginya dengan menjalani pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan rutin memeriksakan kesehatan.

Agar lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, download saja aplikasi Halodoc dan gunakan untuk memesan layanan pemeriksaan laboratorium, yang bisa dilakukan di rumah. Kalau ada masalah kesehatan lainnya yang kamu alami, kamu juga bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter lewat chat, kapan dan di mana saja. 

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat jika mengonsumsi daging buah kelapa sebagai hidangan berbuka puasa. Meski sangat bermanfaat bagi tubuh, kamu tetap tidak boleh mengonsumsi daging buah kelapa secara berlebihan. Sebab, daging buah kelapa mengandung kalori yang cukup tinggi. Bagi kamu yang sedang berdiet, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Coconut Meat.
Livestrong. Diakses pada 2020. Health Nutrition Benefits of Raw Coconut Meat.