03 July 2018

6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

manfaat air kelapa, air kelapa untuk ibu hamil, air kelapa membantu kehamilan

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah suatu anugerah yang sangat besar untuk semua wanita, sehingga sangat wajib untuk dijaga kesehatan maupun kenyamanannya selama kehamilan. Tidak terkecuali, dengan kesehatan bayi yang di kandungannya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan bayi yang ada dalam kandungan adalah terpenuhinya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang bayi dalam kandungan untuk tumbuh kembangnya.

Baca juga: Mitos & Fakta Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa adalah salah satu minuman yang ternyata memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan ibu hamil maupun kesehatan bayi yang ada dalam kandungan. Berikut adalah manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

  • Air Kelapa Sebagai Antioksidan dan Elektrolit

Menurut penelitian dari The Children’s Hospital of Philadelphia, wanita yang mengonsumsi antioksidan sebelum dan setelah kehamilan akan memperkecil kemungkinan anak mengalami diabetes dan obesitas. Inilah manfaat dari air kelapa yang memiliki zat antioksidan yang cukup baik untuk perkembangan janin pada masa kehamilan dan juga kehidupan bayi setelah dilahirkan.

Tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung elektrolit yang bisa membantu ibu mengembalikan fungsi cairan yang hilang pada tubuh selama ibu beraktivitas. Elektrolit juga dapat mengurangi kontraksi otot pada ibu selama masa kehamilan berlangsung.

  • Air Kelapa Menjernihkan Air Ketuban

Selain mengandung elektrolit dan antioksidan, manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Elektrolit dan antioksidan yang ada pada air kelapa juga mampu menyerap lendir dan kotoran yang ada dalam air ketuban.

  • Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Sembelit adalah salah satu masalah yang sering dijumpai oleh ibu hamil. Dengan mengonsumsi air kelapa cukup rutin, ibu hamil nyatanya bisa meningkatkan fungsi pencernaan karena kandungan serat yang cukup tinggi pada air kelapa, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari masalah sembelit atau susah buang air besar.

  • Merupakan Diuretik Alami

Air kelapa, apalagi yang muda, memiliki sifat sebagai diuretik alami yang steril dan tentu sangat aman untuk ibu hamil konsumsi. Sifat diuretik ini dapat membantu ibu hamil untuk memperlancar proses pembuangan urine, membantu membersihkan saluran kemih, membantu mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan, dan mencegah terjadi infeksi pada saluran kemih.

  • Air Kelapa Dapat Mempercepat Pertumbuhan Janin

Air kelapa memiliki hampir sebagian nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk asupan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, mengonsumsi air kelapa secara rutin sangat tepat bagi asupan bayi dalam kandungan untuk menjaga kesehatan, meningkatkan pertumbuhan, dan memenuhi nutrisi kebutuhan bayi.

  • Air Kelapa Meningkatkan Kandungan Vitamin C

Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah vitamin C. Kandungan vitamin C pada air kelapa akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Vitamin C nyatanya memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil seperti menambah imunitas pada tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit yang kerap dirasakan oleh ibu hamil.

Baca juga: Tips Cerahkan Wajah dengan Air Kelapa

Tidak hanya air kelapa, banyak sekali minuman atau makanan lain yang dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan juga bayi dalam kandungan. Jangan lupa untuk hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc agar mendapatkan lebih banyak informasi seputar kehamilan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!