• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mata Lelah saat Bekerja, Atasi dengan Cara Ini

Mata Lelah saat Bekerja, Atasi dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Bekerja selama kurang lebih 8 jam setiap harinya memang sudah menjadi kewajiban. Mayoritas pekerjaan pun membutuhkan interaksi intens mata dengan layar komputer sebagai dampak dari berkembang pesatnya teknologi. Namun, aktivitas ini ternyata membuat leher kamu menjadi kaku dan mata menjadi cepat lelah. Kondisi ini memang tidak hanya membuat kamu tidak nyaman. Lama-lama, produktivitas kerja pun akan berkurang.

Lalu, Bagaimana Mengatasi Mata Lelah saat Bekerja?

Nah, supaya produktivitas kerja tetap terjaga meski kamu sangat intens berinteraksi dengan layar komputer, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi mata lelah saat bekerja. 

  • Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata

Ini sangat penting, karena kamu bisa mengetahui apabila terjadi kelainan atau masalah pada mata kamu, termasuk mata memerah karena iritasi, hingga jika kamu membutuhkan bantuan kacamata karena berkurangnya ketajaman penglihatan kamu. National Institute of Occupational Safety and Health menyarankan untuk kamu memeriksakan kesehatan mata sebelum mulai berinteraksi intens dengan komputer, lalu rutin melakukannya setahun kemudian. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Mata Lelah karena Astenopia

Kalau kamu ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan membuat janji dengan dokter mata terbaik di rumah sakit terdekat. Pun, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk bertanya pada dokter ahli mata apabila kamu punya keluhan terkait kesehatan mata atau masalah kesehatan lainnya. Bertanya kepada dokter lewat aplikasi Halodoc bisa kamu lakukan setiap saat melalui layanan Tanya Dokter

  • Sesuaikan Pengaturan Pencahayaan

Mata lelah saat bekerja bisa juga terjadi karena pencahayaan yang kurang tepat, mungkin terlalu terang atau terlalu redup, bahkan gelap, baik dari ruangan maupun cahaya dari luar ruangan alias cahaya alami. Kamu bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan, seperti dengan mengurangi terang lampu atau menutup tirai untuk mengurangi masuknya cahaya dari luar secara berlebihan. Lebih baik lagi kalau kamu mengatur komputer di sisi jendela, bukan di depan maupun di belakangnya. 

Baca juga: 4 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

  • Lebih Sering Mengedipkan Mata

Ketika kamu sedang bekerja di depan komputer, ingatlah untuk sering mengedipkan mata. Aktivitas ini bisa membantu mencegah mata kering dan menjadi iritasi. Cobalah untuk membiasakannya jika kamu ternyata jarang melakukannya. Mulailah dengan berkedip sebanyak 10 kali secara perlahan untuk setiap 20 menit hitungan waktu, sehingga risiko terjadinya mata kering dan iritasi pun dapat dikurangi. 

  • Memejamkan Mata

Ketika kamu merasa mata sudah sangat lelah akibat terlalu lama memandangi layar komputer, saatnya memejamkannya. Meski sesaat, aktivitas ini membantu mengatasi mata lelah, lho! Jika memang dibutuhkan, kamu pun bisa melakukan peregangan sederhana selama 5 menit sebanyak 4 kali. Berdirilah atau berjalan-jalanlah sejenak, lemaskan dan putar tungkai lengan dan kaki, begitu pula dengan punggung. Bahkan, kamu bisa kok menggunakan sejenak waktu istirahat siang untuk tidur. 

  • Gunakan Kacamata Khusus Komputer

Khusus buat kamu yang sudah menggunakan kacamata, sebaiknya pilihlah lensa yang memiliki lapisan anti-reflektif atau AR. Lapisan ini akan membantu mengurangi masuknya cahaya berlebihan alias silau, sehingga kamu akan merasa lebih nyaman dalam bekerja di depan komputer. Kamu juga bisa membuat kacamata yang memang sudah didesain khusus untuk komputer. 

Baca juga: 3 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Mata Kering

Itu tadi beberapa cara mudah mengatasi mata lelah saat bekerja di depan komputer yang bisa kamu coba. Selalu jaga kesehatan mata, ya. Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata ketika sudah merasa lelah, agar mata bisa tetap bekerja dengan optimal. 



Referensi: 
All About Vision. Diakses pada 2019. Computer Eye Strain: 10 Steps for Relief. 
Vision Source. Diakses pada 2019. 11 Tips for Eliminating Computer Eye Strain.
Prevention. Diakses pada 2019. 4 Simple Ways to Make Your Tired Office Eyes Happier.