• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Orang Tua, Waspada Konsumsi Makanan Lebaran Berlebihan

Orang Tua, Waspada Konsumsi Makanan Lebaran Berlebihan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Momen hari Lebaran dikenal sebagai momen berkumpul bagi keluarga, meskipun tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tidak bisa bersilaturahmi ke rumah saudara-saudara. Hari Lebaran juga identik dengan momen makan bersama dengan keluarga. Berbagai jenis makanan biasanya disajikan untuk menyambut hari Lebaran, mulai dari makanan kecil, hingga menu utama, seperti ketupat dan opor ayam.

Baca juga: Perbedaan Makan Berlebihan dan Binge Eating Disorder

Perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi saat hari Lebaran, khususnya jika kamu sudah memasuki usia lanjut. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, termasuk kebiasaan makan berlebihan. Yuk, simak di sini apa saja dampak bagi kesehatan jika kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan!

Dampak Makan Berlebihan pada Kesehatan

Lebaran tentunya tidak lengkap jika dilewati tanpa kumpul keluarga dan makan bersama. Namun, hindari mengonsumsi makanan berlebihan karena berdampak buruk pada kesehatan, khususnya bagi para lansia. Tidak hanya karena merayakan momen tertentu, seseorang bisa mengalami makan berlebihan karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelelahan, terlalu lapar, dan tidak fokus saat makan.

Lalu, apa dampak bagi kesehatan jika seseorang mengonsumsi makanan secara berlebihan? Berikut ini dampak yang mungkin terjadi pada kesehatan jika kamu mengonsumsi makanan berlebihan, khususnya jika kamu memasuki usia lanjut.

1. Obesitas

Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan untuk menghindari obesitas. Ketika kamu mengonsumsi makanan dan mendapatkan kalori lebih banyak daripada yang dikeluarkan, kalori yang tersisa tersimpan sebagai lemak.

Jika kondisi ini dilakukan terus-menerus, bukan tidak mungkin para lansia mengalami obesitas. Melansir dari Journal of Clinical Gerontology and Geriatrics, obesitas yang terjadi pada lansia memicu gangguan kesehatan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, dan inkontinensia urin.

Baca juga: Dampak Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

2. Menurunkan Fungsi Otak

Melansir dari Healthline, mengonsumsi makanan secara berlebihan menurunkan fungsi kerja otak khususnya pada orang yang memiliki usia lebih tua. Hal ini dikaitkan dengan obesitas yang memengaruhi memori secara negatif. Jaga kesehatan otak dengan menghindari faktor pemicu obesitas dan konsumsi makanan yang sehat untuk otak, seperti kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

3. Menimbulkan Gangguan Pencernaan

Momen hari Lebaran sebaiknya dilewati dengan kesehatan yang optimal. Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya para lansia hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan agar tidak menimbulkan masalah gangguan pencernaan, seperti kembung atau nyeri perut.

Mengonsumsi makanan secara berlebihan membuat kerja tubuh akan semakin berat dan semakin lambat dalam mencerna makanan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada kesehatan.

Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter ketika kamu mengalami gangguan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa agar momen hari Lebaran dapat dilewati dengan kesehatan yang terjaga.

Itulah dampak yang mungkin dialami ketika mengonsumsi makanan berlebihan saat momen hari Lebaran. Selalu perhatikan porsi makan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari makan berlebihan saat momen hari Lebaran. 

Baca juga: 6 Pantangan Makanan untuk Dikonsumsi Lansia

Melansir Home Care Assistance, jangan menunggu kondisi perut hingga lapar untuk makan. Tidak ada salahnya mengonsumsi camilan sehat agar tidak berlebihan saat waktu makan. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein agar dapat merasa kenyang lebih lama dan tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Referensi:
Home Care Assistance. Diakses pada 2020. 5 Ways to Help Your Aging Loved One to Stop Eating Too Much
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Harmful Effects of Overeating
Journal of Clinical Gerontology and Geriatrics. Diakses pada 2020. Health Consequences of Obesity in The Elderly