Perawatan Sederhana untuk Mencegah Telinga Berdenging

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juni 2021
Perawatan Sederhana untuk Mencegah Telinga BerdengingPerawatan Sederhana untuk Mencegah Telinga Berdenging

“Telinga berdenging bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti usia, cedera telinga, atau masalah pada peredaran darah. Beberapa perawatan sederhana bisa dilakukan untuk mencegah telinga berdenging. Di antaranya adalah menjaga kesehatan kardiovaskular dan membatasi konsumsi alkohol.”

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa penyebab telinga berdenging, mulai dari gangguan pendengaran terkait usia, cedera telinga, hingga masalah pada sistem peredaran darah.  Kerusakan rambut kecil di telinga bagian dalam juga bisa memicu kondisi telinga berdenging.

Kerusakan rambut kecil ini bisa mengubah sinyal yang dikirim ke otak yang mengontrol cara mendengar suara. Telinga berdenging bisa bersifat sementara, tetapi juga bisa berlangsung seumur hidup. Adakah perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah telinga berdenging? Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!

Baca juga: Kenali Penyebab Seseorang Terkena Infeksi Telinga

Batasi Volume saat Mendengarkan Musik

Ada beberapa perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah telinga berdenging. Perawatan seperti apakah itu?

1. Menggunakan Pelindung

Paparan suara keras dapat merusak saraf di telinga yang menyebabkan gangguan pendengaran dan memicu telinga berdenging. Cobalah untuk membatasi paparan terhadap suara keras. Jika kamu tidak bisa menghindari suara keras, gunakan pelindung telinga untuk membantu melindungi pendengaranmu. 

Kalau kamu sering menggunakan alat-alat yang menggunakan mesin, bekerja sebagai musisi profesional, termasuk juga bekerja di industri yang menggunakan mesin keras atau menggunakan senjata api (terutama pistol atau shotgun), jangan lupa untuk selalu mengenakan pelindung telinga.

2. Kecilkan Volumenya 

Terbiasa mendengarkan musik dengan volume tinggi secara intens melalui headphone juga dapat menyebabkan telinga berdenging. Apabila mendengarkan musik menjadi kebiasaan, cobalah untuk mengecilkan volumenya supaya tidak terlalu terpapar suara keras. 

3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular 

Olahraga teratur, makan dengan benar adalah langkah-langkah terbaik untuk menjaga aliran pembuluh darah tetap sehat dapat membantu mencegah telinga berdenging. Obesitas dan gangguan pembuluh darah dapat memicu kondisi telinga berdenging.

4. Batasi Konsumsi Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Soalnya zat-zat ini bila digunakan secara berlebihan, dapat memengaruhi aliran darah dan berkontribusi terhadap telinga berdenging.

5. Kelola Stres

Stres dapat memperburuk kondisi telinga berdenging. Manajemen stres yang baik melalui terapi relaksasi, olahraga, dapat membantu mengatasi dan mencegah kondisi telinga berdenging. Kalau gangguan telingamu tidak bisa ditangani lagi melalui pengobatan sederhana, kamu bisa buat janji konsultasi dokter ke rumah sakit melalui Halodoc!

Baca juga: Bakteri Masuk ke Telinga Bisa Sebabkan Otitis Media

Menjaga Kesehatan Telinga Lewat Konsumsi Makanan Sehat

Kamu pasti sering mendengar, apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh akan memiliki efek langsung terhadap kesehatanmu secara menyeluruh, ini termasuk juga telinga. Nutrisi, seperti vitamin dan mineral, diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. 

Salah satu cara melindungi telinga tetap sehat adalah dengan makan lebih banyak makanan yang meningkatkan pendengaran.  Berikut ini adalah jenis kandungan pada makanan yang dapat membantu menyehatkan telinga:

1. Magnesium

Magnesium dapat membantu menjaga fungsi saraf dan membantu melindungi sel-sel rambut di telinga bagian dalam saat terkena suara keras. Magnesium juga dapat membantu meningkatkan aliran darah.

Untuk membantu menjaga telinga tetap sehat dan menjaga dari gangguan pendengaran (terutama yang disebabkan oleh kebisingan), kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti cokelat hitam, biji labu, biji rami, kacang-kacangan, alpukat, salmon, kacang polong, kangkung, bayam, dan pisang.

2. Kalium

Penurunan kadar cairan di telinga bagian dalam dapat menyebabkan gangguan pendengaran, tetapi mendapatkan cukup kalium dapat membantu mengatur cairan dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, kadar kalium cenderung turun, jadi pastikan kamu mendapatkan cukup makanan yang kaya kalium. Ini bisa kamu peroleh dari mentimun, jamur, ubi jalar, kentang, telur, pisang, aprikot, melon, dan lain-lain.

Baca juga: Pengaruh Kekurangan Kalium pada Metabolisme Tubuh

3. Folat

Sirkulasi memainkan peran penting dalam kesehatan telinga, dan folat dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Sirkulasi yang tepat membantu menjaga sel-sel rambut telinga bagian dalam tetap sehat. Tingkatkan asupan folat dengan mengonsumsi makanan kaya folat seperti kubis Brussel, kangkung, bayam, brokoli, kacang polong, kacang merah, buncis, dan lain-lain.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Tinnitus.
WebMD. Diakses pada 2021. Why You Have Tinnitus?
The New York Hearing Center. Diakses pada 2021. Foods that Improve Hearing: Eat Your Way to Healthier Ears.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan