• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Pengobatan Sakit Kepala Belakang yang Efektif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Pengobatan Sakit Kepala Belakang yang Efektif

Pilihan Pengobatan Sakit Kepala Belakang yang Efektif

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 November 2022

“Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi yang berbeda. Sehingga, pengobatan yang efektif pun bisa berbeda-beda juga.”

Pilihan Pengobatan Sakit Kepala Belakang yang EfektifPilihan Pengobatan Sakit Kepala Belakang yang Efektif

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala belakang adalah masalah yang bisa dialami oleh semua orang. Gangguan ini dapat menimbulkan perasaan berat saat mengangkat kepala dan bahkan terasa sakit hingga ke leher.

Ada banyak sekali berbagai kondisi yang dapat menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang. Dikarenakan gangguan yang terjadi dapat berbeda-beda, mengetahui obat sakit kepala belakang dapat dilakukan agar masalah ini segera teratasi.

Berbagai Jenis Obat Sakit Kepala Belakang

Cara mengatasi rasa sakit pada kepala bagian belakang adalah dengan mengetahui berbagai penyebab yang mendasarinya, antara lain:

1. Postur Tubuh yang Buruk

Seseorang dapat mengalami sakit kepala bagian belakang akibat postur tubuh yang tidak normal. Sebab, posisi tubuh yang buruk dapat menimbulkan ketegangan pada punggung, bahu, dan leher, sehingga menyebabkan sakit kepala belakang dan leher.

Cara mengobati efek samping dari postur yang buruk adalah dengan menggunakan asetaminofen. Dalam jangka panjang, pencegahan kekambuhan dari sakit kepala ini bisa dengan memperbaiki postur tubuh yang tidak normal. Pastikan juga untuk membeli kursi kerja ergonomis dan pijakan kedua kaki di lantai.

2. Neuralgia Oksipital

Kondisi ini terjadi saat saraf yang melintang dari sumsum tulang belakang ke kulit kepala mengalami peradangan. Masalah ini kerap terjadi pada seseorang dengan kondisi migrain. Perasaan sakit yang dirasakan dapat parah disertai denyutan.

Nah, seseorang yang mengidap gangguan ini bisa diobati dengan kombinasi terapi hangat/panas, konsumsi obat NSAID, terapi fisik, dan konsumsi pelemas otot sesuai resep dokter. Jika kondisinya parah, dokter mungkin menyuntikkan anestesi lokal yang bisa bertahan hingga 12 minggu.

3. Sakit Kepala Tegang

Kamu juga bisa mengalami rasa sakit di kepala bagian belakang akibat otot yang tegang. Bukan hanya bagian belakang, sisi kanan kepala hingga leher atau kulit kepala juga bisa merasakan sakitnya. Perasaan sakitnya berupa nyeri tumpul yang tidak berdenyut.

Sakit kepala ini bisa diobati dengan mengonsumsi penghilang rasa sakit. Jika perasaan tegang pada kepala ini termasuk masalah yang kronis, obat resep dari dokter mungkin dibutuhkan. Untuk tindak pencegahan, konsumsi antidepresan atau pelemas otot mungkin diperlukan.

4. Migrain

Sakit kepala yang disebabkan migrain dapat terjadi di bagian kepala mana saja. Meski begitu, banyak orang yang merasakan sakit di sisi kiri atau bagian belakang kepala.

Untuk mengatasi migrain, dokter mungkin meresepkan obat pencegahan, seperti beta blocker dan obat pereda nyeri. Selain itu, dokter juga dapat membantu dalam menemukan pemicu kondisi migrain sehingga dapat menghindari rangsangan yang menjadi penyebabnya.

Itulah beberapa pengobatan sakit kepala bagian belakang yang bisa dilakukan tergantung dari penyebabnya. Jika tidak bisa menentukan penyebab utama dari gangguan tersebut, pemeriksaan dokter diperlukan, sehingga pengobatan yang tepat dan efektif bisa dilakukan.

Kamu bisa lho melakukan pemesanan untuk pemeriksaan medis melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, pemesanan tindakan medis di rumah sakit atau klinik rekanan bisa dilakukan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Why Does the Back of My Head Hurt?
Healthline. Diakses pada 2022. Why Does the Back of My Head Hurt?