Pola Hidup yang Bisa Sebabkan Gangguan Sistem Endokrin

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Agustus 2021
Pola Hidup yang Bisa Sebabkan Gangguan Sistem EndokrinPola Hidup yang Bisa Sebabkan Gangguan Sistem Endokrin

Gangguan sistem endokrin adalah gangguan yang terjadi pada kelenjar endokrin tubuh. Masalah kesehatan ini bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon atau adanya tumor dalam sistem endokrin. Kebanyakan gangguan sistem endokrin disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis, tetapi memiliki pola hidup yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kesehatan tersebut.”

Halodoc, Jakarta – Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon yang membantu mengontrol banyak fungsi tubuh yang penting, termasuk kemampuan tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi yang menggerakkan sel-sel dan organ. Sistem ini juga memengaruhi bagaimana jantung kamu berdetak, pertumbuhan tulang dan jaringan kamu, bahkan kemampuan untuk menghasilkan anak.

Namun, bila kadar hormon kamu terlalu tinggi atau terlalu rendah, kamu bisa mengalami penyakit atau gangguan sistem endokrin. Penyakit ini juga bisa terjadi bila tubuh kamu tidak merespons hormon sebagaimana mestinya. Meskipun kebanyakan gangguan sistem endokrin disebabkan oleh penyakit tertentu, tetapi pola hidup juga berpengaruh besar terhadap berkembangnya masalah kesehatan tersebut. Lantas, pola hidup seperti apa yang bisa menyebabkan gangguan sistem endokrin? Cari tahu jawabannya di sini.

Baca juga: Waspada, Ini 6 Komplikasi Gangguan Sistem Endokrin

Penyebab Gangguan Sistem Endokrin

Berdasarkan penyebabnya, gangguan sistem endokrin bisa dikelompokkan menjadi dua kategori:

  • Gangguan endokrin yang terjadi ketika kelenjar memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon endokrin, yang disebut juga ketidakseimbangan hormon.
  • Gangguan endokrin yang terjadi karena perkembangan lesi (seperti nodul atau tumor) dalam sistem endokrin, yang mungkin atau juga tidak memengaruhi kadar hormon.

Jadi, sistem umpan balik endokrin membantu mengontrol keseimbangan hormon dalam aliran darah. Bila tubuh kamu memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tertentu, sistem umpan balik memberi sinyal pada kelenjar yang tepat untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun, bila sistem umpan balik tersebut mengalami kesulitan menjaga tingkat hormon yang tepat dalam aliran darah, atau bila tubuh kamu tidak membersihkannya dari aliran darah dengan benar, ketidakseimbangan hormon bisa terjadi.

Berikut ini beberapa penyebab peningkatan atau penurunan kadar hormon:

  • Masalah dengan sistem umpan balik endokrin.
  • Penyakit
  • Kegagalan kelenjar untuk merangsang kelenjar lain untuk melepaskan hormon.
  • Kelainan genetik.
  • Infeksi.
  • Cedera pada kelenjar endokrin.
  • Tumor kelenjar endokrin.

Kebanyakan tumor endokrin dan nodul (benjolan) tidak bersifat kanker. Mereka biasanya tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Namun, tumor atau nodul pada kelenjar dapat mengganggu produksi hormon kelenjar.

Baca juga: Penyakit yang Memicu Gangguan Sistem Endokrin

Pola Hidup yang Bisa Menjadi Pemicunya

Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan di atas, pola hidup tidak sehat juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang akhirnya memicu gangguan sistem endokrin. 

  1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Banyak mengonsumsi makanan berlemak bisa membuat kamu memiliki kolesterol tinggi, yang merupakan salah satu faktor risiko untuk gangguan sistem endokrin. Jadi, alih-alih mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh yang tidak sehat, seperti gorengan dan junk food, gantilah dengan mengonsumsi makanan berlemak yang sehat, seperti salmon, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

  1. Inaktifitas Fisik

Kurang bergerak dan jarang berolahraga diketahui bisa menjadi faktor risiko berbagai penyakit. Salah satunya adalah gangguan sistem endokrin. Jadi, berolahragalah minimal 30 menit setiap hari agar tetap sehat.

  1. Stres

Stres, baik fisik maupun mental, bisa memicu respon stres. Respon ini sangat kompleks dan bisa memengaruhi fungsi jantung, ginjal, hati, dan sistem endokrin. Banyak faktor yang bisa memicu respon stres, tetapi stres fisik adalah yang paling berpengaruh besar. Beberapa contoh stres fisik yang bisa menyebabkan gangguan sistem endokrin, antara lain:

  • Trauma atau cedera parah jenis apapun.
  • Penyakit parah atau infeksi.
  • Panas atau dingin yang hebat.
  • Prosedur operasi.
  • Penyakit serius.
  • Reaksi alergi.

Meskipun mungkin tidak memberi pengaruh sebesar stres fisik, stres mental, seperti emosional, sosial, atau ekonomi bisa memengaruhi hormon yang meningkatkan risiko terjadinya gangguan sistem endokrin. Jadi, carilah cara yang efektif untuk mengelola stres yang kamu alami.

Baca juga: Cegah Gangguan Sistem Endokrin dengan 6 Cara Ini

Itulah pola hidup yang terkait dengan gangguan sistem endokrin. Bila kamu merasa kelelahan atau tubuh terasa lemah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter karena hal itu bisa jadi gejala gangguan sistem endokrin. Kamu juga bisa membicarakan gejala kesehatan yang kamu alami pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter ahli dan terpercaya dari Halodoc bisa memberi kamu diagnosis awal dan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Endocrine Disorders.
Health Grades. Diakses pada 2021. Endocrine Disorders.
Hormone Health. Diakses pada 2021. Factors That Affect Endocrine Function.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. How much should the average adult exercise every day?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan